Penjelasan Ending WandaVision Episode 5: Cameo Besar di MCU

Artikel ini berisi spoiler dari serial WandaVision episode 5

logo WandaVision

Ada banyak hal yang terjadi di ending WandaVision episode 5. Serial Disney+ ini mulai membeberkan rahasia dari apa yang sebenarnya terjadi di Westview, termasuk bagaimana Wanda menghidupkan Vision yang sudah mati. Namun yang paling heboh tentu saja kehadiran cameo spesial yang muncul di akhir cerita.

Ending WandaVision episode 5

Dalam episode kali ini, Vision mulai yakin bahwa ada yang salah dengan Westview dan apa yang ada di dalamnya ketika ada e-mail dari S.W.O.R.D. serta pada saat dia bertanya kepada Norm, rekan kerjanya. Selain itu, Wanda juga keluar dari The Hex dan menemui tentara S.W.O.R.D. Menegaskan bahwa Wanda selama ini yang menjadi dalang di balik semua yang terjadi.

ending WandaVision episode 5
via Disney+

Adegan lain dalam serial ini mengungkapkan bahwa apapun yang dilakukan Wanda terhadap penduduk dan semua yang terjadi di Westview adalah realitas, bukannya ilusi seperti sebelumnya. Contohnya pakaian Monica yang awalnya rompi Kevlar berubah menjadi pakaian tahun 70-an.

Menjelang akhir, Vision bertanya kepada Wanda tentang apa yang dilakukannya terhadap penduduk Westview. Wanda mencoba mengelak dan membuat credit roll mengalir. Namun Vision menolak untuk mengakhiri episode ini dan menonton TV seperti sebelumnya. Hingga akhirnya bel berbunyi dan di depan pintu sudah ada karakter lain, yaitu saudara kembar Wanda, Pietro.

Kemunculan X-Men di MCU?

Pietro yang diperankan oleh Aaron Taylor-Johnson dalam MCU sudah lebih dulu meninggal ketika melindungi Hawkeye dalam film Avengers: Age of Ultron (2015). Dan menariknya, Pietro yang muncul pada ending WandaVision episode 5 diperankan oleh Evan Pieters, sosok yang memerankan Quicksilver dalam iterasi X-Men milik 20th Century Fox.

Quicksilver E-Men
via 20th Century Fox

Benarkah Pietro hidup kembali? Dengan kekuatan (?) Wanda menghidupkan Vision, hal ini tak menjadi masalah. Berdasarkan penelitian S.W.O.R.D, semua yang dibuat Wanda dalam The Hex adalah nyata, termasuk kedua anaknya.

Mengingat kemampuan Wanda untuk “menulis kembali realitas,” kemunculan wajah baru Pietro tentu saja mempertebal asa hadirnya karakter X-Men milik Fox lainnya di MCU. Apalagi akuisisi Fox oleh Disney membuat keinginan penggemar melihat kolaborasi properti Marvel ini semakin santer digaungkan.

Meski tak menutup kemungkinan semua, atau sebagian besar, pemeran X-Men akan di-cast ulang. Sayangnya Marvel, khususnya Kevin Feige, beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa belum ada rencana Disney untuk memasukkan film X-Men ke semesta Marvel dalam waktu dekat.

Spider-Man: Into the Spider Verse
via Sony

Alternate universe atau alam semesta alternatif merupakan komponen standar buku komik. Konsep multiverse sendiri sudah pernah diperkenalkan dalam Spider-Man: Into the Spider Verse (2018). Tak menutup kemungkinan Marvel akan membawa realitas berbeda untuk memperkenalkan X-Men. Apalagi ada nama Olsen sebagai Wanda Maximoff dalam Dr. Strange 2 yang berjudul Multiverse of Madness.

Berkaitan dengan Mephisto?

Tak sedikit yang percaya kehadiran Pietro merupakan bagian dari cara Mephisto menunjukkan dirinya. Mephisto sendiri adalah makhluk dimensi lain yang sering dianggap sebagai Satan. Ia kerap menawarkan untuk mengabulkan permintaan dengan mengambil hal yang ia suka. Mephisto menghilangkan pernikahan Peter dan Mary Jane ketika Peter meminta untuk menghidupkan kembali Aunt May dalam kisah One More Day.

Mephisto
via Marvel

Mephisto bahkan pernah bersinggungan dengan kehidupan Wanda dan Vision. Dalam cerita komik The Vision and the Scarlet Witch, Wanda tanpa sadar menggunakan fragmen jiwa Mephisto saat menciptakan anak-anaknya, Thomas dan William. Mephisto diprediksi sebagai karakter villain yang akan menjadi musuh besar Avengers setelah Thanos.

Banyak teori yang menyebutkan Mephisto memanipulasi Wanda untuk menciptakan realitas baru di Westview. Beberapa penggemar menemukan tangan berwarna merah (atau abu-abu) yang terlihat dari refleksi tangan Pietro. Gambaran ini menandakan Pietro adalah penjelmaan dari Mephisto, mengingat Wanda terkejut ketika mengetahui Pietro masih hidup. Mengindikasikan kedatangan Pietro bukan bagian dari rencananya.

ending WandaVision episode 5
via Twitter

Namun semua itu masih belum dikonfirmasi oleh Marvel. Masih banyak pertanyaan yang baru akan terjawab hingga 4 episode selanjutnya dari serial WandaVision. Tapi kemunculan Evan Pieters sebagai Pietro/Quicksilver membuat asa penggemar Marvel melihat punggawa X-Men di MCU semakin besar.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply