Review Dr. Stone Episode 1-3: Kekuatan Ilmu Pengetahuan

Dengan ilmu pengetahuan, kamu bisa melakukan apa saja

dr stone

Yang suka sama ilmu pengetahuan khususnya kimia pasti akan suka dengan anime Dr Stone. Anime yang diangkat dari manga berjudul sama karya mangaka Boichi ini punya premis yang sangat unik, yaitu anak SMA berusaha mengembalikan peradaban manusia di dunia post apocalypse.

Uniknya lagi, zaman paska kiamat sudah berlangsung selama 3700 tahun dengan penyebab bencana misterius yang mengubah semua manusia menjadi batu, tapi lucunya para hewan kecuali burung tidak mengalami kejadian serupa. Apa salah burung?

Kisah yang berlatar di dunia post apocalypse selalu membuat kita bersemangat. Membuat kita berangan-angan tentang apa yang bisa kita lakukan di dunia tanpa pemerintah dan hukum. Namun bukannya hidup seperti manusia primitif, para protagonis kita memutuskan untuk mengambalikan peradaban dunia dengan ilmu pengetahuan.

Karakter yang lovable

Dr Stone memiliki karakter khas manga shonen. Ada tokoh utama yang punya kelebihan, karakter yang bersemangat, gadis cantik, dan rival yang cool. Beberapa karakter ini juga memiliki fitur yang hanya masuk logika shounen. Senku yang jeniusnya minta ampun memiliki rambut warna hijau nan eksentrik yang mungkin akan sulit diwujudkan dalam live action tanpa membuat kita menyeringit. Lalu ada Tsukasa, sang rival yang mampu membunuh singa dengan satu kali pukulan tangan kosong.

Setiap karakter mengisi posisi yang strategis dalam mengembalikan peradaban. Senku menjadi penemu dan ilmuan dengan otaknya, Taiju menjadi pekerja yang ulet dengan daya tahannya, Tsukasa dengan kekuatan abnormalnya menjadi pemburu. Lalu ada Yuzuriha yang menjadi hati yang mengingatkan kita indahnya interaksi sosial manusia di sebuah peradaban.

Konflik ideologi

tsukasa dalam dr stone

Perselisihan ideologi antara Senku dan Tsukasa menjadi konflik utama sejauh ini. Senku ingin menyelamatkan semua orang tanpa terkecuali dengan kejeniusannya, sedangkan Tsukasa ingin membuat dunia baru tanpa orang dewasa walau itu harus membuatnya menjadi seorang pembunuh dengen kekuatannya yang tidak manusiawi.

Ilmu pengetahuan yang meyakinkan

Banyak hal yang tidak masuk akal dari anime ini. Tapi ilmu pengetahuan yang menjadi daya tarik utamanya dibuat berdasarkan fakta, paling tidak itulah yang disebutkan oleh anime ini.

Senku menjelaskan setiap proses kimia dengan cara yang lebih menarik dari guru kimia di sekolah. Mulai dari membuat kapur hingga senjata api. Semuanya ada proses dengan berbagai kegagalan. Ini yang membuat ilmu pengetahuan di Dr Stone menarik.

review dr stone

Semua ilmu pengetahuan yang djelaskan Senku cukup meyakinkan, kecuali cairan mukjizat yang bisa mengembalikan patung batu menjadi makhluk hidup. Tentunya ini bisa dimaklumi, karena kita bicara tentang cerita fiksi. Namun, dengan gimmick ilmu pengetahuan yang menjadi senjata utama, paling tidak Dr Stone harus bisa mencari alasan yang mendekati masuk logika tentang proses yang satu ini.

Visual yang menarik

Di sisi visual, Dr Stone mampu mempertahankan gaya gambar Boichi yang sangat khas. Penggambaran dunia paska kiamatnya juga mengagumkan. Anime ini memperlihatkan bagaimana bumi berubah selama 3700 tahun layaknya discovery channel tapi dalam bentuk animasi. Opening dan endingnya pun juga sangat menghibur.

Yang menjadi kekurangan sejauh ini adalah sound effectnya. Pastinya ini tergantung selera. Sound effect yang digunakan terdengar sedikit berlebihan dan tidak masuk akal, seperti yang dipakai di anime That Time I Got Reincarnated as Slime.

Dengan premis yang unik dan menjanjikan, konflik yang cukup filosofis, dan karakter yang menyenangkan, Dr Stone akan menjadi hiburan yang patut untuk ditunggu-tunggu setiap minggunya. Tidak sabar pelajaran apa lagi yang akan dibawa Senku ke hadapan kita!

Your average anime guy.