Review Vinland Saga Episode 1-3: Anime Viking yang Epik

Anime bertema Viking yang filosofis

review vinland saga episode 5

WIT, studio di balik kesuksesan Attack on Titan kali ini memproduksi anime dengan pendekatan yang lebih realistis dan historis, yaitu Vinland Saga yang diangkat dari salah satu manga seinen terbaik berjudul sama karya Makoto Yukimura.

Dari tiga episode yang telah dirilis, anime Vinland Saga menjanjikan adegan pertarungan yang cukup realistis, penuh darah, dengan paduan animasi yang memukau. Sejauh ini, Vindland Saga mengangkat kisah seorang pejuang Viking bernama Thors yang sudah tobat dan meninggalkan dunia perang dan kekerasan. Namun ironisnya, Thorfinn, anaknya sangat ingin bertarung dalam sebuah peperangan sama seperti semua anak dan remaja bangsa Viking.

Animasi khas studio WIT

Vinland Saga dibuka di perang Hjörungavágr tahun 987. Seperti yang diharapkan oleh penggemar anime keluaran WIT studio, perang ini ditampilkan dengan sadis dalam animasi fluid dan koreografi pertarungan yang keren. Aman kita katakan kalau setiap pertarungan akan dibuat dengan kualitas yang sangat bagus nantinya.

Lagu opening dan ending yang bagus

Untuk openingnya, agak sedikit di luar dugaan. Saya mengharapkan lagu opening yang bernuansa barat atau Viking seperti settingnya. Namun, penggunaan lagu rock yang dibawakan oleh Survive Said the Prophet cukup sesuai dengan apa yang akan kita saksikan, yaitu kisah coming of age Throfinn yang berada dalam fase “emo.”

Sedangkan lagu endingnya, dinyanyikan oleh Aimer. Fans anime pasti tahu jika sudah Aimer yang mengisi opening atau ending, kualitas animenya tidak perlu diragukan lagi.

Filosofis

Mungkin adegan pembuka Vinland Saga akan membuat kita berpikir kalau anime ini mengkampanyekan kerennya kekerasan dan perang. Namun, seperti yang telah disebutkan di atas, sebenarnya anime ini mengangkat hal yang bertolak belakang.

Thors merupakan pejuang Viking terkuat yang sangat ditakuti. Hingga suatu saat ia sampai pada titik dimana ia sadar kalau perang bukanlah jalan yang tepat dan setiap nyawa sangatlah berharga walau itu nyawa seorang budak.

thors dan thorfinn vinland saga

Sementara itu, di sebuah desa di Islandia, tempat Thors dan keluarganya hidup damai, kita melihat kalau budaya Viking masih sangat jauh dari nilai yang saat ini dijunjung Thors. Para anak-anak, termasuk Thorfinn setiap hari bermain perang-perangan dan para remaja sudah tidak sabar untuk ikut dalam perang pertama mereka.

Dari dua sisi ini, kita dibawa untuk menilai sendiri, jalan mana yang lebih baik: damai atau perang.

Vinland Saga menggunakan fakta sejarah

Walaupun anime Vinland Saga adalah fiksi, tapi, ceritanya menggunakan fakta sejarah bangsa Viking. Di episode pertama kita diperkenalkan dengan Leif Erikson yang menceritakan tentang sejarah leluhur mereka di Islandia yang merupakan orang-orang Norseman yang lari dari perang.

Lalu, anime ini juga menampilkan peristiwa pembantaian yang dilakukan orang Inggris terhadap bangsa Viking yang sedang mandi di hari Sabtu. Bagi yang pernah nonton serial TV Vikings keluaran History, pasti pernah mendengar peristiwa ini.

Apa itu Vinland?

Di tiga episode pertama ini kita juga sudah diperkenalkan dengan apa itu Vinland. Vinland adalah pulau impian para Viking karena memiliki tanah yang subur. Salah satu orang yang berhasil mencapai Vinland adalah Leif Erikson, yang masih kerabat dengan keluarga Thors.

anime vinland saga

Namun sayangnya, tampaknya anime Vinland Saga masih belum fokus pada petualangan para protagonis menuju Vinland, tapi lebih ke pertempuran yang akan dialami Thors dan anaknya, Thorfinn.

Lambat panas

Vinland Saga memiliki pace yang relatif lambat untuk anime keluaran WIT studio. Dua episode pertama membawa kita meraba-raba ke mana arah jalan cerita. Hingga akhirnya kita diperkenalkan dengan Askeladd, seorang tentara bayaran yang ditemui oleh Floki, teman seperjuangan Thors.

vinland saga episode 2

Pertemuan dua karakter ini memberikan bayangan kalau masalah yang akan dialami protagonis kita lebih ke masalah politik Viking, bukan petualangan ke tanah Vinland.

Barulah di episode tiga, Vinland Saga mulai menaikkan temponya ketika Askeladd mengepung kapal Thors. Tampaknya, karena butuh tiga episode untuk mengikat penonton menjadi sebab kenapa kita bisa menonton tiga episode secara berdekatan sejak awal.

Mungkin bagi penggemar Attack on Titan, anime Vinland Saga bisa dibilang lambat panas dan kurang memacu adrenalin. Tapi bisa dijamin kalau tiga episode ini baru prolog dari petualangan epik yang akan kita saksikan nantinya.

Your average anime guy.