Penjelasan Post Credit Spider-Man: Far from Home dan Masa Depan MCU

Artikel berikut berisi spoiler tentang post credit Spider-Man: Far from Home!

ulasan film Spider-Man: Far from Home

Akhirnya Spider-Man menutup rangkaian Fase Ketiga Marvel Cinematic Universe setelah kehilangan besar dalam Avengers: Endgame. Seperti tradisi Marvel sebelumnya, ada post credit yang menjadi set up untuk berbagai film baru yang ada di MCU. Dan dengan dua adegan tambahan yang disuguhkan pada Far from Home, ada secercah bayangan tentang MCU di masa depan.

Post credit 1: Peter dan MJ dengan J.J Jameson

Post credit pertama menunjukan bagaimana Spider-Man (Peter Parker) bersama MJ di Times Square. Sebuah klip video tentang berita besar yang akan mengubah hidup Spider-Man dan masa depan MCU pun ditampilkan: Mysterio merekayasa video dengan menuduh Spider-Man menjadi aktor di balik kerusakan yang terjadi di London.

Jake Gylenhaal sebagai Mysterio
via Sony

Sebelum itu, ada sebuah cameo menarik dimana J.K. Simmons yang kembali sebagai J. Jonah Jameson. Alih-alih menjadi editor Daily Bugle sebagaimana perannya dalam trilogi Spider-Man karya Sam Raimi, Jameson muncul di saluran berita untuk menceritakan tentang ancaman publik baru, yaitu Spider-Man, berdasarkan rekaman Mysterio tadi.

Dalam video itu, Mysterio juga mengungkapkan identitas asli Spider-Man kepada dunia: seorang anak dari Queens bernama Peter Parker, lengkap dengan fotonya terpampang. Peter yang malang langsung mengucapkan “What the f…” sebelum layar langsung menjadi hitam. Apa artinya bagi Spider-Man?

Peter Parker dalam post credit Spider-Man: Far from Home
via Sony

Meskipun adegan terakhir di Fase Ketiga ini mengambil referensi dari adegan dimana Tony Stark mengungkap jati dirinya sebagai Iron Man, identitas yang terungkap adalah mimpi buruk bagi Peter. Sebelumnya, Peter adalah satu-satunya superhero di MCU yang menggunakan topeng full-face dan menutupi jati dirinya sebagai superhero.

Ada banyak masalah yang datang jika Spider-Man dijebak sebagai penjahat di MCU. Secara teoritis, film solo ketiga Spider-Man di MCU akan berurusan dengan Peter yang dikejar oleh pihak berwenang. Ia juga akan berurusan dengan penjahat yang memburu dirinya dan orang-orang yang disayanginya. Bukan tidak mungkin, kejadian yang menimpa Peter juga akan menjadi masalah baru bagi pahlawan lain seperti Avengers.

Post credit 2: Nick Fury di kapal luar angkasa bangsa Skrull

Di akhir post credit kedua, adegan yang tak kalah mengejutkan terkuak: Nick Fury dan Maria Hill yang membantu Peter ternyata adalah Talos dan istrinya Soren, komandan bangsa Skrull yang diperkenalkan pada Captain Marvel sebelumnya. Rupanya, Talos dan Soren ditugaskan untuk membantu Fury menjaga Bumi selama ia ‘berlibur’ di pesawat luar angkasa bersama bangsa Skrull.

Nick Fury dan Maria Hill dalam post credit Spider-Man: Far from Home
via Sony

Adegan ini menjelaskan kenapa Nick Fury mudah tertipu oleh Quentin Beck yang menjadi Mysterio; dia bukanlah Nick Fury yang selalu mencurigai semuanya. Selama pertarungan klimaks dengan Mysterio, Fury juga hanya berdiri dan menonton. Tidak hanya memberikan kesempatan bagi Peter untuk berkembang dan menyelesaikan masalahnya sendiri, ketidakhadiran Nick Fury juga menjanjikan cerita baru.

Kemunculan Nick Fury di luar angkasa bisa menjadi awal hadirnya S.W.O.R.D (singkatan dari Sentient World Observation and Response Department), yaitu badan anti terorisme dan intelijen yang menangani ancaman makhluk luar angkasa. S.W.O.R.D merupakan subdivisi dari S.H.I.E.L.D dan menjadi badan pelindung Bumi dari ancaman ekstra-terestrial.

The Peak, markas rahasia S.W.O.R.D dalam komik Marvel
The Peak, markas rahasia S.W.O.R.D via Marvel

Meskipun belum pasti akan menjadi cikal bakal S.W.O.R.D, adegan tambahan di akhir credit ini memberikan awal yang baru bagi cerita kepahlawanan di semesta Marvel. Setelah bertahun-tahun bertempur melawan invasi dan bahkan menghentikan Thanos, sudah saatnya baginya pahlawan terhebat Bumi untuk siap melawan penjahat yang lebih besar.

Hubungan post credit Spider-Man: Far from Home dengan masa depan MCU

Meskipun baru beberapa bulan sejak dirilisnya Captain Marvel, Skrull akhirnya kembali ke MCU. Kehadiran Skrull yang menggantikan keberadaan Nick Fury di Bumi mengindikasikan ada kejadian intergalaksi serius yang perlu diperhatikan.

adegan Secret Invasion dalam komik Marvel
via Marvel

Pengaturan Captain Marvel 2 tampaknya akan dimulai dari adegan post credit Spider-Man: Far from Home kali ini. Dengan Captain Marvel 2 akan hadir pada Fase 4 MCU, kemungkinan besar Marvel akan membawa Nick Fury ke luar angkasa untuk membantu Carol Danvers dalam petualangannya mencari rumah baru bagi bangsa Skrull.

Perlu dicatat bahwa perubahan Talos menjadi Fury merupakan referensi yang merujuk pada bagian Kree lainnya. Mungkinkan ini mengisyaratkan cerita baru ‘Secret Invasion’ dalam serial komik dimana bangsa Kree mengambil alih Bumi?

Tentu saja, kehadiran Skrulls membuat ada banyak cerita yang bisa diambil dalam semesta Marvel. Hingga cerita fans yang menyebutkan bahwa Tony Stark yang meninggal adalah bangsa Skrull yang menyamar. Masih banyak pertanyaan yang perlu dijawab, terlebih tentang masa depan MCU paska Fase 3 dan dan awal Fase 4 yang masih menjadi misteri.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.