Review Vinland Saga Episode 4: Titik Balik Thorfinn

vinland saga episode 4 review indonesia

Vinland Saga episode 4 menunjukkan kalau Thors masih perkasa walau ia sudah “membuang pedangnya.” Sementara itu, karakter Askeladd mulai digali setelah di dua episode sebelumnya ia masih terlihat seperti antagonis yang licik. Sedangkan hasil pertarungan dua pejuang ini akan mempengaruhi karakter Throfinn.

Thors yang perkasa

Vinland Saga episode 4 dibuka dengan aksi Thors menghajar setengah pasukan Askeladd tanpa perlawanan yang berarti. Koreografi adegan pertarungannya sangat keren. Kita bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi ketika Thors melumpuhkan musuh satu persatu hanya dengan tangan kosong. Keperkasaan Thors semakin terasa saat dentuman gendang di musik latar mengiringi intimidasinya kepada pasukan Askeladd.

vinland saga episode 4 review

Ternyata jamur yang dimakan Bjorn di episode 3 adalah jamur mengamuk yang membuatnya masuk mode berserk. Tapi tetap saja, Thors yang dijuliki Troll dari Jom mampu mengalahkan Bjorn yang bertubuh lebih besar dengan mudah.

Walau ia menggunakan kekerasan, pertarungan ini masih memberi kesan kalau Thors mencoba sekuat tenaga untuk tidak membunuh musuhnya, ia bahkan melempar pelampung kepada musuh yang terjatuh ke air. Ini sesuai dengan ideologi yang ia anut selepas pensiun dari pasukan Jomsviking.

Pertarungan Askeladd dan Thors

Thors terpaksa menantang Askeladd dalam sebuah duel untuk menjauhkan Thorfinn, Leif, dan teman-teman dari bahaya. Di budaya Viking, duel antara dua pejuang dianggap sakral. Askeladd yang ditantang di depan anak buahnya mau tidak mau harus menerima tantangan itu. Tapi, bagaimana ia mau menerima tantangan Thors walau berada di posisi yang lebih menguntungkan menunjukkan kalau ia juga percaya diri dengan kemampuannya.

Ketika Thors menantang Askeladd, Thorfinn mengejek dan berharap Askeladd mati. Ini bukti Thorfinn masih polos dan belum tahu kalau ayahnya bisa saja membunuh orang yang berarti melanggar prinsipnya. Si bocah masih belum memahami perasaan ayahnya yang menganggap setiap nyawa sangat berharga.

Dalam pertarungan, Askeladd membuktikan kalau ia bukan tentara bayaran biasa. Ia mampu memojokkan Thors yang memaksanya harus bertarung dengan serius. Dan ketika serius, Thors langsung mendominasi.

Pertarungan Askeladd melawan Thors berjalan sangat sengit. Walau lebih dominan, Thors tidak mampu mendaratkan serangan dan malah lebih fokus menyerang senjata lawannya itu. Ternyata, itu adalah strateginya. Thors sengaja menyasar pedang untuk memancing Askeladd melakukan serangan yang lebar. Hasilnya, Askeladd pun masuk perangkap dan kalah. Bagaimana pasukan Askeladd tidak percaya kalau pemimpinnya kalah menjelaskan kalau Askeladd tidak pernah kalah dalam pertarungan.

Kekaguman Askeladd

Askeladd penasaran kenapa Thors, pejuang yang mampu mengalahkannya malah bersembunyi di Islandia selama 15 tahun. Jawaban Thors membuat dirinya dan Thorfinn tercengang. Bagi Thors, pejuang sejati tidak membutuhkan pedang. Ini membuat Thorfinn bingung karena ia tidak mengerti bagaimana pejuang yang selalu bertarung tidak menggunakan pedang.

Beda dari Thorfinn, Askeladd menyadari sesuatu. Thors sudah sampai pada tingkat yang lebih tinggi darinya, yaitu telah menemukan jalan yang lebih baik dari perang dan saling bunuh. Ini terbukti dari Askeladd meminta Thors untuk menjadi pemimpinnya. Mungkin Askeladd mengaku bercanda. Tapi, raut wajahnya yang gelisah memberi petunjuk kalau ia juga sudah mulai sampai pada titik bosan dengan peperangan, sama seperti Thors.

Askeladd yang munafik

Sayangnya, Askeladd masih belum bisa membuang statusnya sebagai pemimpin tentara bayaran di depan anak buahnya. Ketika Bjorn menyandera Thorfinn, sekilas Askeladd merasa kesal dengan kecurangan yang dilakukan bawahannya itu. Tapi ia terpaksa memerankan perannya sebagai tentara bayaran. Askeladd tidak bisa melepaskan Thors karena ia juga telah dikontrak oleh Floki.

Walaupun begitu, karakter Askeladd mampu menarik simpati karena ia mengakui kekalahannya dan menghormati permintaan Thors untuk tidak menyakiti Thorfinn dan awak kapal yang lain. Nanti secara perlahan kita akan melihat kalau Askeladd adalah karakter Vinland Saga yang cukup rumit

Titik balik Thorfinn

anime vinland Saga episode 4

Walau sudah dihujani anak panah, Thors masih memikirkan keluarga dan desanya sebelum meregang nyawa dengan posisi berdiri. Melihat kematian ayahnya di depan matanya sendiri, Thorfinn terjatuh ke dalam lembah yang sangat tidak diinginkan ayahnya, yaitu dunia penuh kebencian dan darah. Mata Thorfinn yang sebelumnya bercahaya berubah menjadi gelap ditutupi rasa dendam.

Sejauh ini, Vinland Saga episode 4 adalah episode terbaik serial anime ini dan benar-benar sukses membangun setup hubungan Thorfinn dan Askeladd yang akan menjadi lebih menarik nantinya. Mereka akan menjadi rekan sesama tentara bayaran dan musuh dalam duel pejuang Viking.

Your average anime guy.