Confirmed: 10 Seri Lanjutan Marvel Cinematic Universe 2021!

Marvel Studios Phase 4

Dengan dirilisnya Avengers: Endgame awal tahun ini, Marvel Cinematic Universe masuk ke wilayah epik baru dalam Fase Kempat. Dalam panel Marvel Studios di Hall H San Diego Comic Con pada hari Sabtu, Kevin Feige mengumumkan 10 proyek yang akan meghiasi Fase 4 MCU.

1. Black Widow – 1 Mei 2020

Black Widow film fase keempat Marvel Cinematic Universe
via Marvel

Meskipun mati di Avengers: Endgame, Black Widow akhirnya mendapatkan film solo pertamanya (dan mungkin yang terakhir). Mungkin akan ada banyak pertanyaan yang terjawab, mulai dari kedekatan Natasha dan Clint Barton (Jeremy Jenner), apa yang terjadi di Budapest, hingga kemungkinan pengganti Natasha sebagai Black Widow untuk lanjutan Marvel Cinematic Universe.

Selain Scarlett Johansson, film yang menjadi pembuka serta lanjutan Marvel Cinematic Universe ini akan membawa Rachel Weisz. Menggandeng David Harbour yang terkenal dalam Stranger Things, Scarlett Johansson menjelaskan bahwa Black Widow akan fokus pada tema kekeluargaan.

2. The Eternals – 6 November 2020

The Eternals di komik Marvel
via Marvel

Menghadirkan karakter-karakter baru untuk kelanjutan MCU, The Eternals mengungkapkan cerita baru di semesta Marvel, tepatnya di Babilon 2.500 tahun sebelum Inifiny Saga. Pertama kali diumumkan untuk 6 November 2020, The Eternals akan menjadi salah satu film yang berbeda dan paling baru dibandingkan film-film MCU sebelumnya.

Nantinya, The Eternals akan mengisahkan masa superhero pertama yang dianggap sebagai titisan para dewa. Mengandalkan Angelina Jolie sebagai Thena, film ini dipenuhi oleh berbagai nama besar Hollywood, seperti RIchard Madden, Kit Harrington, Kumail Nanjiani, Salma Hayek, Ma Dong Seok, hingga Gemma Chan.

3. Shang Chi – 12 Februari 2021

Shang-Chi di Avengers
Shang-Chi menjadi bagian Avengers via Marvel

Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings, film epik yang menjadi awal mula cerita kung-fu dari jagad Marvel Cinematic Universe. Dipimpin oleh sutradara Short Term 12 dan Just Mercy, Destin Daniel Cretton, karakter titular Chang-Chi akan diperankan oleh Simu Liu. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings diluncurkan pada 2021.

Film ini akan menjadi film pertama Marvel yang dipimpin oleh pemain berdarah Asia. Feige mengatakan, “Mandarin (diperankan oleh Tony Leung) ada di film ini”. Sedangkan logo 10 cincin telah ditampilkan di Ant-Man 2. Bintang Crazy Rich Asian Awkwafina akan turut muncul sebagai karakter yang masih rahasia.

4. WANDAVISION – Musim Semi 2021

cover WANDACVISION
via The News Fetcher

Serial orisinil Disney+ pertama akan hadir tahun 2021 dengan cerita yang berpusat pada romansa Wanda Maximoff (Elizabeth Olsen) dan Vision (Paul Bettany) yang terus berkembang. Serial ini akan menjadi bagian baru dari gabungan versi TV Marvel dan film di lanjutan Marvel Cinematic Universe tahun 2021.

WANDAVISION akan dikembangkan oleh penulis Black Widow, Jac Schaeffer dan juga akan menampilkan Kat Denning serta Randall Park. Selain itu, ada Teyonah Parris yang akan memerankan versi dewasa Monica Rambeau. Bagi yang belum tahu, karakter yang diperankan oleh Akira Akbar di Captain Marvel ini pernah menjadi Captain Marvel dalam versi komiknya.

5. Loki – Musim Semi 2021

Loki dalam Thor: Ragnarok
via Marvel

Tahun ini, penggemar Marvel pun akan mendapatkan kesempatan mengulik cerita lain dari Loki Laufeyson (Tom Hiddleston). Serial ini diprediksi mengungkapkan cerita God of Mischief setelah meninggal dalam Infinity War hingga menciptakan timeline baru dengan mencuri Tesseract di Avengers: Endgame. Adegan di mana dia mencuri Tesseract/Space Stone muncul di layar ketika presentasi. Feige lalu berkata, “Serial ini akan memberi tahu apa yang terjadi pada Loki setelah itu.”

“Pada tahun-tahun sejak Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame, yang keluar musim semi ini, dua pertanyaan yang telah aku tanyakan adalah ‘Apakah Loki benar-benar mati?’ dan ‘Apa yang dilakukan Loki dengan kubus (Tesseract) itu?’ Dan seri ini akan menjawab kedua pertanyaan itu,” jelas Tom dalam sebuah wawancara.

6. Doctor Strange in the Multiverse of Madness – 7 Mei 2021

Doctor Strange Benedict Cumberbatch fase keempat Marvel Cinematic Universe
via Marvel

Film MCU kedua di tahun 2021 adalah Doctor Strange in the Multiverse of Madness, sekuel yang berpusat pada Sorcerer Supreme, Doctor Strange (Benedict Cumberbatch). Menariknya, film ini disebut sebagai “film horor pertama MCU” dan terkait erat dengan WANDAVISION dimana Olsen turut berperan sebagai Scarlet Witch dalam film tersebut.

Selain Elizabeth Olsen, Benedict Wong dan Chiwetel Ejiofor juga akan kembali memerankan peran Wong dan Karl Mordo dalam sekuel ini. Hubungan Doctor Strange dan Mordo diprediksi akan berubah dari lawan menjadi teman dengan Nightmare sebagai musuh utama di film ini. Disutradarai oleh Scott Derrickson, film ini akan mengangkan nuansa horor gotik. “Jika saya melakukannya, (film ini) harus sama seperti dalam komik,” jelas Derrickson.

7. Spider-Man 3 – 16 Juli 2021

Spider-Man: Homecoming 2 lanjutan Marvel Cinematic Universe
Via The Verge

Beberapa hari lalu, Marvel akhirnya menambahkan Spider-Man 3 dalam daftar blockbuster tahun 2021 setelah “baikan” dengan Sony. Meskipun begitu, masih belum ada detail tentang film ini, selain kembalinya Tom Holland sebagai Peter Parker. John Watts yang menyutradarai Homecoming dan Far from Home dilaporkan hampir sepakat untuk memimpin film ketiga.

“Spider-Man adalah ikon dan pahlawan yang kuat yang kisahnya melintasi segala usia dan audiensi di seluruh dunia. Dia juga merupakan satu-satunya pahlawan dengan kekuatan super untuk melintasi alam semesta sinematik, sehingga Sony terus mengembangkan Spidey-Universe mereka sendiri. Anda tidak pernah tahu kejutan apa yang mungkin terjadi di masa depan,” jelas Feige.

8. What If…? – Musim Panas 2021

Peggy Carter sebagai Captain Britain
via Disney

Jagad sinema Marvel akan lebih berwarna dengan What If…? Milik Disney+. Seri animasi ini akan mengeksplorasi versi alternatif dalam kontinuitas MCU. Salah satu skenario yang terungkap adalah bagaimana jika Peggy Carter (Hayley Atwell) sebagai ‘Captain Britain’ dan T’Challa (Chadwick Boseman) menjadi pemimpin Guardian of the Galaxy. Animasi pertama Marvel akan memperlihatkan “Sesuatu yang belum pernah dilakukan Marvel,” kata Feige.

What If…? akan dinarasikan oleh The Watcher (Jeffrey Wright). Bersama cerita alternatif, ada karakter lama yang kembali, seperti Killmonger (Michael B. Jordan), Thanos (Josh Brolin), Hulk (Mark Ruffalo), Loki (Tom Hiddleston), Nick Fury (Samuel L. Jackson), Thor (Chris Hemsworth, dan masih banyak lagi.

9. Hawkeye – Musim Gugur 2021

Hawkeye dan Kate Bishop

Telah lama ditunggu-tunggu, serial solo Hawkeye akhirnya menjadi kenyataan. Versi serial diprediksi akan mengikuti Clint Barton melatih Kate Bishop (diprediksi Hailee Steinfeld dalam film) sebagai pemanah mengikuti nama Hawkeye. Dari berbagai sumber, cerita akan berpusat pada rentang waktu yang dihabiskan Barton sebagai Ronin sebelum Avengers: Endgame.

Dalam presentasinya, serial Hawkeye secara resmi mendapatkan konfirmasi dari Feige sendiri dan dibintangi kembali oleh Jeremy Renner. Kate Bishop dikonfirmasi muncul, meskipun belum diketahui siapa yang akan memerankan suksesor Hawkeye ini.

10. Thor: Love and Thunder – 5 November 2021

Thor: Love and Thunder lanjutan Marvel Cinematic Universe
via Marvel

Film keempat dari kisah God of Thunder berkembang dalam Thor: Love and Thunder. Chris Hemsworth kembali memerankan Thor Odinson, sedangkan Natalie Portman mengulangi perannya sebagai Jane Foster, tetapi dengan kekuatan baru saat mengenakan jubah Mighty Thor.

Kursi sutradara masih ditempati Taika Waititi serta Thessa Thompson tetap sebagai Valkyrie sekaligus Raja di New Asgard.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.