Sejarah Marvel Mengubah Jane Foster Menjadi Thor Wanita

Perjuangan Jane Foster sebagai Thor wanita menambah keberagaman karakter Marvel

Thor Jane Foster dan Thor Odinson

Presiden Marvel Kevin Feige akhirnya mengumumkan Thor: Love and Thunder. Selain Chris Hemsworth yang kembali memerankan Dewa Guntur untuk film solo keempatnya, pengumuman tersebut juga memperkenalkan Jane Foster yang diperankan oleh Natalie Portman sebagai Thor wanita.

Jane Foster sebagai Thor wanita dan memegang kendali penuh atas Mjolnir memang bukan cerita baru. Sebelumnya, melalui komik Thor no. 8 yang terbit 2014 silam, Dr. Jane Foster terungkap sebagai wanita bertopeng misterius pemilik Mjolnir setelah Thor Odinson – nantinya disebut Odinson saja – dianggap tidak layak lagi untuk memegangnya.

Jane Foster sebagai Thor
via Marvel

Komik ‘Thor’ ditulis oleh Jason Aaron dengan gambar oleh Russell Dauterman. Dalam cerita komiknya, Jane pertama kali muncul di Journey into Mystery No. 84 yang diterbitkan pada September 1962. Jane Foster awalnya merupakan seorang suster yang merawat Dr. Donald Blake, alter ego manusia Thor pada saat itu. Dalam beberapa cerita selanjutnya, Jane Foster akhirnya berhasil mendapatkan predikat dokter.

Dalam cerita orisinilnya, Jane didiagnosis menderita kanker payudara. Dan ketika Thor Odinson tidak bisa lagi mengangkat Mjolnir dikarenakan bisikan misterius yang diucapkan Nick Fury kepadanya, Jane mendapatkan kekuatan untuk memegang senjata ikonik tersebut. Thor Odinson dengan kondisi yang semakin memburuk terus melemah akhirnya memulihkan diri ke Asgard.

Jane Foster menggunakan kekuatan Thor
via Marvel

Jane awalnya terinspirasi oleh ibunya untuk menjadi dokter dan membantu orang-orang. Kekuatan Mjolnir dan transformasi menjadi Thor terungkap membuat kanker di tubuhnya tetap aktif. Meskipun begitu, Jane terus berkorban dan tetap menjadi Thor, meskipun perubahan tersebut perlahan membunuhnya.

Selama periode ini, dia mengadopsi nama Thor, Goddess of Thunder (Dewi Guntur) dan bergabung dengan Avengers. Alur cerita berakhir dengan karakter Jane Foster mengorbankan hidupnya untuk mengalahkan musuh yang berbahaya, Mangog yang menyerang Asgard. Setelah menyelamatkan Asgard, Odin menggunakan kekuatan God Tempest dan membantu Odinson membangkitkan Jane.

Jane sebagai Thor merupakan judul kedelapan dari komik Marvel yang menampilkan protagonist perempuan sebagai karakter utama. “Dia bukan She-Thor,” jelas Aaron ketika menjelaskan karakter Jane Foster sebagai pemegang Mjolnir. “Bukan Lady Thor. Bukan Thorita. Dia adalah Thor. Thor of the Marvel Universe. Tapi bukan seperti Thor yang pernah kita lihat sebelumnya.”

Natalie Portman sebagai Jane Foster Thor wanita
via Entertainment Weekly

Pada Thor: Love and Thunder, Chris Hemsworth akan kembali sebagai Thor Odinson. Selain Natalie Portman, Tessa Thompson juga kembali memerankan karakter Valkyrie yang pertama kali hadir dalam Thor: Ragnarok. Karakter Valkyrie yang menjadi raja baru di New Asgard pada akhir Avengers: Endgame diprediksi akan mengekplorasi semesta Marvel yang lebih luas.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.