Review Vinland Saga Episode 5: Anak Troll dari Jom

review vinland saga episode 5

Vinland Saga episode 5 kembali mengingatkan kita kalau anime ini bertema Viking. Akan ada adegan-adegan penyerbuan desa yang kejam dan penuh kekerasan. Dan ini akan sering kita jumpai ke depannya. Episode 5 juga menampilkan kondisi keluarga Thors setelah peristiwa di kepulauan Faroe.

Highlight Vinland Saga episode 5

Keganasan bangsa Viking

Bangsa Viking memiliki budaya merampas dan berperang. Mereka hanya bisa hidup dengan harta rampasan karena berasal dari daerah yang keras dengan tanah yang tidak subur. Di episode 5 ini kita akhirnya melihat penyerbuan pertama bangsa Viking ke sebuah desa.

Kemungkinan desa di Inggris itu dibantai karena menolak kedatangan pasukan Askeladd. Tapi, jika mereka menerima pun, penduduk desa itu tetap akan menderita. Seperti yang terjadi di pulau Faroe ketika seorang pendeta dijadikan target kapak anggota Askeladd.

Anak Troll dari Jom

Dendam memang sudah memenuhi pikiran Thorfinn. Tapi sebagai anak Thors, seorang pejuang Viking yang penuh harga diri, Thorfinn ingin dendamnya diselesaikan dengan duel sakral pejuang Viking. Dan hasilnya, sudah bisa ditebak.

vinland saga episode 5

Walau kalah telak, Thorfinn menunjukkan perkembangan. Di episode 2 kita memang sudah diberi petunjuk kalau ia memang memiliki bakat bertarung.

Penyintas

Dikelilingi para penyamun, Thorfinn berusaha bertahan hidup sendiri tanpa bantuan mereka. Perlahan tapi pasti, si bocah mulai terbiasa dengan kehidupan keras. Sesuai dengan apa yang kita harapkan dari anak pejuang Viking terkuat.

Ayah yang aneh

Leif dan anak muda yang dibawanya berhasil sampai di Iceland dengan selamat, tapi membawa berita buruk. Ylfa hanya terkejut tanpa menunjukkan rasa sedih sedikitpun. Karakternya yang tomboy membuat ia berusaha tegar, mencoba mengalihkan kesedihannya dengan kesibukan. Namun, ketika kesibukan itu usai, secara tidak sadar air mata mengalir deras. Thors memang ayah yang aneh, tapi anak-anaknya sangat sayang padanya.

review anime

Sedangkan Helga tampak sangat tegar. Pastinya, istri dari seorang pejuang Viking sudah terbiasa dengan suaminya pergi berperang dan mungkin juga sudah siap dengan kemungkinan terburuk.

Thorfinn jadi tentara bayaran

Thorfinn yang masih sangat kecil tentu tidak akan sanggup mengalahkan seorang pemimpin tentara bayaran. Namun, Askeladd melihat potensi Thorfinn. Ia menjanjikan duel jika Thorfinn mampu menjadi pahlawan dalam sebuah perang. Dengan begini, Thorfinn akan jadi anggota Askeladd.

Ini akan menjadi tujuan hidup Thorfinn. Ia akan melakukan apapun demi bisa duel melawan Askeladd walaupun harus membunuh orang di perang. Ironisnya, ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang telah diajarkan Thors. Apakah Thors ingin kematiannya membuat Thorfinn menjadi pembunuh? Pastinya tidak.

Komentar:

Kejam dan penuh kekerasan

Entah kenapa, pembantaian yang dilakukan pasukan Askeladd ke desa di Inggris itu terasa sangat kejam dan brutal. Begitu pula dengan adegan Thorfinn membunuh seekor serigala. Padahal tidak sedikit anime yang menampilkan adegan kekerasan yang lebih kejam.

review vinland saga episode 5

Mungkin ini disebabkan di Vinland Saga episode 5 ini tokoh utama kita yang masih sangat kecil. Selain itu, kesan brutal mungkin juga jadi kentara karena Vinland Saga dibuat dengan pendekatan yang lebih realistis dari anime kebanyakan.

Diseimbangkan dengan kisah keluarga

Adegan kekerasan di episode ini diseimbangkan dengan kisah keluarga. Memang Thors adalah seorang pejuang Viking yang sangat baik, berbeda dari pasukan Askeladd. Tapi bisa saja Vinland Saga episode 5 secara tidak langsung juga ingin memberikan sudut pandang lain bahwa di antara banyaknya pejuang Viking yang kejam ada yang punya keluarga yang menunggu kepulangan mereka dengan selamat.

Your average anime guy.