Penjelasan Ending WandaVision dan Kontinuitas Marvel Cinematic Universe

Full Spoiler! Artikel ini berisi ending WandaVision episode 9

cover ending WandaVision

Ending WandaVision menyisakan lebih banyak pertanyaan dibandingkan jawaban. Ada banyak teori yang terpatahkan, seperti karakter Pietro dalam WandaVision yang ternyata hanya seorang warga WestView biasa serta kemunculan Mephisto yang tak terbukti. Tapi mid-credit dan post-credit WandaVision masih tetap menarik untuk diperbincangkan.

Permulaan Secret Invasion?

Pada adegan mid-credit WandaVision, Monica Rambeau sepertinya akan memiliki peran besar dalam kontinuitas Marvel Cinematic Universe. Dalam adegan tersebut, Monica terlihat dipanggil ke dalam sebuah teater oleh seorang agen FBI yang ternyata merupakan seorang bangsa Skrull yang sedang menyamar.

Monica Rambeau sebagai Photon
via Disney+

Alien pengubah bentuk ini pertama kali diperkenalkan di Captain Marvel. Dalam versi komiknya, Skrull dijelaskan sebagai penjahat yang diperangi oleh Avengers. Berbeda dengan MCU, dimana Skrull terlihat membantu Nick Fury di sebuah kapal ruang angkasa yang berada di atas Bumi dalam post-credit Spider-Man: Far from Home (2019).

Agen tersebut mengungkapkan bahwa ia dikirim oleh “teman ibu Monica”, kemungkinan besar Nick Fury. Peristiwa ini diprediksi merupakan bagian dari awal seri Secret Invasion yang akan ditayangkan di Disney+. Samuel L. Jackson dan Ben Mendelsohn yang memerankan Thalos dikonfirmasi mengambil bagian dalam seri ini.

Secret Invasion Marvel Comics
via Disney+

Secret Invasion sendiri merupakan alur cerita dalam buku komik Marvel tentang pertarungan antara Avengers dan bangsa Skrull yang ingin menginvasi Bumi. Saat ini, belum ada detail lebih lanjut mengenai alur cerita, tapi Monica yang sudah mendapatkan kekuatan (di dalam komik dikenal dengan nama Photon) diprediksi akan memerankan peran penting dalam serial tersebut.

Post credit WandaVision

Jauh sebelum WandaVision dirilis, banyak yang berspekulasi bagaimana Marvel akan membawa Wanda ke film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022). Pasalnya sekuel Doctor Strange ini disebut-sebut akan membuka lebar konsep realitas parallel dari MCU. Hingga akhirnya post credit WandaVision episode 9 ditayangkan.

kabin dalam seri WandaVision
via Disney+

Dalam adegan post credit tersebut, Wanda berada di kabin terpencil di dekat danau (berbeda dari Thanos yang mengasingkan diri ke pesawahan) Kabin tersebut merupakan penghormatan terhadap Evil Dead, seri film zombie yang disutradarai oleh Sam Raimi. Raimi nantinya akan menyutradarai Multiverse of Madness(!).

Wanda terlihat sedang mempelajari lebih lanjut tentang kekuatan Scarlet Witch dari buku sihir Darkhold kepunyaan Agatha Harkness. Dalam Marvel Comics, Darkhold awalnya merupakan tulisan Elder God bernama Chthon. Isinya mengenai berbagai matra jahat dan warisan kekuatan Chthon.

buku Darkhold dalam ending WandaVision
via Disney+

Namun dalam seri Agent of S.H.I.E.L.D., Darkhold dideskripsikan sebagai buku kuno berisi mantra dengan kekuatan tak terkalahkan dan pengetahuan yang tak terbatas. Buku ini diperkirakan diciptakan dari materi Dimensi Gelap (Dark Dimension). Darkhold sering menarik perhatian penjahat seperti Dormammu yang berada dalam Dimensi Gelap.

Menariknya, Wanda menggunakan kekuatan seperti Doctor Strange untuk memahami isi buku tersebut. Namun yang berbeda, energi yang dikeluarkannya berwarna merah, sedang Dr. Strange memiliki energi berwarna hijau.

Wanda dalam ending WandaVision
via Disney+

Di ending WandaVision, terdengar sayup-sayup suara Tommy dan Billy. Apakah mereka terperangkap di dalam Dimensi Gelap atau terlempar ke realitas lain yang tercipta oleh Wanda? Ini menjadi cliffhanger untuk iterasi MCU selanjutnya.

Tak menutup kemungkinan Wanda akan menemui Dr. Strange untuk menyelamatkan si kembar atau mereka bertemu ketika Dr. Strange sedang meneliti Dimensi Gelap. Apa pun itu, jawabannya bisa terlihat di film kedua Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang rencananya dirilis Maret 2022 mendatang.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply