Review Film Parasite (2019): Cerdas dan Permainkan Emosi

Sulit ditebak dan memainkan emosi

review film kroea parasite

Auteur Korea Selatan, Bong Joon Ho, baru saja merilis film terbarunya, Parasite. Lewat film Parasite, sutradara yang sebelumnya berkecimpung dalam berbagai film Sci-fi dan thriller ini mendapatkan penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2019. Ketenaran film ini dengan cepat booming di negara asalnya dengan memecahkan berbagai rekor seperti rekor film terlaris, film terbaik, dan masih banyak lagi.

Bercerita tentang kesenjangan sosial

Parasite bercerita tentang dua keluarga dengan perbedaan pendapatan finansial yang sangat signifikan atau bisa dibilang kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin.

ulasan film parasite
Keluarga Kim Via IMDb

Bermula dari keluarga Kim yang miskin dan tinggal di sebuah lingkungan kumuh yang rumahnya mirip dengan penjara bawah tanah. Dengan lilitan masalah ekonomi, suatu hari sang putra, Kim Ki-woo, secara kebetulan mendapatkan pekerjaan mengajar anak-anak Mr. Park yang berasal dari keluarga kaya raya. Kim Ki-woo yang sebenarnya tidak punya keahlian mengajar nekat mengambil pekerjaan itu. Semua seolah berjalan dengan lancar sampai ia menemukan hal yang tak terduga dari keluarga Mr. Park.

Apa itu Parasite?

review film parasite
Keluarga Park, via IMDb

Istilah ‘Parasite’ atau gisaengchung dalam bahasa Korea sering digunakan masyarakat untuk menggambarkan seseorang yang suka mencuri kekayaan, kekuatan, atau kecerdasan seseorang tanpa disadari oleh korbannya. Bong Joon Ho dengan sempurna mengungkapkan esensi dari kata ‘Parasite’ ke dalam plot film ini.

Rollercoaster emosi

Sepanjang film, penonton dibuat untuk memahami sudut pandang keluarga Kim yang hidup dalam kemiskinan dan otomatis kita akan berempati. Namun, disaat bersamaan penonton juga akan dibuat sangat kesal dengan kelakuan mereka yang kemudian malah membuat kita balik berempati kepada keluarga Park.

Via IMDB

Film Parasite benar-benar jauh dari kata membosankan. Film ini membuktikan kalau Bong Joon Ho sangat jenius. Alur disusun dengan sangat rapi, dinamis dan penuh dengan twist. Penonton selalu dihantam oleh kejutan-kejutan yang disediakan oleh filmmaker Korea itu.

Perasaan kita dibawa naik turun lewat adegan lucu, kecerdikan para karakter, kejutan yang menegangkan, hingga drama sedih. Semua lengkap dibungkus dalam film ini. Ketawa, marah, dan nangis sekaligus akan dirasakan ketika menonton Parasite. Tak luput juga plot yang dibawakan dengan balutan komedi, thriller dan drama lengkap menyempurnakannya.

Tak semua pertanyaan yang dijawab

Selain itu, film ini juga bisa dibilang seperti film-film yang membuat penonton bertanya-tanya setelah menonton karena ada beberapa adegan atau cerita yang tidak dijawab dengan pasti. Kita dibawa untuk menafsirkannya sendiri.

Via IMDB

Istimewanya film Parasite, di sepanjang cerita, penonton akan dibuat bingung akan setiap peran yang ada. Kita dibuat berasumsi manakah peran yang benar-benar protagonis dan mana yang antagonis. Sangat dinamis sehingga kesimpulannya bisa dibalikkan lagi ke penonton. Seperti sedang bermain puzzle, penonton harus menebak-nebak manakah keluarga yang paling jahat atau baik. Sangat menyenangkan menikmati pengalaman menonton film ini.

Penggambaran yang terasa nyata

Mulai dari pengambilan gambar, tata musik, dan dekorasi set film Parasite sangat bagus dan super detail. Konsep yang dipakai untuk keluarga kaya dan keluarga miskin benar-benar akan membuat kamu kagum. Mulai dari perbedaan signifikan rumah si kaya dan si miskin, kebiasaan, bahkan bau mereka pun dengan detail digambarkan. Dan tanpa disadari penonton dibawa ikut merasakan efek dari bau si keluarga miskin itu. 

Via IMDB

Penuh pesan yang kuat

Berbagai pesan sosial yang sangat kuat dapat kamu simpulkan dari film ini. Baik itu keluarga Kim maupun Park sangatlah menginspirasi. Mereka mengajarkan bahwa usaha sendirilah yang akan membantu kamu mendapatkan hal-hal yang sangat kamu inginkan. Merugikan orang lain untuk keuntungan diri tidak ada gunanya melainkan malah balik merugikan diri sendiri. Lalu yang terakhir, apa yang ditanam pasti itu pula yang akan dipetik di kemudian hari.

Film Parasite adalah film yang sangat wajib untuk tonton. Saat ini Parasite tengah tayang di beberapa bioskop pilihan.

Rating 4.5/5

Genre: Drama, Thriller

Sutradara: Joon-ho Bong

Penulis: Joon-ho Bong (screenplay), Jin Won Han

Bintang: Kang-ho SongSun-kyun LeeYeo-jeong Jo 

Review Overview
  • Wajib Tonton
4.5

Summary

Film Parasite menyuguhkan kisah kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin dengan alur yang rapi dan penuh twist. Film ini dibuat dengan detail, cerdas, dan terasa real sehingga sukses permainkan emosi. Walau punya pesan yang sangat kuat dan bisa disimpulkan sendiri, ada beberapa rahasia yang dibiarkan tidak terjawab untuk penonton simpulkan sendiri.

Learning to be Writter