Review Film Bombshell (2019): Dokudrama Gerakan #MeToo yang Kurang Greget

Charlize Theron, Nicole Kidman, dan Margot Robbie; tiga bombshell dunia nyata berkumpul di satu film tentang skandal seksual di dunia pertelevisian. Sutradara Jay Roach tampaknya berusaha menggunakan pola film The Big Short, namun dengan hasil yang kurang memuaskan.

Megyn Kelly (Charlize Theron) adalah penyiar berita wanita populer yang baru saja terkena publisitas buruk karena menyerang Trump di sebuah debat politik. Sebaliknya karir Gretchen Carlson (Nicole Kidman) seakan di ujung tanduk setelah dipindahkan ke segmen sore yang sepi penonton dan rendah rating. Sementara Kayla Pospisil (Margot Robbie) adalah produser berita muda ambisius yang ingin menjadi penyiar berita di FOX News. FOX, sebuah stasiun TV berita yang terkenal dengan opini yang condong ke nilai-nilai konservatif Amerika dan adalah rahasia umum jika sang CEO, Roger Ailes (John Lithgow), suka menjual sensualitas wanita. “Ini adalah industri visual,” adalah ucapan yang sering ia ulangi.

Gretchen akhirnya menuntut orang paling tinggi itu setelah ia dipecat. Ia merasa karirnya disabotase karena tidak mau berkompromi dan menolak ajakan Roger Ailes untuk berhubungan seksual.

Karakter-karakter yang kuat

Charlize Theron dan John Lithgow sangat mendalami perannya. Theron bahkan tampak mirip Megyn Kelly di dunia nyata baik visual maupun caranya berbicara. Dan John Lithgow tidak tampak sama sekali seperti dirinya; raut wajahnya di adegan bersama Kayla Pospisil sangat intens dan membuat penonton mengerti tanpa harus ada kata-kata.

bombshell movie review

Sayangnya peran Kidman tampak tidak signifikan di sini, sementara film Bombshell berpusat pada tuntutan Gretchen kepada Ailes. Kisah Gretchen tampak dikesampingkan bahkan jika dibandingkan dengan cerita Pospisil. Sedangkan Pospisil adalah karakter rekaan saja.

Kurang dokumenter dan kurang drama

Penulis naskah Charles Randolph tampak menggunakan cara bercerita yang sudah terbukti sukses di film terdahulunya: The Big Short. Menggabungkan genre dokumenter dengan drama agar penonton tidak bosan.

review film bombshell

Sayangnya, ia kurang berhasil di film ini, karena tidak seperti di The Big Short, ia kurang menampilkan data dan detail. Dua hal utama di film genre ini. Porsi dramanya juga berkurang dengan kisah seputar Gretchen yang tidak dikupas lebih dalam.

Subjek kompleks namun kurang dikupas dengan dalam

Skandal Roger Ailes adalah satu dari beberapa skandal pelecehan seksual besar di Amerika. Seperti kasus Harvey Weinstein, skandal ini mungkin bisa ditarik mundur sampai ke tahun awal ia menjadi petinggi Fox News. Sebuah isu yang komplek dan mustahil untuk dikupas seluruhnya dalam film berdurasi dua jam. Pilihan Bombshell untuk fokus ke beberapa kejadian dan korban sudah tepat. Namun sayangnya tidak disertai dengan detail yang lebih mendalam. Akan lebih menarik jika di film ini Charles Randolph memutuskan untuk lebih condong lagi di sisi dokumenter.

Rating: 6.5

Genre: Drama

Sutradara: Jay Roach

Bintang: Charlize Theron, Nicole Kidman, Margot Robbie

Review Overview
  • 6.5/10
    Film Oke - 6.5/10
6.5/10

Summary

Pilihan Bombshell untuk fokus ke beberapa kejadian dan korban sudah tepat. Namun sayangnya tidak disertai dengan detail yang lebih mendalam. Akan lebih menarik jika di film ini Charles Randolph memutuskan untuk lebih condong lagi di sisi dokumenter.

Sending
User Review
0/10 ( votes)