One Piece Episode 892: Buka Arc Wano dengan Wah

zoro haki di one piece 892

Dengan sutradara (Tatsuya Nagamine) dan desainer karakter (Midori Matsuda) yang baru, One Piece episode 892 bisa dibilang menawarkan cita rasa baru dari anime yang sudah tayang lebih dari 20 tahun ini. Episode ini membuka arc Wano secara resmi dengan tampilan yang lebih fresh. Ada beberapa hal menarik yang kita lihat dalam episode ini. Berikut di antaranya:

Opening baru

Ya, akhirnya One Piece menggunakan opening theme baru dengan iringan lagu Over the Top yang dibawakan oleh Hiroshi Kitadani.

Selain lagu yang keren, ada hal lain yang menarik perhatian dari opening theme ini. Walau baru saja memasuki arc Wano, kita sudah diperlihatkan berbagai karakter misterius yang akan muncul. Bahkan ada beberapa spoiler yang ditampilkan dalam opening ini.

Bukan hanya spoiler untuk penonton anime saja, tapi juga untuk pembaca manga. Spoiler ini berisi identitas karakter yang sampai sekarang masih misterius di manga dan juga apa yang akan terjadi kepada salah satu karakter penting di arc Wano.

Pembukaan arc yang wah

Setelah dihibur dengan opening baru, kita juga dimanjakan dengan pembukaan arc Wano yang sangat apik. Arc ini dibuka layaknya sebuah pertunjukan pentas. Ada tirai yang terbuka dan diiringi oleh petikan samisen yang indah.

review one piece 892

Tak hanya itu, karakter protagonis kita juga diperkenalkan layaknya tokoh cerita rakyat lengkap dengan nama Wano mereka masing-masing. Ada Franosuke sebagai tukang kayu, Usohachi sebagai tukang obat, Orobi sebagai Geisha, dan Zorojuro sebagai Ronin.

Petualangan Zoro lebih lengkap

Tapi bisa dibilang kalau One Piece episode 892 didominasi oleh pendekar pedang kesayangan kita, Zoro. Bagi pembaca manga pasti sadar kalau ada beberapa adegan tambahan yang tidak ada di manga untuk menjelaskan petualangan Zoro sebagai Ronin secara menyeluruh.

Di episode ini, ada adegan penyebab Zoro ditangkap, prosesi seppuku, dan juga pertarungannya melawan para samurai sebelum menjadi buronan negara.

Di episode 892 ini kita lihat ternyata Zoro ditangkap karena ia berada di TKP ketika pembunuhan terjadi. Akibatnya, ia dituduh sebagai seorang pembunuh. Karakter magistrate yang menjadi pelaku pembunuhan juga lebih dieksplor. Kita melihat apa alasannya membantai penduduk ibu kota di malam hari.

Adegan aksi yang lebih fluid

Zoro terpaksa mengikuti proses hukum karena ia tidak ingin menarik perhatian Orochi. Namun, ketika ia tahu kalau pembunuhnya ada di depan matanya, ia tidak bisa tinggal diam.

Adegan ini dibuat dengan sangat baik. Zoro disidang di bawah hujan bunga sakura dengan lantunan bunyi samisen dalam visual yang memanjakan mata. Warnanya terlihat lebih lembut dan pergerakan karakter juga lebih fluid. Berbeda dari banyak episode One Piece yang kita tonton selama ini.

Selain itu, di episode ini kita juga melihat kalau Zoro menutupi pisau seppuku dengan haki sebelum menebas si pelaku pembunuhan. Di manga, kita tidak melihat Zorojuro menggunakan haki. Tentu penggunaan haki ini membuat adegan Zoro ini menjadi lebih bagus berkali lipat.

Selain penggunaan haki, pertarungan Zoro melawan para samurai juga merupakan adengan tambahan yang tidak ada di manga. Walaupun begitu, adegan ini diwujudkan dengan kualitas animasi yang sangat bagus.

Luffy terdampar

Setelah tenggelam di episode 891, kapten kita kemudian terdampar di sebuah pantai. Ini menjadi adegan penutup One Piece episode 892. Luffy masih ragu apakah ia telah sampai di Wano dan bertanya-tanya tentang keberadaan teman-temannya. Ia kemudian melihat seekor monster berlari ke arahnya.

Dari preview episode 893, kita mungkin akan melihat pertemuan Luffy dengan karakter baru bernama Otama dan juga sambungan pertarungan Zoro di ibu kota.

Episode pembuka arc Wano ini membuktikan kalau pertukaran sutradara dan desainer karakter sangat memengaruhi sebuah anime.

Dengan manga One Piece yang masih berada di arc Wano, ada kemungkinan kalau animenya akan berisi banyak filler.

Walaupun begitu, tampaknya filler di arc Wano akan terasa lebih istimewa karena seperti melihat “Jepang” di dunia fantasi One Piece.

Your average anime guy.