Rekomendasi Film Post-Apocalypse Berdasarkan Penyebabnya

Mulai dari disebabkan bencana alam, alien, hingga perang

film kiamat berdasarkan penyebabnya

21. A Boy and His Dog (1975)

film post-apocalypse aneh ada adegan seks
Via Syfy

A Boy and His Dog mungkin adalah film post-apocalypse yang paling aneh yang akan kamu tonton. Bertempat di Amerika yang tandus setelah perang nuklir, film ini bercerita tentang perjalanan seorang anak muda berlibido tinggi dengan anjingnya yang bisa telepati untuk mencari wanita.

Film ini menampilkan bagaimana kondisi kemanusiaan di masa pascakiamat. Mulai dari nonton film porno hitam putih, hingga membuat koloni bawah tanah yang terlihat seperti sekte sesat. Film ini memiliki twist yang berani.

22. The Book of Eli (2010)

film post apocalypse denzel washington
Via Syfy

Film post-apocalypse yang dibintangi oleh Denzel Washington dan Gary Oldman ini berseting 30 tahun setelah perang nuklir di Amerika. Denzel memerankan Eli yang mengingatkan pada Zatoichi, lone wolf dan tangguh. Layaknya film-film post-apocalypse lain, tokoh utama kita akan bertemu dengan pemimpin diktator dari sebuah koloni sisa manusia.

The Book of Eli memiliki kekuatan pada penampilan para aktornya dan latar dunia post-apocalypse yang tandus dan berdebu. Film ini mengangkat kisah bagaimana agama bisa menjadi sumber kekuasaan di masa-masa penuh keputusasaan.

23. The Matrix (1999)

film post apocalypse futuristik
Via IMDb

Setuju atau tidak, The Matrix adalah film post-apocalypse. Berlatar di dunia di mana peradaban manusia kalah oleh mesin berkecerdasaan buatan yang mereka ciptakan sendiri, manusia diubah menjadi sumber listrik para mesin dan dibuai dengan dunia maya dalam mimpi abadi.

Film pertama dari trilogi ini tidak begitu menggali masa post-apocalypse jika dibandingkan dengan dua film berikutnya. Walaupun begitu, The Matrix adalah salah satu film post-apocalypse yang berpengaruh.

24. Terminator Salvation

film post apocalypse futuristic
Via Collider

Satu lagi film yang mengisahkan hancurnya peradaban manusia akibat mesin yang mereka ciptakan adalah Terminator Salvation. Berbeda dari film orisinalnya, film ini menampilkan kondisi bumi di masa depan di mana manusia diburu oleh Skynet dengan Christian Bale sebagai John Connor.

Walau banyak yang menganggap film ini tidak sebagus dua film orisinalnya, Terminator Salvation cukup menghibur dalam menampilkan perang manusia melawan robot di dunia yang sudah hancur.

25. Mad Max dan sekuelnya (1979 – 2015)

Via IMDb

Film post-apocalypse terakhir adalah yang paling berpengaruh terhadap genre ini, yaitu Mad Max beserta sekuelnya karya George Miller. Film ini berseting di bumi yang telah tandus akibat perang nuklir di mana hukum rimba berlaku, minyak dan air bagaikan emas dan kekuasaan, dan jalanan penuh dengan bahaya para penjarah dengan kendaraan ala steampunk-nya

Walau tokoh utamanya, Max (Mel Gibson, Tom Hardy), minim dialog, film-film Mad Max sangat mudah untuk dinikmati. Mad Max tidak hanya menyajikan adegan aksi yang memukau tapi juga mengangkat isu lingkungan, krisis kemanusiaan, feminisme dan revolusi.

Itulah daftar rekomendasi film post-apocalypse yang dilihat dari penyebab kiamatnya. Dari semuanya, mana yang belum kamu tonton?

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.