20 Daftar Film Aksi 2020 Siap Menggempur Bioskop Tanah Air

Saku semakin menggigit.

menonton film

2020 sudah di depan mata. Melanjutkan nostalgia yang dibawa oleh beberapa film dan serial TV pada 2019, beberapa rilisan tahun depan merupakan sekuel film yang sangat diantisipasi. Tak sedikit yang merupakan adaptasi baru dari film Hollywood yang sudah ada. Berikut 20 film aksi 2020 terbaik yang akan menyambangi bioskop Tanah Air.

1. Bad Boys for Life – 17 Januari

17 tahun setelah Bad Boys II dirilis, penggemar film aksi ini akan mendapatkan entri lain dalam iterasi ketiga film ini. Sony telah menetapkan jadwal rilis 17 Januari dan membawa kembali Will Smith dan Martin Lawrence. Film ini bisa menjadi petualangan terakhir kombo detektif Kepolisian Miami Mike Lowrey dan Marcus Burnett. Trailer pertama yang ditayangkan September lalu menunjukan wajah-wajah baru, seperti DJ Khaled, Vanessa Hudgens dan Jacob Scipio.

2. Birds of Prey and the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn – 5 Februari

Kehadiran Margot Robbie sebagai Harley Quinn menjadi oasis di tengah kritikan tajam Suicide Squad (2016). Maka tak heran jika Warner Bros./DC langsung membuka kesempatan untuk film solo salah satu penjahat paling unik Kota Gotham ini. Tak sendirian, film yang digarap oleh Cathy Yan ini membawa nama-nama besar Hollywood seperti Ewan McGregor, Rosie Perez, hingga Ali Wong yang dikenal sebagai komika dan bermain dalam Always be My Maybe (2019).

3. Bloodshot – 21 Februari

Setelah mengisi suara Groot dalam Marvel Cinematic Universe, Vin Diesel akan menjadi pahlawan super Ray Garrison dalam Bloodshot. Diadaptasi dari seri komik Valian Comics yang populer, film ini menceritakan tentang seorang angkatan laut yang dibangkitkan kembali menggunakan teknologi nano sehingga memiliki kekuatan super. Dipimpin seniman efek visual Dave Wilson dan menjadi film pertama yang disutradarainya, Bloodshot menggandeng Eiza Gondalez, Michael Sheen, dan Toby Kebbell.

4. Mulan – 27 Maret 2020

Disney diprediksi akan membawa pulang pundi-pundi uangnya ketika mengalihwahanakan Mulan dalam remake live-action. Dari trailer pertamanya, film petualangan ini digawangi oleh kebanyakan pemeran asal Asia; seperti Jason Scott Lee, Jet Li, hingga Donnie Yen dengan fotografi yang indah, serta rangkaian aksi yang memukau. Keputusan Disney untuk membuat versi terbaru Mulan yang lebih dewasa dan penuh aksi ketimbang film animasinya bisa menjadi alasan film ini patut ditunggu tahun depan.

5. The New Mutants – 3 April

Awalnya direncanakan rilis Oktober 2017, peluncuran The New Mutants bergeser dari April 2018 ke Februari 2019 hingga Agustus 2019. Tapi setelah kejelasan merger Fox dan Disney, film ini akhirnya mendapatkan jadwalnya, yaitu pada 3 April 2020. Para pemerannya merupakan pendatang baru, seperti Anya Taylor Joy (Playmobile: The Movie), Maisie Williams, dan Charlie Heaton (Stranger Things). Keunikannya? Film ini akan dibuat dengan pendekatan horor, pertama kali dalam waralaba X-Men.

6. No Time to Die – 10 April

Semestinya menjadi film terakhir Daniel Craige sebagai agen mata-mata rahasia Inggris, No Time to Die akan melanjutkan karakter James Bond kembali dari masa pensiun melawan musuh terbarunya, Safin, yang diperankan oleh pemenang Oscar Rami Malek (Bohemian Rhapsody). Dengan sutradara Cary Joji Fukunaga dan skenario dari Phoebe Waller-Bridge, No Time to Die menjadi salah satu film paling dinanti 2020 mendatang.

7. Black Widow – 1 Mei

Butuh waktu 10 tahun bagi Natasha Romanoff mendapatkan film solo pertamanya setelah debutnya dalam Iron Man 2 (2010). Melanjutkan tradisi membuka musim panas dengan film Marvel sejak Mei 2008, film aksi 2020 ini turut membawa David Harbour (Stranger Things) dan Rachel Weisz. Sedangkan karakter Florence Puch, Yelena Belova, diprediksi akan menggantikan peran Natasha sebagai Black Widow nantinya dalam kelanjutan Marvel Cinematic Universe.

8. Fast & Furious 9 – 22 Mei

Waralaba Fast & Furious semakin berkembang setelah kehadiran spin off Hobbs and Shaw pada Juli lalu. Dan kali ini, Vin Diesel, Michelle Rodriguez, Tyrese Gibson, John Cena, dan Charlize Theron kembali membawa salah satu waralaba aksi paling mendebarkan dan mengejutkan selama lebih dari 20 tahun terakhir ini. Sulit untuk mengetahui seperti apa plot yang akan dikembangkan. Namun isu keluarga sepertinya tak akan lepas dari instalasi kesembilan film ini.

9. Wonder Woman 1984 – 5 Juni 2020

Kesuksesan Wonder Woman pada 2017 tak diikuti oleh Justice League yang menerima ulasan kasar dari para kritikus, menghancurkan niat Warner Bros. untuk menyaingi MCU. Tapi kehadiran Wonder Woman 1984 (nantinya dilanjutkan Batman, Aquaman 2 dan The Flash) diprediksi akan membawa kembali kejayaan DC Extended Universe. Gal Gadot dan sutradara Patty Jenkins kembali membawa Diana Princess ke tahun 1984 yang penuh warna.

10. Top Gun: Maverick – 26 Juni

Lebih dari 30 tahun, Tom Cruise membawa karakter Maverik yang pernah melambungkan namanya menjadi aktor kelas A Hollywood. Didukung oleh bintang kenamaan seperti Miles Teller, Jennifer Connelly, dan Jon Ham, kepiawaian Letnan Pete Mitchel dipastikan akan membawa nostalogia blockbuster musim panas Hollywood yang hancur 2019 ini. Masih belum banyak yang bisa diketahui tentang plot, tetapi Cruise dipastikan akan memamerkan kepiawaiannya mengendarai jet tempur dalam film ini.

11. Free Guy – 3 Juli

Pertengahan musim panas, Free Guy adalah sebuah komedi aksi dari Ryan Reynolds yang memberikan nuansa yang hampir sama dengan Deadpool dan Lego Movie. Menceritakan tentang kisah Guy (Reynolds), seorang pegawai bank yang mengetahui bahwa dia sebenarnya adalah karakter pendukung dalam sebuah video game yang brutal. Membawa nama besar Taika Waititi, Jodie Comer, dan Joe Keery membuatnya menjadi film aksi 2020 yang paling ditunggu.

12. Ghostbusters: After Life – 10 Juli

Berbeda dengan reboot Ghostbuster versi wanita, film ini merupakan kelanjutan dari film orisinilnya. Putra dari sutradara Ghostbuster yang asli, Ivan Reitman, mengepalai film nostalgia yang populer pada era 80-an ini. Paul Rudd, Carrie Coons, Finn Wolfhard, dan McKenna Grace akan membawakan cerita baru dari penangkap hantu Ghostbuster. Sedangkan pemeran aslinya, Dan Aykroyd, Bill Murray, Ernie Hudson, Sigourney Weaver dan Annie Potts akan kembali.

13. Tenet – 17 Juli

Tirai terungkap setelah trailer pertama Tenet, sebuah film fiksi ilmiah terbaru dari rajanya fiksi ilmiah era modern, Christopher Nolan. Karya-karya yang selalu ditunggu dari Nolan menghadirkan Tenet, bisa dibilang sebagai karya yang paling berani yang menggabungkan Memento (2000), Inception (2010), dan Interstellar (2014). Pemerannya? Gabungan John David Washington, Elizabeth Debicki, Robert Pattinson, Aaron Taylor-Johnson, dan aktor legendaris Michael Caine menghadirkan film aksi 2020 yang patut dinanti.

14. Monster Hunter – 4 September

Penulis dan sutradara Paul W.S. Anderson telah membawakan adaptasi video game seperti Mortal Kombat, DOA: Dead of Alive (2006), dan seri Resident Evil. Dan sekarang dia kembali bersatu dengan bintang Resident Evil (dan istrinya) Milla Jovovich membawa waralaba game Capcom lainnya ke layar lebar, Monster Hunter. Gambar pertama film ini menunjukkan Jovovich bersama pemeran pendukung Tony Jaa di sebuah gurun pasir. Film ini juga akan dibintangi oleh Ron Perlman.

film aksi 2020 Monster Hunter Tony Jaa
via Tencent Pictures

15. The King’s Man – 18 September

Kesuksesan sekuel seri Kingsman memperluas ruang lingkup dan dunia mata-mata Inggris ini. Sutradara Matthew Vaighn pun memiliki spin-off, serial TV, dan prekuel untuk karakter Taron Eagerton dan Colin Firth ini. Prekuel ini akan mengungkapkan sekilas tentang awal dari organisasi rahasia ini. Berlatar pada awal 1900-an, The King’s Man dibintangi Ralph Fiennes sebagai Duke of Oxford dan Harris Dickson sebagai anak didik barunya.

16. Venom 2 – 2 Oktober

Walaupun Venom mendapatkan ulasan beragam, Sony tetap mendapatkan kesuksesan finansial dari film yang dibintangi Tom Hardy itu. Berniat untuk mengembangkan Spider-Man Universe, Sony membawa film Venom kedua yang kali ini akan digarap oleh Andy Serkis. Menariknya, Tom Holland dikabarkan akan menjadi cameo dalam Venom 2. Jika benar, film ini akan menjadi properti bersama pertama Sony dan Disney dalam karakter Marvel.

Tom Hardy Venom 2 2020
via Sony

17. G.I. Joe: Ever Vigilant – 16 Oktober

Real American Heroes dari Hasbro menghadirkan G.I. Joe: Ever Vigilant. Paramount akan merilis film ketiga, tujuh tahun setelah G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009) dan G.I. Joe: Retaliation (2013). Belum jelas apakah Channing Tatum dan Bruce Willis akan kembali untuk sekuelnya, tetapi Paramount tertarik mendapatkan Dwayne Johnson mengulangi perannya sebagai Roadblock. Ever Vigilant dikabarkan menghadirkan reboot yang akan mengawali Hasbro Cinematic Universe bergaya Marvel.

film aksi 2020 G.I. Joe: Ever Vigilant
via Paramount Pictures

18. Eternals – 6 November

Bersamaan dengan sisa proyek Marvel Cinematic Universe Fase 4, Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengumumkan versi layar lebar karakter kosmik milik Jack Kirby yang diperkenalkan pada tahun 1976. Menceritakan tentang ras makhluk seperti dewa yang terperangkap dalam pertempuran para Deviant dan makhluk Celestial. Eternals berisi aktor kelas wahid Angelina Jolie, Richard Madden, Kumail Nanjiani, Ma Dong Seok dan Salma Hayek.

film Marvel Eternals
via Marvel Studios

19. Godzilla vs. Kong – 20 November

Siapa yang akan menang dalam pertarungan antara Godzilla dengan King Kong? Sutradara Adam Wingard meyakinkan penggemar dalam film keempat dari MonsterVerse milik Legendary yang dibuka oleh Godzilla (2014) dan Kong: Skull Island (2017). Melanjutkan Godzilla: King of the Monsters yang lebih luas setelah menampilkan monster klasik Mothra dan Roda, Godzilla vs. Kong adalah proyek terbesar Wingard yang akan diisi Millie Bobbie Brown, Danai Gurira dan Julian Dennison.

cover film Godzilla vs. Kong
via Legendary Pictures

20. Dune – 18 Desember

Novel karya Frank Herbert tahun 1965 ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap dunia fiksi ilmiah. Mulai dari sutradara Alejandro Jodorowsky tahun 70an, versi blockbuster tahun 1984 karya David Lynch, hingga miniseri Syfy tahun 2000. Sekarang, sutradara Arrival (2016) dan Blade Runner 2049, Denis Villeuve membawa iterasi terbaru dengan menggandeng nama-nama all star; Timothée Chalamet, Zendaya, Dave Bautista, Josh Brolin, Stellan Skarsgård, dan Jason Momoa!

film aksi 2020 Dune
via Legendary Pictures

Selain itu, ada lebih banyak lagi film aksi 2020 yang akan menghampiri kamu di bioskop Tanah Air. Walaupun Hollywood terlihat seperti kehabisan ide mengeluarkan film-film orisinil, namun jajaran film aksi yang menawan sarat akan nostalgia tetap menarik untuk disaksikan. Nah, film apa yang paling kamu tunggu?

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply