Categories
Daftar Editor Choice Film

Rekomendasi Film Apocalypse Terbaru, Pilih yang Lucu atau Menegangkan

Ada banyak film apocalypse terbaru dengan berbagai genre dan bisa kamu tonton untuk menemani waktu di rumah. Sebagian besar menghadirkan pengalaman yang menegangkan, namun yang lainnya dibuat unik dan bergaya komedi. Ini dia 10 rekomendasi film dengan tema apokalips dari Mariviu.

1. Interstellar (2014)

Film fiksi ilmiah yang epik ini merupakan representasi lainnya sutradara ternama Christopher Nolan terhadap waktu. Film ini mengisahkan di mana Bumi tak lagi bisa dihuni, sehingga pilot ex-NASA, Cooper (Matthew McConaughey) ditugaskan untuk mencari planet baru yang layak huni.

film apocalypse terbaru Interstellar
via Paramount Pictures

Cooper yang berada di planet lain dengan waktu yang lebih lambat dibandingkan di bumi, dimana 1 jam di planet tersebut sama dengan 7 tahun di Bumi. Interstellar disebut sebagai film Nolan paling emosional, mengingat adegan terakhir dimana Cooper dan sang anak yang tumbuh dewasa memberikan emosi tersendiri.

2. Dawn of the Planet of the Apes (2014)

Baik film asli maupun versi reboot dari Planet of the Apes menawarkan cerita apokaliptik, termasuk scene terakhir yang paling terkenal dari film 1968 dan callback yang menawan dari Escape from the Planet of the Apes tahun 1971.

Kamu akan dihadapkan pada penggambaran sinematik yang tak terlupakan dari masa depan di mana umat manusia telah digantikan oleh monyet. Apalagi film terbarunya di tahun 2014 ini menghadirkan adegan menggunakan spesial efek yang serba halus, termasuk gerak realistis Andi Serkis sebagai simpanse bernama Caesar.

3. Mad Max: The Fury Road (2015)

Tak jarang sekuel film lama dikembangkan kembali tapi malah meredup ketika dibawa ke penonton yang lebih muda. Tapi berbeda halnya dengan The Fury Road yang menjadi sekuel keempat dari waralaba Mad Max yang bahkan menyabet 6 Oscar, termasuk Best Film Editing dan Best Costume Design.

BACA JUGA  Rekomendasi Film Post-Apocalypse Berdasarkan Penyebabnya

Film ini menceritakan tentang Max yang percaya cara terbaik untuk bertahan hidup adalah dengan mengembara sendiri. Namun ia terjebak dalam pertempuran besar di era post-apokalips. Film distopia ini bahkan disebut sebagai salah satu film terbaik di tahun 2010-an.

4. Train to Busan (2016)

Film thriller dengan tambahan zombie ini mencetak berbagai rekor di Korea Selatan, termasuk pendapatan tertinggi di pemutaran di hari perdana. Film ini menceritakan tentang seorang ayah yang melakukan segala cara untuk menyelamatkan anaknya ketika mereka terjebak di dalam sebuah kereta penuh zombie.

film apocalypse terbaru Train to Busan
via Next Entertainment World

Bukan hanya dipenuhi aksi dan thriller yang mendebarkan, film ini dibintangi oleh berbagai aktor kenamaan Korea. Di antaranya seperti Gong Yoo, Choi Woo-shik yang populer di film Parasite (2019), dan Ma Dong-seok yang siap berperan bersama Angelina Jolie di entry terbaru Marvel, Eternals (2021).

5. A Quiet Place (2018)

Entry keduanya baru saja dirilis, film apocalypse karya John Krasinski ini memang memiliki premis yang menarik: bagaimana jika Bumi diserang oleh monster mematikan yang sangat peka dengan suara. Sehingga setiap manusia yang selamat harus membuat suara seminim mungkin agar terhindar dari monster yang bergerak cepat ini.

Ketika pertama kali dirilis, film ini langsung populer karena menghadirkan suasana sunyi di dalam bioskop. Bahkan di adegan awal saja film ini menanamkan ketakutan kepada penonton di mana suara sekecil apa pun bisa mengundang monster. A Quiet Place adalah salah satu rekomendasi film terbaik bertema apolcalypse yang menegangkan dari awal hingga akhir.

6. Alita: Battle Angel (2019)

Penggemar genre cyberpunk tentunya akrab dengan film ini. Live action dari komik Battle Angel Alita dan film animasi Battle Angel (1993) ini menggambarkan kehidupan manusia di masa post-apokalips. Budgetnya masih misterius. Tapi tentunya dana besar telah disalurkan mengingat rangkaian aktor yang turut membintangi film ini, lengkap dengan CGI dan latar yang detail.

BACA JUGA  Tak Kalah dari Hollywood, Ini 12 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Fiksi Ilmiah

Film ini menceritakan tentang Alita, seorang cyborg yang dihidupkan kembali oleh seorang dokter bernama Ido. Bukan hanya sekadar robot, Alita merupakan cyborg tempur yang memiliki kekuatan besar, namun lupa akan masa lalunya.

7. #Alive (2020)

Satu lagi film Korea bertemakan zombie yang bisa kamu tonton di Netflix. Dibintangi oleh Park Shin-hye dan Yoo Ah-in, film thriller ini mengisahkan tentang sebuah kota yang sedang diserang oleh zombie. Dan dua karakter protagonist ini berada di dua apartemen yang saling berseberangan.

Menggambarkan situasi di masa pandemi, film ini mengisahkan bagaimana kedua karakter tersebut bertahan hidup dengan hanya berada di dalam rumah. Menghadirkan cerita yang termasuk segar untuk sekelas thriller bertemakan zombie.

8. The Mitchells vs. The Machines (2021)

Ada banyak film bertemakan apokalips yang mengambil latar animasi, salah satunya The Mitchells vs. The Machines. Urusan tampilan tak perlu diragukan lagi. Film yang dikembangkan oleh studio di balik Spider-Man: Into the Spider Verse (2018) ini memang menghadirkan gambar yang menawan dengan perpaduan teknik 2D dan 3D.

Menceritakan tentang bagaimana robot mengurung semua manusia yang ada di muka bumi, film ini menggabungkan palet yang cerah dengan cerita ringan, heart-warming, dan animasi yang meledak-ledak. Menjadikannya salah satu film apocalypse terbaru yang bisa kamu tonton bersama keluarga.

9. How It Ends (2021)

Salah satu film apocalypse terbaru yang menjadi pilihan di Sundance Film Festival 2021. Ceritanya pun terbilang surreal: seorang wanita yang ingin menghadapi semua hal yang membuatnya menyesal di hari terakhir Bumi sebelum dihantam asteroid.

Berbeda dengan film bertemakan “akhir dunia” lainnya, How It Ends menghadirkan pemandangan yang cerah dan ditawarkan dengan genre drama komedi. Diambil di masa karantina Amerika tahun 2020, film ini menampilkan jalanan kosong yang meresapi kota pantai Los Angeles.

BACA JUGA  Apa yang Terjadi Pada Marvel Cinematic Universe setelah Avengers 4?

10. Army of the Dead (2021)

Dan penutup rekomendasi film apocalypse terbaru ini adalah entry paling anyar Zack Snyder yang penuh warna dan aksi. Proyek senang-senang ini menandai karya terbaru Snyder setelah berhasil mengabulkan permintaan penggemar DC dengan merilis versi panjang dari ‘pasukan keamanan’ DC dengan tambahan titel Zack Snyder’s Justice League (2021).

Bukan Zack Snyder namanya jika tanpa adegan baku hantam yang spektakuler dan penuh ketegangan. Film orisinil Netflix ini menghadirkan kreasi Snyder dengan mengambil tema zombie yang menguasai Las Vegas, kota yang tak pernah mati. Deretan aktor kenamaan menghiasi film tentang perampokan di tengah lautan zombie.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply