[Episode Review] One Piece Episode 891: Menuju Wano!

Wano bagaikan dunia baru

One Piece 891

Harusnya, One Piece episode 891 langsung menuju Wano seperti di chapter 909 setelah pertemuan Marco dan Nekomamushi. Namun, episode ini melewati chapter tersebut dan mengadaptasi chapter 910 yang bercerita tentang petualangan Luffy memasuki perairan Wano yang misterius dan berbahaya. Mungkin ini dilakukan agar anime arc Wano dimulai dari perspektif Luffy sebagai tokoh utama.

Perbedaan episode ini dengan manganya terletak pada sedikit tambahan adegan, yaitu flashback di arc Zou untuk mengingatkan kita apa tujuan Luffy datang ke Wano. Namun flashback ini tidak mendominasi layaknya flashback yang kita saksikan di mini arc Reverie.

Belum ada lagu opening baru

Mulai masuk arc baru, kita berharap ada opening theme baru di episode ini. Nyatanya opening-nya masih menggunakan lagu Superpowers dari V6. Ini sekaligus menandakan kalau episode 891 belum sepenuhnya masuk ke arc Wano. Bisa dibilang seperti sebuah pengantar.

Seperti di beberapa episode sebelumnya, opening theme One Piece selalu menyisipkan cuplikan adegan yang akan kita saksikan. Kali ini ada cuplikan Luffy dan teman-teman mendaki air terjun menggunakan Sunny Go dengan bantuan ikan Koi. Gaya opening theme ini sangat menarik, semoga dipertahankan di arc Wano nantinya.

Sedangkan untuk opening baru, dikabarkan kita akan menyaksikannya di episode selanjutnya pada 7 Juli mendatang.

Petualangan baru pengalaman baru

Bersama bajak laut kesayangan kita yang mendapatkan petualangan baru, kita sebagai penonton juga mendapatkan pengalaman baru di One Piece episode 891 ini. Persis ketika Sunny Go memasuki perairan Wano dan Nami merasakan perubahan udara, anime ini juga mengalami perubahan gaya gambar, terutama di lautan dan ombaknya yang dilukis dengan gaya Ukiyoe yang tersohor seperti lukisan The Great Wave off Kanagawa.

one piece ukiyoe

Lalu, ketika si gurita misterius mulai beraksi layaknya memulai pertunjukan Kabuki, sekelompok ikan koi raksasa pun muncul. Petualangan menerobos perairan Wano yang liar pun dimulai dengan iringan soundtrack baru yang menggunakan perpaduan instrumen musik modern dan tradisional Jepang. Bahkan kepanikan dan kekocakan kru Topi Jerami juga sempat diabadikan dalam bentuk lukisan tradisional Jepang.

Gaya gambar dan soundtrack baru ini membuat arc Wano terasa sangat spesial. Tidak sabar untuk menonton episode selanjutnya!

Kekocakan anggota topi jerami

Walau memperkenalkan soundtrack baru, One Piece episode 891 tetap memutar theme song khasnya ketika Luffy dan teman-teman menaiki air terjun pintu negara Wano. Lagu tema ini sudah menjadi ciri khas yang menandakan dimulainya petualangan Luffy di sebuah pulau baru.

one piece in ukiyoe painting style

Dalam perjalanan mendaki ari terjun, kekocakan masing-masing anggota yang sudah jadi ciri khas juga ditampilkan. Mulai dari Luffy yang sibuk dengan calon makanannya (baca: ikan Koi), Sanji yang malah menyemangati Luffy untuk berburu ikan koi, Chopper, Brook, dan Nami yang ketakutan, dan Carrot yang sangat senang dengan petualangan.

Terjebak pusaran air

Memasuki negara para samurai memang menantang dan asyik, tapi ada bahaya yang menunggu mereka. Sunny Go harus berhadapan dengan pusaran air di atas air terjun itu. Di episode ini tidak dijelaskan apa yang terjadi setelahnya. Kita hanya melihat Luffy yang tenggelam di perairan yang dalam dan kelam.

Spoiler alert: semua anggota selamat (pastinya). Caranya? kita tunggu saja di episode selanjutnya.

Dari beberapa cuplikan yang telah beredar, arc Wano akan menghadirkan animasi dan desain gambar yang baru (karena pergantian sutradara dan character designer).

Semoga dengan ini anime One Piece kembali menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh pencinta anime secara umum. Kalau fans One Piece mah, bagus atau tidak akan tetap menunggu setiap episode animenya.

Your average anime guy.