Categories
Film News

Jadwal Film Marvel Hingga 2023 dan Kelanjutan Phase 4 MCU

Setelah sempat tertunda akibat pandemi, Marvel Entertainment akhirnya merilis jadwal film Marvel Phase 4 untuk tahun ini hingga tiga tahun ke depan. Berawal dari sebuah mega trailer dari Marvel, 10 film Marvel selanjutnya mendapatkan jadwal tayangnya (semoga tak ditunda akibat pandemi (lagi!)). Berikut beberapa jadwal terbaru dan kabar terbaru dari film selanjutnya dari Phase 4.

1. Black Widow (9 Juli 2021)

Sudah lebih dari setahun bagi Natasha Romanoff mendapatkan film solo pertamanya di Marvel Cinematic Universe. Menjadi film superhero wanita pertama dari Marvel Studios, Black Widow awalnya dipersiapkan sebagai film pembuka dari Marvel Phase 4. Ada banyak hal yang akan diperlihatkan, mulai dari masa lalu Natasha, hingga kemungkinan sang pengganti, Yelena Belova, yang diperankan oleh Florence Pugh.

Film ini berlatar di antara peristiwa Captain America: Civil War (2016) dan Avengers: Infinity War (2018). Sebagian besar mengambil tempat di Eropa, dimana Natasha harus menghadapi masa lalunya, termasuk mengenal lebih dekat Red Room yang menjadi tempat kelahiran Black Widow. Selain memperkenalkan David Harbour sebagai Red Guardian, karakter villain Taskmaster juga mendapatkan debut Marvel perdananya.

2. Shang Chi and the Legends of Ten Rings (3 September 2021)

Sudah waktunya Marvel mengungkapkan superhero berdarah Asia pertamanya di layar lebar, yaitu Shang Chi. Sebenarnya karakter ini sudah muncul dalam komik pada 1973 lalu. Dan film ini merupakan yang pertama bagi Marvel membawa tema kung fu, mengingat Shang Chi dikenal sebagai seorang ahli bela diri.

Seperti judulnya, Shang Chi akan berhadapan langsung dengan organisasi penjahat atau teroris bernama Ten Rings yang dipimpin oleh The Mandarin yang asli (diperankan oleh Tony Leung), bukannya versi boneka yang diperankan Bens Kingsley pada Iron Man 3 (2013). Menariknya, Shang Chi merupakan anak dari Wenwu a.k.a The Mandarin. Walaupun Marvel sepertinya mempersiapkan kejutan lain mengenai hubungan superhero-villain ini.

3. The Eternals (5 November 2021)

Bahkan belasan film yang sudah diproduksi Marvel Studio hanya menyentuh permukaan dari keseluruhan cerita Marvel Comics. Selain Guardians of the Galaxy dan Avengers, ratusan karakter yang menunggu debut layar lebarnya. Dan Eternals bisa mengeksplorasi karakter baru yang lebih mencengangkan dari yang pernah ditampilkan di MCU.

BACA JUGA  Yang Baru di Serial Marvel Disney+: Dari Loki hingga Ms. Marvel
The Eternals
via Marvel

Menggandeng sutradara yang baru saja memenangkan Oscar sebagai Sutradara Terbaik dalam film Nomadland (2020), Chloe Zhao, The Eternals menceritakan tentang sekelompok makhluk yang diciptakan oleh makhluk abadi, Celestial. Proyek mega bintang ini juga menggandeng nama besar, seperti Angelina Jolie, Kit Harington, Salma Hayek, Gemma Chan, Ma Dong Seok, hingga Kumail Nanjiani.

4. Spider-Man: No Way Home (17 Desember 2021)

Penutup MCU tahun ini, film yang dikembangkan bersama Sony ini akhirnya terjadi setelah berbagai kendala: perselisihan kontrak antara Marvel Studios dan Sony terhadap karakter favorit mendiang Stan Lee itu. Hingga (kabarnya) sang bintang Tom Holland pun membujuk kedua belah pihak guna menyelesaikan sengketa tersebut.

Spider-Man: No Way Home
via Marvel

Jon Watts kembali ke kursi sutradara untuk ketiga kalinya, menyelesaikan kisah yang tertunda tentang bagaimana terbongkarnya identitas Peter Parker sebagai Spider-Man di akhir Spider-Man: Far from Home (2019). Tak kalah menariknya, Jamie Foxx yang menjadi Electro pada The Amazing Spider-Man 2 (2014) dan Alfred Molina selaku Doc Ock dari Spider-Man 2 (2004) dipercaya kembali dalam karakter mereka di film ini. Termasuk kabar kemunculan Tobey Maguire dan Andrew Garfield!

5. Doctor Strange in the Multiverse of Madness (25 Maret 2022)

Mengatasi kejenuhan dari mewabahnya film superhero, Marvel pun mengembangkan film mereka dengan berbagai cara, termasuk membawa genre horror. Dan sekuel Doctor Strange disebut sebagai pertemuan kedua Sam Raimi dengan Marvel setelah sebelumnya mengepalai tiga film Spider-Man yang fenomenal di era 2000-an.

Doctor Strange and the Multiverse of Darkness
via Marvel

Belum disebutkan antagonis utama dari film ini, namun Benedict Cumberbatch akan kembali memerankan sang Sorcerer Supreme, dibantu dengan kedatangan Wanda Maximoff yang sekarang menggunakan nama Scarlet Witch paska berakhirnya serial WandaVision (2021). Tak ketinggalan karakter baru Miss America Chavez, superhero yang mendapatkan kekuatannya dari Utopian Parallel.

6. Thor: Love and Thunder (6 Mei 2022)

Bagi kamu yang belum tahu, Chris Hemsworth menyebutkan bahwa ia tak terlalu menyukai film Thor pertama. Dan kini, Thor merupakan superhero Marvel pertama yang mendapatkan empat film solo setelah kesuksesan, baik secara komersial dan kritik, dari Thor: Ragnarok (2017). Pengalamannya dengan sutradara Taika Waititi ketika membuat Ragnarok mengubah segalanya.

BACA JUGA  Miles Morales Menjadi Spider-Man dalam Spider-Man: Into the Spider-Verse
Thor: Love and Thunder
via Marvel

Kini Marvel menggandeng kembali Waititi untuk mengarahkan bab selanjutnya dari si Dewa Petir. Telah dikonfirmasi bahwa film ini mengambil cerita setelah Avengers: Endgame (2019), dimana Thor kembali bergabung dengan Guardian of the Galaxy. Natalie Portman kembali memerankan Jane Foster, yang nantinya akan berubah menjadi the Mighty Thor. Serta mantan Batman, Christian Bale, yang akan memainkan antagonis Gorr the God Butcher.

7. Black Panther: Wakanda Forever (8 Juli 2022)

Agustus 2020, orang-orang diguncang oleh cerita Chadwick Boseman yang meninggal dunia setelah lama berjuang melawan kanker usus selama 4 tahun. Sementara itu, ia berhasil menyelesaikan Black Panther (2018), Avengers: Infinity War, dan Endgame. Black Panther 2 pun semakin tak jelas, kehilangan karakter utamanya,

Black Panther Wakanda Forever
via Marvel

Ryan Coogler yang kembali sebagai sutradara, harus memutar otak bagaimana melanjutkan warisan Chadwick dengan janji tidak akan menggantikan karakter T’Challa. Selain kembalinya Lupita Nyong’o, Danai Gurira, Letitia Wright, dan Winston Duke, masih belum ada kejelasan tentang kemana Coogler akan membawa naskah film ini.

8. The Marvels (11 November 2022)

Mengingat Captain Marvel merupakan film origin superhero tersukses Marvel, Captain Marvel 2 sudah mendapatkan lampu hijau bahkan sebelum filmnya ditarik dari bioskop di seluruh dunia. Hanya saja belum ada kejelasan mengenai jadwal film Marvel satu ini. Tapi kali ini penggemar harus menunggu hingga 2022 sebelum melihat Brie Larson kembali memerankan Carol Danvers, si pahlawan antar galaksi.

The Marvels
via Marvel

Nia DaCosta, sang sutradara Candyman (2021), akan mengambil alih kemudi dengan cerita yang masih belum dikonfirmasi. Namun seperti judulnya, akan ada lebih banyak “Marvel” yang dimunculkan, seperti Monica Rambeau versi dewasa yang mendapatkan kekuatannya pada WandaVision, maupun Iman Vellani yang menjadi Ms. Marvel siap mendapatkan seri Disney+ sendiri di akhir tahun nanti.

9. Ant-Man and the Wasp: Quantumania (17 Februari 2023)

Nama Ant-Man memang tak setenar superhero Marvel lainnya. Tapi Ant-Man and the Wasp (2018) menjadi iterasi yang menyegarkan dalam keberlanjutan MCU. Meski memiliki basis penggemar yang cukup banyak, namun baru pada April 2020 lalu Marvel Studios mengungkapkan bahwa mereka sedang dalam proses awal untuk mengembangkan film ketiga dari Scott Lang dan Hope van Dyne ini.

BACA JUGA  Review Film Enola Holmes (2020): Lahirnya Kisah Detektif Muda Baru
cover Ant-Man and the Wasp Quantumania
via Marvel

Kembali menggaet Paul Rudd dan Evangeline Lilly sebagai pemeran utama, aktor kawakan Michael Douglas dan Michelle Pfeiffer ikut turut serta. Jonathan Majors yang membintangi Da 5 Blood (2020) datang sebagai antagonis Kang the Conqueror. Melanjutkan tren regenerasi superhero Marvel, Kathryn Newton yang memerankan Cassie Lang dipersiapkan untuk karakter superhero baru.

10. Guardian of the Galaxy Vol. 3 (5 Mei 2023)

Sayangnya kita harus menunggu dua tahun lagi sebelum edisi ketiga dari gabungan kelompok penjelajah luar angkasa ditayangkan di bioskop (tentu saja jika tanpa penundaan). Perjalanan Vol. 3 pun berliku. Awalnya dipersiapkan di bagian awal Marvel Phase 4, kontroversi tweet lama James Gunn merusak hubungan kedua belah pihak. Tapi setelah Gunn menyetujui memimpin The Suicide Squad (2021), Marvel kembali menunjukan Gunn sebagai sutradara Vol. 3.

Guardian of the Galaxy Vol. 3
via Marvel

Gunn sebelumnya menyebutkan bahwa edisi ketiga akan menjadi akhir dari tim Guardian. Sayangnya belum ada laporan mengenai bagaimana Star-Lord, Gamora, Dax, Rocket, Groot, Nebula, dan Mantis akan berakhir. Sedang untuk pemeran, sebagian besar karakter lama dipastikan kembali, mengingat tak ada aktor lain yang memiliki tersandung kasus (semoga!).

11. Fantastic Four (TBA)

Setelah penggabungan Disney-Fox selesai, hanya masalah waktu bagi Marvel Studios untuk memasukkan salah satu kelompok superhero pertama Marvel ke dalam MCU. Apalagi mengingat sebagian besar adaptasi Fantastic Four tak pernah memenuhi harapan (kecuali mungkin keberhasilan/keseksian Jessica Alba sebagai Sue Storm di film pertama (2005)).

Fantastic Four Marvel
via Marvel

Tak banyak yang bisa disebut dari iterasi perdana Fantastic Four bergabung dengan superhero di semesta sinematik Marvel lainnya. Apalagi aktor yang siap memerankan Reed Richard, Sue, Johnny Storm dan ben Grim. Kabar terbaru mengungkapkan Jon Watts akan ditunjuk sebagai sutradara. Dan tentu saja Fantastic Four akan menjadi jembatan untuk kemunculan salah satu villain ikonik Marvel, Dr. Doom.

Semua jadwal film Marvel di atas memang sudah ditetapkan Marvel Studios dan Disney. Walaupun tak menutup kemungkinan beberapa film akan ditunda sehubungan dengan pandemi COVID-19 yang masih merajalela. Atau langsung di bawa ke layanan streaming Disney Hotstar layaknya film 2020 lainnya.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply