Categories
Review Serial TV

Review Serial Loki Episode 5 (2021): Calm before Storm

Serial Loki episode 5 memperkenalkan lebih jauh tentang Variant Loki yang pertama kali muncul pada post credit episode 4. Walaupun masih banyak misteri yang belum terpecahkan mengenai masalah semesta dan ruang waktu yang ada di Marvel Cinematic Universe.

Cerita dimulai dengan Loki (Tom Hiddleston) mulai mengenal berbagai Variant Loki yang muncul di akhir cerita, Boastful Loki (Deobia Oparei), Kid Loki (Jack veal), dan Classic Loki (Richard E. Grant). Di lain pihak, Sylvie yang berhasil mengalahkan Ravonna mengambil TemPad dan melakukan ‘prune’ pada dirinya sendiri. Sehingga dia akhirnya masuk ke the Void.

Variant berbagai Loki
via Disney+

Sylvie bertemu dengan Mobius. Mereka bertemu dengan Loki dan Variant Loki, sama-sama bertujuan untuk mengalahkan Alioth, makhluk seperti awan yang membunuh semua yang dilewatinya. Loki dan Sylvie beranggapan bahwa siapapun yang menjadi dalang di balik Time Variance Authority berada di belakang Alioth.

Perjalanan emosional Loki

Setelah kejutan demi kejutan yang diberikan minggu lalu, episode kali ini dibuat lebih tenang dan penuh dengan drama. Calm before storm. Walaupun masih banyak kejutan kecil yang terjadi, termasuk kembalinya Mobius dan pertemuan antara Loki dan Sylvie.

Variant Loki
via Disney+

Di TVA, Ravonna menjelaskan bahwa TVA bukannya menyelaraskan lini masa di semesta MCU. Tapi dia menyebutkan bahwa setiap cabang realitas dipindahkan ke The Void menuju akhir waktu. Setiap realitas bertabrakan dan terhenti begitu saja. Episode akhir sepertinya akan mengungkap bagaimana semesta MCU berjalan.

Cerita berkembang ketika Loki dan ketiga Varian Loki bersembunyi dari Alioth. Keadaan semakin rumit ketika Boastful Loki mengkhianati Loki dan yang lainnya, sehingga semakin banyak Variant Loki berkumpul. Bahkan pertarungan terjadi dimana semua Varian Loki saling mengkhianati satu sama lain, menunjukkan karakter setiap Loki yang licik dan ingin menang sendiri.

BACA JUGA  Review Film Terlalu Tampan (2019) - Absurditas Kocak dengan Pesan ‘Zaman Now’
serial Loki Episode 5
via Disney+

Ada banyak kesan emosional yang menjadi basis dari episode kali ini. Mengungkapkan bahwa setiap Loki memiliki untuk berubah, tapi tak jarang sifat natural mereka kembali menguasai. Terlihat di akhir cerita bagaimana Loki dan Sylvie berhasil mengalahkan Alioth, namun dengan pengorbanan Classic Loki.

Menghadang villain utama

Judul dari episode kali ini, ‘Journey into Mystery’, merujuk pada cerita kemunculan perdana Thor dan Loki di versi komik Marvel. Dan begitu pula kemunculan karakter President Loki yang ditunggu-tunggu, merupakan bagian dari cerita Vote Loki yang menyindir pemilihan presiden Amerika pada 2016 silam.

Variant Loki dan President Loki
via Disney+

Di akhir cerita, Loki dan Sylvie berhasil membuka gerbang ke tempat sosok yang berada dibalik TVA. Beberapa dugaan menyebutkan keduanya akan melawan Doctor Doom, mengingat kastil tersebut mirip dengan Doomstadt of Battleworld. Namun beberapa petunjuk mengindikasikan Kang the Conqueror diprediksi muncul di akhir episode.

Dalam komiknya, Alioth adalah makhluk yang menghancurkan semua yang disentuhnya, layaknya versi MCU. Bahkan beberapa cerita komik Alioth juga melibatkan kemunculan Kang, penjahat dari abad ke-31 yang berhadapan melawan Avengers berkali-kali sejak debut perdananya di Fantastic Four #19 (Oktober 1963).

serial Loki episode 5 Kang the Conquer
via Disney+

Jika benar, menarik untuk dilihat bagaimana kedua protagonis ini akan menghadapi salah satu villain terbesar Marvel. Meski dua serial yang telah berakhir, WandaVision dan The Falcon and The Winter Soldier mematahkan prediksi akan datangnya villain besar. Atau bahkan Loki akan menghadapi karakter lain yang tak disangka-sangka, Variant Loki yang lainnya?

Serial Loki episode 5 masih mengandalkan formula lama Marvel: persiapan terakhir sebelum menghadapi musuh besar di akhir cerita. Cukup menyenangkan melihat banyak versi Loki serta karakter Loki yang lebih dewasa, tapi akankah episode terakhir membawa happy ending untuk Loki? Atau seperti sebelumnya, pengorbanan untuk kebaikan? Kita tunggu minggu depan.

BACA JUGA  Rumor Main-Villain Black Panther 2, Siapakah Namor the Sub-Mariner?

Genre: Aksi, Komedi

Sutradara: Kate Herron

Penulis: Michael Waldron

Aktor: Tom Hiddleston, Owen Wilson, Gugu Mbatha-Raw, Sophia Di Martino

Rekomendasi TV Series
80%

Summary

Loki episode 5 masih mengandalkan formula lama Marvel: persiapan terakhir sebelum menghadapi musuh besar di akhir cerita. Cukup menyenangkan melihat banyak versi Loki serta karakter Loki yang lebih dewasa, tapi akankah episode terakhir membawa happy ending untuk Loki? Atau seperti sebelumnya, pengorbanan untuk kebaikan? Kita tunggu minggu depan.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply