Mengenal Yelena Belova, Pengganti Black Widow Setelah Natasha Romanoff

Yelena Belova sebagai Black Widow

Suka atau tidak, Black Widow yang akan tayang tahun depan mungkin menjadi yang terakhir kalinya kita melihat Scarlett Johansson di Marvel Cinematic Universe. Untungnya, Marvel Comics masih memiliki Yelena Belova sebagai pengganti Black Widow untuk Fase Empat, Lima, dan seterusnya. Kemungkinan besar Yelena akan mengambil gelar yang sudah lama melekat pada Natasha Romanoff sejak awal MCU itu.

Yelena Belova pengganto Black Widow
via Marvel

Dengan anggapan film Black Widow akan mengungkapkan asal usul Natasha Romanoff sebagai Black Widow, film tersebut bisa saja menjelaskan Black Widow secara keseluruhan. Pasalnya, ada banyak mata-mata wanita seperti Natasha. Nama Black Widow dapat diturunkan, sama seperti Captain America, dan bukan khusus milik perseorangan. Dan Yelena adalah salah satunya.

Pengganti Black Widow di Fase 4

Mengingat beberapa dekade sejarah buku komik Marvel, Yelena adalah karakter yang relatif lebih baru. Tidak seperti Natasha, Yelena adalah mata-mata Rusia era paska-Perang Dingin yang debut pertama kali pada buku Inhumans #5 pada tahun 1999. Dan seperti pendahulunya, dia dilatih secara khusus untuk menjadi mata-mata dan pembunuh.

Yelena Belova dalam komik Marvel
via Marvel

Faktanya, Yelena sering mengklaim bahwa keahliannya jauh lebih baik daripada Natasha. Diketahui, wanita yang jauh lebih muda dari Natasha tersebut sangat kompetitif, terutama dalam menunjukkan keahliannya ketika bersaing dengan Natasha. Tapi keduanya juga bisa bekerja sama. seperti ketika mereka mengalahkan Taskmaster dalam salah satu seri komik Marvel.

Ketika Natasha adalah agen Black Widow yang meninggalkan pekerjaan mata-matanya dan akhirnya menjadi pahlawan, Yelena sebaliknya. Dia adalah mata-mata aktif, setia kepada Rusia dan program Black Widow, serta sangat berhasrat untuk mengalahkan Natasha dan membuktikan kemampuannya.

Florence Pugh pengganti Black Widow
via Joel C Ryan/Invision/AP/REX

Sedikit dari persaingan tersebut bisa dilihat dari sebuah cuplikan Black Widow yang ditayangkan perdana secara eksklusif di panel Marvel selama San Diego Comic-Con. Dalam potongan film tersebut, Yelena (diperankan Florence Pugh) bersiap untuk perkelahian dan saling bertarung bersama Natasha. Setelah itu, mereka duduk dan saling berbagi minuman.

Mengenal keluarga Natasha Romanoff

Menariknya, Yelena menyebut Natasha sebagai “saudara perempuan”, menyiratkan bahwa Nastasha bukan hanya saingan mata-matanya, tetapi berkerabat darah. Perubahan hubungan mereka terlihat dalam komik dimana Yelena datang untuk bergabung dengan inkarnasi baru Avengers.

Kehadiran Yelena menjadi pengganti Black Widow setelah kematian ‘saudara perempuannya’ akan menjadi debut yang manis MCU. Masih banyak misteri tentang keluarga Natasha di film-film MCU, selain nama ayahnya, Ivan, yang dijelaskan pada Avengers: Endgame. Perkenalan Yelena akan membantu kita mengenal lebih dalam tentang Black Widow.

Scarlett Johansson sebagai Natasha Romanoff
via Marvel

Selain itu, Yelena dilatih oleh Red Room, pangkalan untuk sebuah organisasi yang mengindoktrinasi mata-mata dan pembunuh serta menjadikannya kelinci percobaan. Ada adegan tentang Red Room selama kilas balik/halusinasi Natasha di Avengers: Age of Ultron, yang kemungkinan besar akan terjawab di Black Widow.

Dengan kematian Natasha, Yelena siap dan menjadi pengganti Black Widow yang dibutuhkan MCU saat ini. Marvel Studios juga membuka sejumlah jalan cerita yang menarik seputar kengerian Red Room dan mata-mata super yang dibuatnya dari versi komik ke semesta MCU.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.