Fakta tentang Deadpool yang (Tidak Terlalu) Penting

The Merch with a Mouth akhirnya mendapatkan sekuelnya di layar lebar. Di kehadiran Deadpool yang kedua ini, masih banyak misteri yang belum terkuak tentang anti-hero satu ini. Mulai dari perbedaan antara komik dan film serta beberapa kekuatan yang pernah didapatkan oleh Deadpool dari penulisnya (beda penulis menjadikan kekuatan Deadpool terkadang berubah). Berikut beberapa fakta tentang Deadpool yang tidak terlalu penting, kecuali jika kalian memang fans garis keras Thom Cruz ini.

1. Awal kemunculan Deadpool

Sebagai penggemar komik, Rob Liefeld sangat menyukai Spider-Man dan Wolverine. Karena itu, Deadpool dan Cable terinspirasi dari mereka. Adalah Peter Parker yang sudah menikah yang menjadi tonggak kemunculan Deadpool.

Cover awal kemunculan Deadpool pada The New Mutants #98 via Marvel

Awal kemunculan Deadpool pada The New Mutants #98 via Marvel

Banyak yang mengira Deadpool terinspirasi dari Deathstroke. Tapi kehadiran Deadpool muncul saat Rob Liefeld tidak menyukai gloomy Spider-Man yang kehilangan humor dan energinya ketika Peter Parker telah menikah pada komik tahun 1960an. Sebagaimana dijelaskan oleh Liefeld, “Dia Spider-Man, tapi dengan senjata dan pedang.”

2. Orientasi seksual Deadpool

Alam semesta Marvel dihuni oleh sejumlah besar karakter dengan semesta, kepercayaan, jenis kelamin, dan orientasi yang luas. Deadpool juga termasuk. Orientasi seksualnya ternyata tidak terlalu konvensional. Penulis Gerry Duggan mengungkapkan bagaimana Deadpool merupakan seorang panseksual, yaitu mereka yang tertarik pada individu tanpa memandang identitas gender mereka.

Fakta tentang Deadpool; menyukai semua orang

via Marvel

Hal inilah yang menjadi dasar karakter ini ketika Tim Miller yang menjadi sutradara Deadpool. Bahkan, Ryan Reynolds juga tidak menolak jika Deadpool mendapatkan kisah cinta yang rumit (atau aneh) dan tertarik untuk menjelajahi orientasi Merch with a Mouth lebih dalam.

3. Memiliki keluarga (yang aneh)

Seharusnya tidak mengejutkan jika Deadpool, sama seperti kebanyakan manusia, memiliki keluarga. Wade Wilson memang memiliki anak perempuan yang sah, bernama Eleanor Camacho setelah pertemuannya Carmelita Camacho. Berkat sang ayah yang hobi meregenerasi diri, kemampuan Eleanor disebutkan dalam realita 2099, yaitu memiliki kemampuan untuk dilahirkan kembali menjadi remaja dan me-restart ingatannya setelah dia mati.

Anak dari Deadpool, Eleanor Camechalo yang bisa bangkit dari kematian via Marvel

Eleanor Camacho yang bisa bangkit dari kematian via Marvel

Selain itu, untuk urusan anak genetik, selain Wolverine yang memiliki X-23, Deadpool juga memiliki Itsy-Bitsy, yaitu Susan Mary, seorang wanita yang disuntik dengan DNA Deadpool dan Spider-Man. Penanaman ini mengubah kulitnya menjadi biru dengan gabungan kekuatan dari dua ayahnya.

4. Kompleksitas pikiran

Salah satu humor dalam Deadpool yang hanya bisa dilihat di komik adalah bagaimana komunikasi ucapan dan pikirannya sama sekali berbeda. Ketika berhadapan dengan Great Lakes Champions di serial Cable & Deadpool #30, monolog batinnya yang berwarna putih untuk memberitahu penonton bahkan bisa dibaca oleh Great Lakes Champions.

komplsitas ikiran Deadpool

via Marvel

Lalu ada kotak putih, versi lebih gila dari pikiran batin Deadpool. Inilah yang membuat Professor X kesulitan ketika mencoba membaca pikiran Deadpool. Disebut dengan MadCap, Deadpool akhirnya berpisah dengan ‘kotak putih gila’ dan akhirnya duduk sendirian dengan pikirannya.

5. Membuka batas ruang 4 dimensi

Deadpool memang dikenal sebagai salah satu karakter dalam komik yang mengetahui bahwa dirinya hanyalah sebuah rekayasa. Inilah yang membuatnya menjadi depresi. Dalam Deadpool Vol. 3 #45, Wade memakai Infinity Gauntlet dan berbicara tentang bagaimana dia membenci kenyataan bahwa “pembaca menikmati komik lucunya, tapi tidak semua orang menganggapnya lucu.”

Deadpool yang merobek panel kominya sendiri via Marvel

Deadpool yang merobek panel kominya sendiri via Marvel

Dalam Deadpool Team-Up #885, Deadpool mendapatkan tim aneh, Bessie the Hellcow, penjahat dalam Howard the Duck. Dalam salah satu panel komik Deadpool merobek batas halaman dan memperingati dirinya di masa lalu. Bahkan, fakta tentang Deadpool lainnya menyebutkan dia berbicara dengan penulis komiknya sendiri.

6. Referensi terhadap budaya pop culture

Penggemar Deadpool pasti mengetahui bagaimana Deadpool menggunakan lelucon tentang budaya pop culture untuk membuat pembaca tertawa. Dalam suatu kisah, Loki yang marah dengan Deadpool akhirnya ‘mengutuk’ Wade Wilson sehingga memiliki wajah yang mirip Thom Cruz (plesetan Tom Cruise, untuk menghindari pelanggaran hak cipta).

game Marvel vs Capcom via Marvel

Marvel vs Capcom via Marvel

Lelucon tersebut juga yang akhirnya membuat Deadpool Animated Series dibatalkan. Kabar yang beredar bahwa Deadpool menjadikan Taylor Swift sebagai bahan lelucon tidak disetujui oleh FX Network dimana animasi tersebut akan ditayangkan. Dalam MARVEL VS. CAPCOM 3, Deadpool juga mendapatkan kekuatan “Shoryuken” milik Ryu.

7. Memprediksi film dan soundtrack dari Celine Dion

Bukan hanya The Simpsons yang terkenal dengan prediksi masa depannya. Deadpool juga pernah memprediksi masa depan filmnya sendiri. Pada tahun 2010, Deadpool yang muncul di komik X-Men Originis: Deadpool, menceritakan bagaimana Wade Wilson bertemu dengan sekelompok penulis skenario untuk mengubah hidupnya menjadi film.

Deadpool menghadiri premiere filmnya

via Marvel

Dan akhirnya dia berada di pemutaran perdana filmnya, dimana dia menonton dan terkejut dengan filmnya yang berisikan kisah romantisnya dengan Vanessa Carlysle. Wade juga menyadari bahwa ada orang Kanada lain, selain Wade Wilson, yang ada di film tersebut.

8. Komik Deadpool memegang rekor dunia

Fakta tentang Deadpool lainnya ada pada Deadpool Vol. 3 #27 merupakan komik yang disebut sebagai “isu paling penting dala sejarah komik”. Akhirya Merch with Mouth menikah dengan Shiklah, dari bangsa setan yang dihadiri oleh segenap karakter Marvel.

Cover Deadpool pemegang rekor dunia via Marvel

Cover Deadpool Vol. 3 #27 via Marvel

Kehadiran ratusan karakter Marvel dalam sampul komik tersebut membuat isu ini memegang rekor untuk sampul komik dengan karakter paling banyak oleh Guinness World Record dengan 232 karakter, mengalahkan pemenan sebelumnya yang hanya 224 karakter. Namun, kontoversi dari penggemar komik lain menyatakan bahwa G.I. Joe America’s Elite memiliki 236 karakter.

Deadpool merupakan salah satu anti-hero Marvel yang unik dengan semua kekonyolannya. Meskipun serial animasi-nya tidak bisa dinikmati, Ryan Reynolds kembali menjadi Wade Wilson dalam Deadpool 2 yang sudah bisa ditonton di bioskop mulai 16 Mei kemarin.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply