Review Film Without Remorse (2021): Plot Berantakan Terhalang Durasi

Awal buruk dari franchise Tom Clancy dari Amazon

cover film Without Remorse

Di era tahun 1990-an, film adaptasi dari buku Tom Clancy sering menjadi perbincangan. Dan kali ini, Amazon menggandeng sutradara Stefano Sollima dan Michael B. Jordan untuk mengembangkan, film Without Remorse, adaptasi novel terbitan 1993 silam.

Without Remorse menceritakan tentang anggota Navy SEAL Amerika, John Clark (Michael B. Jordan), yang bertugas untuk menyelamatkan seorang agen di Aleppo, Suriah. Bukannya prajurit Suriah, ternyata agen tersebut disandera oleh tentara Rusia.

Michael B. Jordan
via Amazon Prime

Clark dan pasukannya berhasil menyelamatkan sang agen. Tapi ketika kembali ke rumah mereka masing-masing, pembunuh misterius mulai menghabisi anggota SEAL satu per satu. Meski John selamat dari percobaan tersebut, sang istri yang sedang mengandung harus menjadi korban. Dan ia pun berusaha mengetahui siapa pembunuh tersebut.

Cerita terhalang durasi

Misi balas dendam menjadi bagian penting dalam keseluruhan cerita film ini. Apalagi ada banyak adegan aksi yang hampir memenuhi keseluruhan film. Sollima terasa ingin mengembangkan franchise baru Tom Clancy untuk Amazon Prime.

Hanya saja pengembangan plot terasa dangkal. Tak ubahnya seperti film Hollywood kelas menengah, atau bisa ditemukan pada film Netflix lainnya yang bertujuan untuk sekadar hiburan. Walaupun menghadirkan banyak lokasi, dari Aleppo di Suriah, Rusia, hingga California, latar tempat hanya dijadikan sebagai hiasan.

John Clark Without Remorse
via Amazon Prime

Sisi imajinatif Sollima yang juga menyutradarai Scario: Day of the Soldado (2018) patut diapresiasi. Susunan pertarungan dan baku tembak yang cukup menghibur, termasuk kecelakaan pesawat di atas air layaknya Titanic yang menegangkan cukup menyenangkan untuk ditonton.

Dari segi cerita, durasi yang terkesan pendek untuk sekelas film thriller bermuatan politis terkesan menjemukan. Pace yang berantakan, terlalu menonjolkan adegan baku hantam tanpa fokus terhadap pengembangan cerita dari pertengahan. Berdampak pada third act yang membosankan.

Michael B. Jordan dalam film Without Remorse
via Amazon Prime

Tapi kehadiran Michael B. Jordan serta rangkaian adegan aksi menjadikan daya tarik tersendiri. Memang karakter utama Clark tak ditulis dengan baik, lengkap dialog yang terkesan cheesy, tapi Jordan memberikan performa yang meyakinkan sebagai tulang punggung film ini.

Tanpa unsur politis khas Tom Clancy

Kekuatan terbesar film perang (atau film aksi) sebagian besar terkandung pada unsur politik yang disematkan. Tapi di balik sisi politis yang selalu dimunculkan oleh Tom Clancy dalam setiap novelnya, Without Remorse gagal membawa dimensi baru dalam karakter berkulit hitam di tengah isu rasisme yang berkembang di Amerika.

Jodie Turner-Smith dan Michael B. Jordan
via Amazon Prime

Meski masih mempertahankan tema pengkhianatan khas Tom Clancy, Without Remorse terlalu rumit untuk skenario yang sederhana dan durasi yang singkat. Mengingat ada lebih banyak narasi yang bisa diangkat dari karakter utama berkulit hitam yang belum pernah dilakukan dalam versi novelnya.

Film Tom Clancy’s Without Remorse bisa menjadi alternatif tontonan bagi penggemar spionase garis keras novelis Amerika tersebut. Atau sekadar pengusir sepi ketika sedang mencari-cari seri baku hantam. Namun untuk sekelas thriller, ada lebih banyak film bagus yang bisa kamu tonton.

Rating: 5,5/10

Genre: Drama, Aksi

Sutradara: Stefano Sollima

Penulis: Taylor SheridanWill Staples

Aktor: Michael B. JordanJodie Turner-SmithJamie Bell

  • 55%
    Film Biasa - 55%
55%

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply