Teori Arc Wano yang Belum Terjawab di Manga One Piece

Apakah mungkin kota-kota di Wano akan hancur?

Selain punya karakter yang unik dan kuat, humor yang menyenangkan, dan cerita yang epik, kelebihan One Piece dari kebanyakan manga lain adalah ceritanya yang selalu memancing diskusi. Setiap chapter akan membuat fans berspekulasi dan menciptakan teori masing-masing. Seperti halnya arc Wano yang saat ini sedang jalan. Sudah ada beberapa teori yang terjawab tentang arc Wano. Lalu apa saja teori Arc Wano yang belum terjawab di manga One Piece?

Teori arc Wano yang belum terjawab

Sebagai catatan, karena di bawah ini hanyalah teori yang belum tentu benar, maka akan ada yang terdengar tidak masuk akal.

Kyoshiro adalah Denjiro

teori arc wano

Satu-satunya anggota Nine Red Scabbards yang belum diketahui masih hidup atau tidak adalah Denjiro. Sempat muncul teori kalau Kamazou si Pembantai adalah Denjirou, tapi ini sudah terjawab dan terpatahkan.

Saat ini teori yang paling santer yaitu Kyoshiro adalah Denjiro. Kalau tidak salah, yang pertama kali mengemukakan teori ini adalah Artur yang menggarap situs Library of Ohara.

Teori ini semakin meyakinkan ketika opening theme anime arc Wano menampilkan Kyoshiro sebagai pengisi slot Nine Red Scabbards. Walau begitu, ini masih belum dikonfirmasi secara resmi di manga One Piece. Kita tunggu saja.

Kaido adalah naga yang makan Buah Iblis

Pendukung teori ini adalah belum diumumkannya buah iblis Kaido padahal ia sudah mengeluarkan kekuatannya yang bisa berubah jadi naga.

kaido adalah naga teori wano one piece

Bisa jadi jenis Buah Iblis yang dimakan Kaido sengaja disembunyikan untuk memberi kejutan, karena ia adalah seekor naga yang memakan buah iblis Hito-Hito no Mi.

Lalu Hito-Hito no Mi tipe apa? Bisa jadi tipe Oni atau iblis, mengingat arc Wano terinspirasi kisah Momotaro melawan Oni.

Pendukung lain teori ini adalah julukan kaido sebagai “makhluk” terkuat di dunia, bukan manusia terkuat. Ini bisa menjelaskan kalau Kaido bukan berasal dari ras manusia, tapi naga.

Kaido adalah keturunan Oars

kaido adalah oars teori one piece

Nah teori Kaido yang satu ini cukup menarik mengingat Kaido punya bentuk tubuh yang mirip dengan Oars, yaitu bertanduk. Tapi karena tubuhnya tidak setinggi dan sebesar Oars, Kaido mungkin adalah peranakan bangsa Oars dengan bangsa lain.

Lalu, bentuk Onigashima yang bertanduk itu mungkin terinspirasi dari leluhur Kaido, yaitu bangsa Oars.

Kepulauan Wano dibuat oleh bangsa Oars

oars wano teori one piece

Bangsa raksasa kuno Oars dikenal sebagai “continent puller” atau penarik benua. Mungkin kepulauan Wano disusun oleh bangsa ini jauh di masa lalu.

Tapi pertanyaannya, kenapa harus Wano? Karena Wano tidak termasuk ke dalam 20 negara yang bersatu untuk menghilangkan sejarah di Void Century.

Lady Toki berasal dari Void Century

teori lady toki one piece

Sebelum mengirim Momo ke masa depan, Toki mengatakan kalau ia melintasi waktu hingga memutuskan untuk menetap di Wano ketika bertemu Oden yang memesona. Selama hidup di Wano, ada rumor bahwa Toki berasal jauh dari masa lalu.

Apakah mungkin Toki berasal dari void century? Bisa saja. Mungkin ini menjelaskan kenapa anaknya, Momo, bisa memerintah Zunisha yang sudah hidup ribuan tahun. Karena penduduk yang hilang di Void Century punya kekuatan khusus ini.

Kemunculan pedang Kusanagi no Tsurugi

one piece chapter 927
Via Wikipedia

Karena salah satu inspirasi arc Wano adalah kisah Yamata no Orochi, ada kemungkinan kalau Orochi memiliki pedang yang bernama Kusanagi no Tsurugi. Di kisahnya, Susanoo yang membunuh Yamata no Orochi mendapatkan pedang itu.

Karena Zoro ingin membalaskan kematian Yasuie, apakah mungkin ia akan mendapatkan satu lagi pedang baru? Sepertinya agak kecil kemungkinannya karena Zoro sudah dapat Enma. Tapi kita lihat saja nanti, tentang pedang Kusanagi no Tsurugi ini.

Siapa yang jadi burung Pegar?

burung pegar wano one piece teori

Satu lagi cerita rakyat yang jadi inspirasi arc Wano adalah kisah Momotaro. Dikisahkan Momotaro menggunakan Kibidango untuk mendapatkan teman, yaitu kera, anjing, dan burung pegar. Bersama, mereka pergi mengalahkan Oni di Onigashima. Kera dan anjing ini sudah diwakilkan oleh Luffy dan Inuarashi, sedangkan burung pegar masih belum pasti.

Jika burung pegar ini diwakilkan oleh Marco, apakah nanti ia akan ikut membantu Momonosuke mengalahkan Kaido? Mungkin saja. Tapi karena Marco sudah menolak, ada kemungkinan burung pegar ini akan diwakilkan oleh karakter lain.

Zoro akan bunuh Kaido

zoro haki di one piece 892

Ryuma adalah samurai yang mampu membunuh naga. Maka bisa saja kalau sejarah akan terulang kembali dengan Zoro membunuh Kaido. Tapi teori ini bertentangan dengan tradisi manga shonen dan One Piece. Biasanya Luffy sebagai tokoh utamalah yang akan mengalahkan bos besar, yaitu Kaido.

Selain itu, Naga di Wano juga tidak hanya Kaido, masih ada Orochi. Bisa jadi naga yang akan dibunuh Zoro itu adalah Orochi. Terlebih lagi Zoro sudah berjanji akan membalaskan kematian Yasuie.

Perang terbesar itu akan terjadi di Wano

perang wano

Di acara Jump Festa tahun 2017, Oda membuat fans sangat penasaran. Akan ada perang besar yang melibatkan tokoh legendaris yang punya masa lalu dengan Shirohige. Perang itu akan membuat perang Marine Ford terlihat kecil.

Melihat pergerakan dunia One Piece yang semakin mengkhawatirkan, ada kemungkinan kalau perang yang satu ini memang akan terjadi di arc Wano.

Wano akan luluh lantak

teori arc wano perang dunia
World War II, after the explosion of the atom bomb in August 1945, Hiroshima, Japan. (Photo by: Universal History Archive/UIG via Getty Images)

Oda-Sensei terkenal mengambil inspirasi dari cerita rakyat, legenda, dan dunia nyata. Mungkin perang besar yang akan terjadi di Wano terinspirasi dari Perang Dunia Kedua yang melibatkan Jepang.

Di Perang Dunia II, dua kota di Jepang dijatuhi bom atom hingga luluh lantak. Jepang kalah dan kemudian berubah menjadi negara yang lebih terbuka.

Bisa saja akan ada ancaman senjata pemusnah yang akan membuat kota-kota di Wano luluh lantak, lalu keshogunan Orochi jatuh, dan Wano berubah jadi negara terbuka. Kehancuran ini bisa terjadi karena senjata kuno, Buster Call, atau hasil pertarungan melawan dua Yonko yang sangat dahsyat.

Itulah beberapa teori arc Wano yang bisa saya himpun dan buat. Apakah Anda punya teori sendiri tentang arc Wano? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Your average anime guy.