Rekomendasi Film Post-Apocalypse Berdasarkan Penyebabnya

Mulai dari disebabkan bencana alam, alien, hingga perang

film kiamat berdasarkan penyebabnya

16. 28 Days Later (2002)

film zombie terbaik sepanjang masa
Via THR

Saatnya kita masuk ke jenis film post-apocalypse yang paling populer, yaitu yang disebabkan zombie. Film 28 Days Later mungkin adalah pilihan pertama yang tepat jika kamu belum pernah nonton film zombie. Karya Danny Boyle ini benar-benar berhasil menyampaikan atmosfer dunia pascakiamat karena teror zombie.

Dimulai dengan asal-usul virus, film ini kemudian menampilkan kota London yang kosong tidak terurus dan mencekam, hingga supermarket penuh makanan yang bagaikan surga. Dan ketika zombie mengerikan dan tentara bermasalah muncul, film ini sukses menyampaikan dunia yang penuh keputusasaan.

17. Zombieland (2009)

film zombie komedi terbaik
Via Entertainment

Dari film zombie yang sangat mencekam, kita pergi ke yang dibalut komedi, yaitu Zombieland. Dibintangi oleh nama-nama beken seperti Woody Harrelson, Jesse Eisenberg, dan Emma Stone, film zombie yang satu ini lebih sering menciptakan gelak tawa daripada ketakutan.

Kelompok ini pergi menjelajahi Amerika yang telah hancur dengan banyak lelucon dan sindiran di setiap adegannya. Ditambah cameo mengejutkan dari seorang aktor terkenal.

18. I Am Legend (2007)

film zombie will smith
via Den of Geek

Film post-apocalypse yang satu ini juga menonjolkan cerita kesendirian dari tokoh utamanya (Will Smith) yang tinggal di New York pascakiamat. Hanya dengan anjing kesayangannya, ia berkeliling dengan batas waktu tertentu setiap harinya untuk mencari obat wabah zombie yang melanda bumi.

Zombie yang dihadirkan pun beda dari film kebanyakan. Mereka cepat, tidak penuh luka, hibernasi di siang hari dan berkeliaran di malam hari. Film ini memiliki ending yang sangat menjengkelkan, dalam artian bagus.

19. The Girl with All the Gifts (2016)

film zombie inggris terbaik
Via THR

Inggris memang memiliki sentuhan tersendiri dalam membuat film Zombie. Film yang dibintangi oleh Gemma Arteton dan Glen Close ini menyajikan variasi baru. Virus zombie dalam film ini membuat anak-anak menjadi haus darah tapi bisa mempertahankan kesadarannya. Sedangkan orang dewasa akan langsung menjadi zombie “mindless” seperti biasa.

The Girl with All the Gifts mengangkat cerita siapa yang berhak untuk bertahan hidup di dunia, orang dewasa yang punya kekuasaan tapi rapuh terhadap virus atau anak-anak yang bisa beradaptasi.

20. Cargo (2017)

film zombie apocalypse di australia
Via Netflix

Cargo adalah film zombie slow burn tentang seorang ayah yang berusaha mencari tempat aman untuk anak bayinya di Australia yang dilanda wabah zombie. Memiliki pace lebih lambat, Cargo menggali kisah kemanusiaan di dunia yang kejam.

Martin Freeman tampil sangat baik sebagai ayah dengan bayi yang sangat lucu. Dari premisnya, sepertinya kamu harus menyiapkan tisu jika ingin menonton film yang satu ini. Cargo adalah salah satu film orisinal Netflix terbaik.

Baca rekomendasi film post-apocalypse karena perang dan kemajuan teknologi di halaman 5!

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.