10 Momen Penting dalam Trailer Tenet, Film Epik Baru Christopher Nolan

Apakah akan menjadi film epik lainnya dari Nolan?

cover film Tenet

Setelah sekian lama, Warner Bros. akhirnya merilis trailer Tenet, karya terbaru dari sutradara kenamaan Christopher Nolan. Nolan memang tak henti-hentinya menawarkan pengalaman sinematik baru. Mulai dari Memento (2000), Inception (2010), hingga yang terbaru Dunkirk (2017). Tenet pun diprediksi melanjutkan kelihaian Nolan dalam menggarap film fiksi ilmiah. Berikut 10 momen penting yang tertangkap dalam trailer pertama Tenet.

1. Karakter utama film Tenet

Bahkan sebelum trailer Tenet diluncurkan, film Garapan Christopher Nolan ini sudah digadang-gadang sebagai salah satu film epik 2020 mendatang. Hal ini disebabkan oleh aktor dan aktris yang ikut ambil bagian dalam film ini. Mulai dari John David Washington, Robert Pattinson, Michael Caine, Elizabeth Debicki, Aaron-Taylor Johnson, hingga Clémence Poésy.

menaiki gedung dalam trailer film Tenet
via Warner Bros.

Trailer tersebut memperkenalkan karakter John David Washington sebagai protagonist cerita. Sebagai karakter utama, dia direkrut oleh sebuah organisasi rahasia yang ingin melindungi dunia dari ancaman berbahaya. Dan yang menjadi daya tarik film ini adalah kemampuan mereka untuk memanipulasi waktu.

2. Memanjat dinding

Sebagian besar film karya Christopher dimulai dengan menunjukkan lanskap perkotaan. Trailer Tenet pun dibuka dengan menunjukkan sebuah gedung. Seiring berjalannya trailer, penonton dibawa dalam adegan sinematik yang memanjakan mata, namun membingungkan dan membedakan film ini dengan film lainnya.

John David Washington karakter utama Tenet
via Warner Bros.

Adegan pembuka memperlihatkan John David Washington memanjat sebuah gedung tanpa masalah, hanya menggunakan tali yang diikat pada pinggangnya. Bukannya naik, Washington dan Robert Pattinson terbang ke atas gedung. Mereka layaknya melawan gravitasi. Jika diperhatikan lebih lanjut, terlihat bagaimana Nolan bermain dengan waktu dengan menghadirkan sequence dengan waktu yang terbalik.

3. Kapal melaju mundur

Organisasi rahasia tersebut memang tak dijelaskan secara detail dalam trailer. Tapi kemungkinan besar mereka adalah organisasi dengan skala yang besar, layaknya S.H.I.E.L.D. atau The Kingsman. Terlihat dari Washington yang dibawa ke dalam sebuah kapal setelah direkrut.

kapal yang melaju mundur
via Warner Bros.

Dan anehnya, kapal pun digambarkan sedang berjalan mundur seperti yang terlihat dari arus ombak yang terbalik dari seharusnya. Hal ini menegaskan konsep waktu yang dihadirkan dalam film Tenet berbeda dengan konsep waktu pada umumnya.

4. Lebih buruk dari Perang Dunia Ketiga

ilmuwan dalam trailer Tenet
via Warner Bros.

Adegan selanjutnya mendeskripsikan bahwa film ini akan berputar pada misi sang protagonis untuk mencegah Perang Dunia Ketiga. Bukannya mencegah perang nuklir, tapi karakter ilmuwan yang diperankan Clémence Poésy menyebutkan bahwa masalah yang akan dihadapi lebih buruk dari Perang Dunia Ketiga.

5. Kehadiran Robert Pattinson

Sebelum menjadi Bruce Wayne dalan adaptasi terbaru Batman, Robert Pattinson juga akan berperan dalam film Tenet. Kemunculannya mengenakan setelan hitam (layaknya film Nolan lainnya) dalam trailer menjelaskan bagaimana karakter Pattinson merupakan salah satu anggota organisasi yang dimasuki oleh Washington.

Robert Pattinson dalam trailer Tenet
via Warner Bros.

Pattinson dan Washington diprediksi akan tampil dalam banyak adegan yang sama. Dalam trailer, keduanya muncul dalam berbagai adegan, termasuk ketika memanjat gedung dalam adegan pertama di trailer, di ruangan dengan bekas tembakan, hingga aksi kejar-kejaran mobil.

6. Arti Tenet

Tenet bukan hanya menjadi judul atau tema dari film ini. Kata ‘Tenet’ sendiri sepertinya memiliki makna penting dalam dunia fiksi terbaru Nolan. Dalan trailer Tenet tersebut, karakter Martin Donivan menggunakan ‘Tenet’ sebagai semacam kode atau sandi penting dalam plot film.

Donovan menjelaskan tentang Tenet
via Warner Bros.

Trailer tersebut mengungkapkan bahwa Tenet akan membuka pintu-pintu tertentu, baik untuk hal baik maupun hal buruk. Masih belum jelas tentang apa yang dimaksud dengan Tenet. Dalam penggunaan sehari-hari, Tenet merujuk pada prinsip atau kepercayaan.

7. Kehadiran Michael Caine

Jika kamu perhatikan, Michael Caine menjadi satu di antara sedikit aktor yang mendapatkan tempat dalam film-film Nolan. Memerankan Alfred dalam Batman Begins dan The Dark Knight, Caine juga bisa ditemukan dalam The Prestige, Inception, Interstellar, dan menyumbangkan suaranya dalam Dunkirk.

Michael Caine
via Warner Bros.

Sedikit detail yang bisa diketahui dari karakter Michael Caine dalam trailer Tenet. Aktor legendaris ini tampaknya sedang menyantap makanan di restoran kelas atas Inggris. Caine terlihat bercakap-cakap dengan Washington. Narasinya menyiratkan bahwa karakter Caine memiliki peran yang cukup signifikan dalam film ini.

8. Kenneth Branagh sebagai main villain?

Kenneth Branagh sebagai main villain
via Warner Bros.

Seperti yang dijelaskan oleh suara Martin Donovan, Michael Caine bisa menjadi sekutu sang proagonis dalam Tenet. Lalu aktor kawakan lainnya, Kenneth Branagh, bisa menjadi penjahat utama. Dijelaskan sebagai “beberapa juga salah”, Branagh kemungkinan besar mengetahui tentang Tenet atau kemampuan memutar balikkan waktu dan menggunakannya untuk kepentingannya sendiri.

9. Kemampuan membalikkan waktu

Momen paling menegangkan dari kemampuan ‘memutar waktu’ dalam Tenet terjadi ketika kejar-kejaran mobil antara karakter Washington dan Pattinson pada bagian terakhir trailer. Beberapa adegan menunjukkan sebuah mobil terbalik. Anehnya, mobil tersebut kembali pada posisinya semula tanpa lecet.

mobil terbalik yang melawan waktu
via Warner Bros.

Tak jelas detail tentang kemampuan ini. Tapi yang mengagumkan adalah pada film bertemakan waktu lainnya, biasanya semua kejadian terulang. Hanya saja, kali ini waktu bergerak maju pada dua pemeran utama, tapi bergerak mundur pada mobil tersebut. Bagaimana cara mereka melakuannya? Seberapa besar kendali yang mereka miliki atas kemamuan tersebut?

10. Melihat ‘hal yang belum terjadi’

Di akhir trailer, penonton akan dibawa pada kesimpulan perjalanan ‘memutar waktu’ milik Tenet. Adegan terakhir menggambarkan Washington dan Pattinson memasuki sebuah ruangan berdinding kaca yang terkena bekas tembakan peluru. Namun karakter Washington menjelaskan bahwa kejadian tersebut “belum terjadi”.

jendela kaca yang terkena peluru
via Warner Bros.

Adegan ini menjelaskan bahwa peraturan dalam film Tenet bersifat unik. Mereka bisa melihat sebuah peristiwa yang belum terjadi. Misalnya melihat darah pada baju korban bahkan ketika dia belum ditembak. Hal ini pun sejalan dengan tagline Tenet, “Time Runs Out” (Waktu Segera Habis).

Masih banyak plot cerita yang masih misterius dalam video berdurasi 2 menit 1 detik yang dipublikasikan tiga hari lalu. Tapi beberapa adegan dalam trailer Tenet menghadirkan sudut pandang baru terhadap film fiksi ilmiah dari Nolan ini. Jelas terasa kemiripan dengan Memento dan Inception. Tenet sendiri baru akan dirilis pada 16 Juli 2020 mendatang.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply