Berapakah Peluang Zoro Mendapatkan Kusanagi no Tsurugi di Arc Wano?

zoro punya haki raja

Sebelumnya teori dan spekulasi tentang Zoro dan pedang Kusanagi no Tsurugi beserta rangkuman cerita Yamata no Orochi sudah pernah kita bahas secara umum di artikel bahas One Piece Chapter 927. Nah, dalam tulisan ini kita akan membahas sedikit lebih detil tentang kemungkinan Zoro mendapatkan Kusanagi no Tsurugi (jika memang Orochi adalah pengguna pedang legendaris itu).

Kusanagi no Tsurugi harta nasional Jepang

Sebelum kita bahas teori Zoro mendapatkan Kusanagi no Tsurugi, yuk kita lihat beberapa fakta tentang harta nasional Jepang ini.

Pedang yang menjadi harta warisan Jepang ini saat ini disimpan di kuil Atsuta di Nagoya. Dilansir dari berbagai sumber, kabarnya tidak ada orang yang masih hidup yang pernah melihat pedang ini secara langsung. Menyebabkan eksistensinya dipertanyakan.

teori zoro mendapatkan kusanagi

Pedang Kusanagi no Tsurugi, via Ancient Origins

Pedang Kusanagi biasanya digunakan saat pelantikan kaisar Jepang yang terakhir kali diadakan pada tahun 1989. Pada pelantikan kaisar itu pun, pedang ini juga ditutup.

Pedang ini disebut-sebut membawa kutukan. Pada zaman Edo, seorang pendeta Shinto mencoba mendeskripsikan pedang ini. Kemudian ia meninggal disebut-sebut karena kutukan dari pedang Kusanagi.

Selain itu, pedang Kusanagi juga disalahkan atas penyakit yang diidap salah satu kaisar Jepang di masa lalu. Akhirnya harta nasional ini dikirim ke kuil shinto untuk disimpan.

Kisah Yamata no Orochi dan samurai Ryuma

Dengan membocorkan wujud asli Shogun Orochi dan keinginannya memiliki Komurasaki, kita mengetahui kalau arc Wano juga terinspirasi dari cerita rakyat Yamata no Orochi.

Tapi, ini bukan pertama kalinya Oda-sensei menggunakan kisah Susanoo dan Yamata no Orochi. Sebelumnya kisah ini sudah tergambar sejak arc Thriller Bark.

teori zoro mendapatkan kusanagi

Samurai Ryuma

Hogback menceritakan kalau samurai Ryuma yang merupakan pahlawan Wano adalah samurai yang mampu membunuh naga. Ini seperti Susanoo yang membunuh Yamata no Orochi naga berkepala delapan.

Lalu, pedang Shusui yang dimiliki Ryuma juga dianggap sebagai harta nasional Jepang. Sama seperti pedang Kusanagi no Tsurugi yang ada dalam cerita rakyat dan di dunia nyata (bukan dalam cerita One Piece).

Orochi dan Kusanagi

Jika kamu sudah membaca cerita rakyat Yamata no Orochi, pasti kamu sudah tahu kalau Susanoo menemukan pedang Kusanagi no Tsurugi di salah satu ekor naga berkepala delapan itu ketika dipotong-potong.

Shogun Orochi

Walaupun belum pasti, kita bisa berasumsi kalau Orochi di One Piece juga memiliki pedang yang bernama Kusanagi no Tsurugi. Dan seperti biasa, yang bertugas menghadapi pendekar pedang dalam cerita One Piece adalah Zoro.

Pedang patah

Salah satu kemungkinan bagaimana Zoro mendapatkan Kusanagi no Tsurugi adalah jika salah satu pedangnya patah.

Nah, dalam kisah Yamata no Orochi, diceritakan kalau pedang milik Susanoo patah ketika memotong salah satu ekor Yamata no Orochi yang berisi pedang Kusanagi no Tsurugi. Jadi, ada kemungkinan kalau pedang Zoro akan patah juga ketika bertarung melawan Orochi.

teori kusanagi zoro

Pedang Zoro patah

Dari tiga pedang Zoro saat ini, Sandai Kitetsu adalah pedang dengan kualitas paling rendah. Sedangkan Wado Ichimonji dan Shusui masuk kelas O Wazamono (kelas besar) yaitu kelas dua. Jadi, Sandai Kitetsu adalah pedang Zoro yang paling mungkin untuk patah ketika bertarung melawan Orochi. Tentu Zoro akan membutuhkan pengganti pedang patah itu.

Peluang Zoro mendapatkan Kusanagi no Tsurugi

Jika memang nantinya salah satu pedangnya patah, apakah mungkin Zoro akan mengambil pedang Kusanagi no Tsurugi dari Orochi?

Memang kita sangat ingin Zoro untuk mendapatkan pedang yang kuat, apalagi jika Kusanagi adalah pedang kelas satu (ini belum dikonfirmasi dalam cerita One Piece). Tapi jika Oda-Sensei ingin membuat cerita yang lebih bijak, maka Zoro tidak akan mendapatkan pedang itu. Ada dua alasan.

Pertama, Kusanagi no Tsurugi adalah harta nasional Jepang. Akan lebih baik jika nantinya pedang ini juga dijadikan harta nasional negara Wano yang diturunkan secara turun temurun seperti yang ada di cerita rakyat dan dunia nyata.

Kedua, pedang mana yang mungkin akan diganti Zoro jika ia ingin mengambil Kusanagi?

kusanagi one piece teori

Kuina dan Zoro

Wado Ichimonji tidak mungkin tergantikan karena pedang itu adalah milik cinta pertama Zoro (eh bukan ya?).

Kemudian, Sandai Kitetsu lebih cocok diganti dengan Nidai Kitetsu (yang saat ini dipegang Luffy) karena salah satu Gorosei pernah terlihat memegang katana yang menyerupai pedang Kitetsu. Kemungkinan besar itu adalah Shodai Kitetsu yang satu kelas di atas Nidai Kitetsu.

gorosei zoro kitetsu

Shodai Kitetsu

Ini akan membuat cerita menjadi lebih menarik ketika bajak laut Topi Jerami berhadapan dengan Gorosei.

Lalu bagaimana dengan Shusui? Menurut saya, dari ketiga pedang milik Zoro, Shusui adalah yang paling mungkin untuk digantikan dengan Kusanagi no Tsurugi. Zoro akan mengembalikan Shusui yang merupakan harta nasional ke rakyat Wano dengan ganti pedang Kusanagi.

zoro ryuma kusanagi

Samurai Ryuma mewariskan Shusui kepada Zoro

Tapi, tetap akan lebih bijak lagi jika Zoro tidak mengganti Shusui karena pedang hitam itu telah diwariskan langsung kepada Zoro oleh Samurai Ryuma, pendekar yang ia kalahkan dalam pertarungan.

Jadi kesimpulannya, dari segi cerita, lebih bijak jika Zoro tidak mendapatkan Kusanagi no Tsurugi. Tapi tetap saja ini hanyalah teori dan spekulasi belaka.

Biasanya Oda-Sensei selalu berhasil mengembangkan cerita One Piece ke arah yang tidak terkira oleh para fans. Lalu kenapa teori ini dibuat? Ya, sekedar untuk ber-halu ria sambil menunggu chapter terbaru One Piece.

Your average anime guy.