Review Serial The Falcon and the Winter Soldier Episode 6: Revolusi dan Era Baru MCU

Artikel ini mengandung spoiler dari serial The Falcon and the Winter Soldier episode 6

cover The Falcon and The Winter Soldier

Review The Falcon and the Winter Soldier episode 6 ini berisi spoiler. You’ve been warned!

The Falcon and the Winter Soldier episode 6 mempertontonkan awal dari perjalanan Sam Wilson (Anthony Mackie) mengenakan perisai dan melanjutkan nama Captain America. Mempersiapkan Marvel Cinematic Universe (dan penonton) tentang kemunculan era baru superhero Marvel yang lebih beragam.

Sam menggunakan kostum Captain America berteknologi Wakanda yang dibawa oleh Bucky (Sebastian Stan). Pertarungan akhir melawan Flag Smasher dimenangkan berkat bantuan Sharon Carter (Emily VanCamp) dan John Walker (Wyatt Russell). Meski Karli Morgenthau (Erin Kellyman) terbunuh dalam konfrontasi tersebut.

Sam Wilson a.k.a Captain America

Akhirnya Marvel Cinematic Universe mendapatkan Captain America baru setelah pensiunnya Steve Rogers. Keseluruhan serial ini menuntaskan misinya, menceritakan perjalanan Sam Wilson, dari menolak beban perisai ikonik hingga menyadari ‘pertarungan’ yang harus dipilihnya sebagai warisan dari Steve Rogers.

Sam Wilson sebagai Captain America di The Falcon and the Winter Soldier
via Disney

Kisah tentang Captain America berkulit hitam memang diperkenalkan pada episode 2 ketika ia mengunjungi Isaiah Bradley. Sampai akhirnya premis ini dinyatakan langsung pada episode 5, dimana Isaiah menyebutkan bahwa orang-orang “tak akan pernah menginginkan Captain America berkulit hitam.”

Dengan salah satu kostum paling akurat dari komik, Sam mengambil alih nama Captain America. Ia membuktikan kapasitasnya mewarisi nama ikonik tersebut, termasuk ketika ia berbicara kepada senator Amerika; membawa pesan penting, seperti terorisme, pengungsi, dan masalah ras.

Captain America berkulit hitam
via Marvel

Momen penting lainnya terdapat di akhir, dimana Sam menunjukkan sejarah Isaiah di museum Captain America. Episode ini menunjukkan kedewasaan dan eksistensi Sam sebagai superhero yang esensial, melanjutkan supremasi Steve Rogers. Bukan hanya dalam hal kekuatan, tapi juga sebagai pemimpin.

Era baru Marvel

Episode terakhir tetap menawarkan adegan penuh aksi, hingga hampir setengah durasi. Namun tak bisa dibilang megah untuk menutup serial ini. Tapi seperti cerita Captain America yang penuh dengan isu politik, episode kali ini membahas isu yang hangat di masyarakat; masalah ras.

Unsur drama tetap kental hingga akhir. Memperlihatkan perjalanan masing-masing karakter, mengalami pertempuran, baik secara fisik maupun mental, serta menghadapi masalah sebagai superhero hingga manusia biasa. Yang sayangnya, tak semua karakter mendapatkan narasi yang layak.

Sharon Carter
via Disney

Contohnya saja Zemo yang disebutkan mendekam di The Raft, mungkin saja direncanakan untuk iterasi Marvel lainnya. Sedangkan Sharon Carter akhirnya dijelaskan sebagai Power Broker. Cukup mengejutkan. Apalagi Carter datang dengan kemampuannya mengubah wajah. Apakah Carter sebenarnya merupakan karakter lain?

Tapi Bucky menerima arc yang semestinya. Membuang notes yang menandakan akhir penyesalan dan berdamai dengan dirinya sendiri. Dan di akhir, Bucky tampak tenang dan bermain dengan keponakan Sam. Hingga mungkin nanti kembali lagi bertempur saat Sam atau Avengers membutuhkannya.

The Falcon and the Winter Soldier episode 6
via Disney

The Falcon and the Winter Soldier episode 6 masih menyisakan lebih banyak pertanyaan dibandingkan jawaban. Mengenai U.S. Agent, siapa sebenarnya Contessa Valentina Allegra de Fontaine, dan Power Broker yang sekarang memiliki akses ke pemerintahan Amerika. Membuka lebih banyak ruang eksplorasi untuk MCU selanjutnya.

Avengers 2.0

Marvel juga sedang mempersiapkan generasi terbaru superhero MCU. Mempersiapkan She Hulk dan Ms. Marvel dalam serial terbarunya, Kate Bishop yang siap menggantikan Jeremy Renner sebagai Hawkeye, dan kematian Natasha Romanoff membuka jalan bagi Yelena Belova menjadi Black Widow.

Di serial ini, selain memperkenalkan Captain America baru, ada nama lain yang menjadi calon kuat superhero anyar MCU. Adalah Joaquin Torres yang dipercaya akan melanjutkan nama Falcon sebagai karakter baru yang siap muncul di serial maupun film MCU selanjutnya.

U.S. Agent
via Disney

Dan tak lupa John Walker yang sekarang mengusung nama U.S. Agent. Karakter paling dinamis sepanjang cerita, ia berubah menjadi sosok penting dengan kemunculannya. Sayang perjalanannya terkesan diperpendek, kemungkinan besar karena durasi. Tapi tak menutup kemungkinan Walker siap menjadi sosok penting di MCU nantinya.

The Falcon and the Winter Soldier episode 6 membawa banyak warna bagi MCU. Bukan sekadar Captain America kulit hitam pertama, tapi hadir “tanpa serum super, tanpa rambut pirang, dan tanpa mata biru.” Membuka era baru sebagai awal generasi kedua dari Avengers di Marvel Cinematic Universe.

Rating: 8/10

Genre: Aksi, Drama

Sutradara: Kari Skogland

Penulis Naskah: Malcolm Spellman

Pemain: Anthony MackieSebastian StanWyatt Russell

  • 80%
    Serial Rekomendasi - 80%
80%

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply