Cerita Asli Mulan Ternyata Tak Seindah ‘Disney Princess’

versi animasi Mulan

Tak banyak yang mengenal cerita asli Mulan. Sebagian besar mengetahui Mulan sebagai salah satu Disney Princess yang badass yang disuarakan oleh Ming-Na Wen. Namun kisah aslinya ternyata lebih mengesankan. Ada beberapa versi yang menjelaskan tentang prajurit wanita dari Cina yang menyamar menjadi pria. Dan yang paling terkenal adalah kisah tentang Hua Mulan.

cerita asli Mulan
via Disney

Hua Mulan adalah seorang prajurit wanita dari Cina yang hidup di dinasti Utara dan Selatan, antara tahun 420 dan 589 Masehi. Kisahnya diceritakan dari mulut ke mulut dengan judul “Ballad of Mulan” atau “Balada Mulan”. Sebagian mengakui bahwa Hua Mulan merupakan tokoh asli, lainnya mempercayai bahwa cerita tersebut hanya berupa dongeng belaka.

Cerita asli Mulan dari Cina

Ada sejumlah cerita tentang Hua Mulan selain “Balada Mulan”. Seribu tahun setelah kisah itu ditulis, terdapat lakon Xu Wei, sebuah kisah dari Dinasti Qing yang disebut “Sui Tang Romance”. Bersetting sekitar 620 M pada awal Dinasti Tang, cerita tersebut menjelaskan dimana Mulan memiliki saudara perempuan yang bernama Dou Xianniang.

Cerita pertama ditulis pada abad keenam dalam “Musical Records of Old and New” yang menjadi bagaian dari cerita rakyat di Cina. Dalam puisi aslinya, keluarganya meminta Hua Mulan untuk mewakili keluarganya berperang ketika dia sedang menenun. Dia tidak ingin ayahnya yang tua dan sakit-sakitan ikut berperang. Sedangkan adiknya terlalu muda.

cerita asli Mulan
via NextStark

Berbeda dibandingkan versi animasi dimana Mulan awalnya tanpa kemampuan berperang, Hua Mulan sudah terlatih dalam seni bela diri. Sedari kecil, ia sudah mempelajari kemampuan menggunakan pedang dan memanah. Berjuang selama 12 tahun, Mulan ditawari pangkat yang tinggi. Namun dia meminta seekor unta untuk kembali pada keluarganya.

Perbedaan cerita asli dengan animasi Disney adalah rahasia identitas Mulan. Film Disney mengisahkan bagaimana jati diri Mulan sebagai wanita terungkap. Tapi identitas wanita Hua Mulan baru terungkap ketika dia pulang mengenakan pakaian tradisional wanita. Di waktu itu, barulah prajurit lainnya mengetahui bahwa mereka bertempur bersama wanita selama 12 tahun.

Cerita modern

Dalam versi cerita “Sui Tang Romance” yang pertama kali dirilis pada tahun 1965, Mulan hanya memiliki saudara perempuan dan adik laki-laki yang masih bayi. Putri raja yang merupakan seorang prajurit bernama Xianniang sangat senang mengetahui bahwa Mulan memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni. Dan mereka bertempur bersama prajurit lainnya.

Mulan Liu Yiufei memegang panah
via Disney

Cerita ini tak berakhir bahagia. Sang raja dikalahkan. Mulan dan Xianniang bersedia dihukum mati agar prajurit lainnya tak dihukum. Namun mereka tidak terbunuh. Ibunda sang raja memberi Mulan uang untuk kembali ke keluarganya. Ketika dia pulang ke rumah, ayahnya telah meninggal dan sang ibu menikah lagi.

Dan cerita yang lebih tragis mengisahkan ketika sang raja berhasil dikalahkan, Mulan menjadi salah satu tawanan. Tapi bukannya dihukum, pemimpin musuh ingin membawanya sebagai selir. Menolak, pada akhirnya Mulan pun bunuh diri.

Sejumlah versi pertunjukan Hua Mulan pun bisa ditemukan di Cina. Pertama kali terjadi pada tahun 1927 dalam bentuk drama dan opera. Cerita asli Mulan diadaptasi oleh Disney tahun 1998. Mulan pun tak ketinggalan muncul dalam komik Marvel. Seperti ketika dia muncul dalam komik “Deadpool Killustrated” pada 2013. Dia bersama karakter lainnya berusaha menghentikan Deadpool membunuh karakter sastra populer di seluruh dunia.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.