Rekomendasi Film Post-Apocalypse Berdasarkan Penyebabnya

Mulai dari disebabkan bencana alam, alien, hingga perang

film kiamat berdasarkan penyebabnya

Entah kenapa, film post-apocalypse atau film yang berseting di masa pascakiamat selalu menarik perhatian. Entah karena kita suka melihat sistem pemerintahan dan peradaban manusia runtuh, atau karena penasaran dengan kondisi bumi di akhir zaman. Terlepas apa sebabnya, tetap tak bisa dipungkiri kalau sampai saat ini para moviegoers masih belum bosan dengan sajian post-apocalypse. Nah kali ini saya akan memberikan daftar film post-apocalypse yang dibagi berdasarkan penyebab kiamatnya. Mulai dari karena bencana alam, virus zombie, virus mematikan, hingga karena perang dan pengaruh kemajuan teknologi. Langsung saja, berikut rekomendasi film post-apocalypse yang dilihat dari penyebabnya.

1. Snowpiercer (2013)

film post apocalypse karena bencana alam
Via Snowpiercer-film.com

Mari kita mulai rekomendasi film post-apocalypse ini dari yang disebabkan oleh bencana alam, yaitu Snowpiercer. Karya bahasa Inggris pertama sutradara Bong Joon-ho ini menampilkan bumi yang membeku setelah percobaan menghentikan global warming gagal. Sisa manusia mengelilingi bumi dengan sebuah kereta api yang setiap gerbongnya menandakan kelas sosial. Semakin ke belakang, semakin miskin penghuninya.

Snowpiercer menonjolkan krisis kemanusiaan pascakiamat di dalam kereta api yang sempit dan lusuh. Siapa yang berkuasa bisa menindas yang lemah. Twist disturbing di akhir cerita membuat film pascakiamat yang dibintangi Chris Evans dan Tilda Swinton ini wajib untuk ditonton.

2. The Road (2009)

film kiamat karena bencana alam
Via Scroll.in

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Cormac McCarthy, The Road bercerita tentang perjalanan seorang ayah dan anaknya di bumi yang sudah sangat tua. Dua tokoh yang hanya diberi nama The Man dan The Boy ini berjalan di dunia yang sudah hancur mencari sesuatu yang lebih baik, yaitu alasan untuk terus hidup. Mereka adalah sisa-sisa kemanusiaan di zaman manusia menjadi beringas.

The Road memiliki tone murung dengan awan yang selalu mendung dan penampilan para aktor di sepanjang film yang sangat mendukung. Jadi pastikan kamu memiliki mood yang baik ketika nonton film post-apocalypse ini.

3. Waterworld (1995)

film kiamat karena banjir
Via MHM

Ketika es di kutub meleleh, seluruh permukaan bumi ditutupi air yang bahkan membuat tanah sangat berharga.Waterworld menceritakan usaha seorang mutant dalam mencari daratan di bumi yang ditutupi air. Menarik bukan?

Waterworld mampu menggambarkan kehidupan manusia di koloni-koloni yang terombang-ambing di tengah lautan. Sayangnya film ini gagal di box office dan mendapatkan mixed review di masanya. Tapi saat ini film yang dibintangi Kevin Costner telah dianggap sebagai film cult classic.

4. City of Ember (2008)

film kiamat bawah tanah
Via IMDb

Sebuah bencana yang tidak disebutkan dengan jelas menghancurkan peradaban manusia hingga permukaan bumi tidak bisa dihuni lagi. Manusia kemudian menciptakan City of Ember di bawah tanah dan telah bertahan di sana selama 200 tahun. Ketika generator kota mulai rusak, tokoh utama kita harus mencari cara agar manusia bisa bertahan hidup lewat sebuah kotak misterius.

City of Ember menghadirkan cerita yang relatif ringan tentang teka-teki kotak misterius kunci keberlangungan ras manusia. Selain itu, kehidupan manusia di bawah tanah menjadi daya tarik film ini.

5. Survival Family (2016)

film post-apocalypse jepang
Via IMDb

Ketika semua barang elektronik tidak lagi berfungsi karena sebuah fenomena alam misterius, masyarakat Jepang (jika bukan seluruh dunia) harus mencari akal untuk bisa bertahan hidup. Bayangkan keadaan negara Jepang yang sangat bergantung dengan alat elektornik di semua sisi kehidupan harus kembali ke zaman batu.

Survival Family tidak terlalu mengekspos keberingasan manusia di masa post-apocalypse. Tapi lebih banyak berisi sindiran bagaimana manusia telah menjadi budak dunia (gadget, pekerjaan, dan alat elektronik) yang telah memutus hubungan personal mereka masing-masing. Terlepas dari babak ketiga yang terburu-buru, Survival Family unik, haru, dan lucu. Film pascakiamat yang sangat recommended.

Baca rekomendasi film post-apocalypse karena serangan monster dan alien di halaman 2!

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.