Pernah Dibuat Franchise, Ini Sekuel Jumanji Orisinil yang Banyak Terlupakan

Uang, lagi-lagi uang! - Pretty Sisters

film Zathura

Banyak yang menyangka Jumanji: Welcome to the Jungle (2017) merupakan sekuel Jumanji orisinil yang dibintangi Robin Williams dan Kirsten Dunst. Namun ternyata ada satu film lain yang merupakan sekuel pertama dari Jumanji. Tak begitu sukses di box office membuat namanya seakan terlupakan. Film tersebut adalah Zathura: A Space Adventure yang ditayangkan pertama kali pada 2005.

Zathura dibuat berdasarkan buku bergambar karya Chris Van Allsburg dengan nama yang sama. Penulis buku anak-anak asal Amerika ini adalah pencipta The Polar Express dan… Jumanji. Bahkan, Zathura merupakan buku yang dia tulis secara khusus sebagai sekuel dari buku bergambar terlarisnya, Jumanji keluaran tahun 1981. Dan kedua buku tersebut terhubung langsung.

buku Zathura karya Chis Van Allsburg
via AbeBooks

Pada akhir Jumanji versi buku, sang karakter utama, Peter dan Judy Shepherd membuang permainan papan Jumanji. Tetapi tetangga mereka, Walter dan Danny, menemukannya. Versi buku Zathura pun dimulai dengan kedua kakak beradik tersebut menemukan Jumanji. Tak tertarik, mereka pun menemukan permainan bertema ruang angkasa di bagian bawah kotak Jumanji tersebut.

Namun ada beberapa perdebatan tentang sejauh mana adaptasi film dapat dianggap sebagai sekuel Jumanji orisinil. Perdebatan terjadi karena filmnya mengikuti alur cerita buku, tetapi tidak pernah menyebutkan ‘Jumanji’. Bahkan tak ada referensi langsung ke film keluaran tahun 1995 tersebut.

pemeran film Zathura: A Space Adventure
via Sony

Sang sutradara Jon Favreau mengakui bahwa film tersebut memiliki tema yang sama. Namun pemeran Happy Hogan dalam Marvel Cinematic Universe ini menganggap bahwa Zathura bukanlah sekuel dari Jumanji.  

“Keduanya berbagi peristiwa fantastis yang muncul dari sebuah permainan. Tetapi, dengan cara yang sama, Zathura memiliki kepekaan yang sangat berbeda, karakter yang beda dan terjadi di sisi lain negara itu,” jelasnya ketika diwawancara San Diego.

Sekuel Jumanji, kata Sony

Namun Sony memasarkan Zathura sebagai bagian dari waralaba Jumanji. Mereka bahkan memperbaiki poster untuk memasukkan referensi akan film asli, sehingga penonton bisa menyadari hubungan keduanya. Trailer resmi bahkan menjelaskan bahwa film ini adalah “Petualangan baru dari dunia Jumanji.”

poster film Zathura, sekuel Jumanji orisinil
via Sony

Film ini fokus pada dua saudara yang sering bertengkar, yaitu Walter (Josh Hutccherson) dan Danny, anak-anak berusia enam tahun yang imajinatif. Mereka hanya tinggal bertiga dengan kakak perempuan mereka (diperankan oleh Kristen Stewart!) ketika ayah mereka pergi.

Kristen Stewart dalam sekuel Jumanji orisinil
via Sony

Danny menemukan papan permainan dan akhirnya dadu terlempar secara tidak sengaja. Kartu pertama menyebutkan tentang meteor. Lalu beberapa bola api pun menghantam rumah mereka. Tak lama kemudian, mereka pun menyadari bahwa mereka berada di luar angkasa.

BACA JUGA  Review Film Charlie’s Angels (2019): Kurangnya Eksekusi untuk Tontonan Girl’s Powers

Sangat disayangkan bagaimana Zathura seakan menghilang dari dunia Jumanji. Zathura: A Space Adventure bahkan beberapa kali sempat ditayangkan di televisi swasta Tanah Air. Cukup menghibur, dan berhasil menggabungkan aksi dan petualangan luar angkasa. Belum lagi twist menyenangkan di akhir cerita.

Para kritikus umumnya memberikan ulasan baik terhadap film ini, namun tetap gagal di box office. Waktu peluncuran yang salah ditengarai menjadi penyebabnya. Bersanding dengan Chicken Little (2005) di minggu pertama, Zathura harus menghadapi Harry Potter and the Goblet of Fire. Naas, film ini hanya menghasilkan $64.321.501 di seluruh dunia dengan anggaran dilaporkan sebesar $65 juta.

Jika saja Zathura berhasil menggaet banyak penonton, bukan tak mungkin keberadaannya sebagai sekuel Jumanji orisinil diakui, layaknya versi bukunya.

Film ketiga, (meskipun tak berurutan) Jumanji: The Next Level membawa penonton ke hutan dan gurun. Jika Jumanji selanjutnya akan diproduksi, tak menutup kemungkinan versi baru Zathura akan membawa Dwayne Johnson dan Kevin Hart ke luar angkasa.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.