Review Serial The Falcon and The Winter Soldier Episode 5: Calm Before Storm

Artikel ini mengandung spoiler dari serial The Falcon and the Winter Soldier episode 5

cover The Falcon and The Winter Soldier

The Falcon and the Winter Soldier episode 5 bertujuan untuk mempersiapkan pertunjukkan besar di episode 6 nantinya. Momen perenungan dan lebih banyak drama di episode kali ini, Marvel sedang membawa perubahan besar di Fase Empat untuk Marvel Cinematic Universe ke depannya.

Melanjutkan kisah Captain America, John Walker (Wyatt Russell), yang membunuh Nico, pasukan Flag Smasher. Dia dihadang oleh Sam (Anthony Mackie) dan Bucky (Sebastian Stan) yang meminta kembali perisai vibranium tersebut. Akhirnya Sam membawa perisai itu kepada Isaiah Bradley (Carl Lumbly), mempertanyakan sosok Captain America yang selalu digambarkan sebagai seorang kulit putih.

The Falcon and The Winter Soldier episode 5
via Disney+

Di tengah menghilangnya Karli (Erin Kellyman), Sam akhirnya pulang ke rumah saudaranya, Sarah. Di mana ia menyadari potensinya sebagai penerus nama ikonik Captain America, tapi sebagai sosok berkulit hitam pertama. Hingga pertarungan terakhir dipersiapkan: Flag Smasher mengkudeta rapat Global Repatriation Council.

Captain America berkulit hitam

Masalah tentang ras dan kelompok minoritas memang menjadi topik penting dalam serial ini. Selain permasalahan keluarga Sam dan Sarah, serial ini juga mengupas lebih dalam isu ras. Terlebih dengan kehadiran Isaiah Bradley yang mengukap perbedaan perlakuan yang ia dapatkan ketika menjadi bahan percobaan serum manusia super.

Sam Wilson di The Falcon and The Winter Soldier episode 5
via Disney+

Isaiah menyebutkan, “Mereka tidak pernah membiarkan seorang berkulit hitam sebagai Captain America.” Namun perbincangannya dengan Sarah menegaskan keinginan Sam melanjutkan pertarungannya: menjadi simbol bagi masyarakat kulit hitam dengan mengusung perisai ikonik dan menjadi Captain America.

Adegan terakhirnya bersama Bucky, menampilkan chemistry love-hate relationship keduanya yang semakin dalam sejak pertemuannya di Captain America: Winter Soldier (2014). Dengan latarnya dalam konseling trauma, ia menantang Bucky berdamai dengan dirinya sendiri dengan membahagiakan orang-orang yang pernah ia sakiti.

Sam dan Bucky
via Disney+

Dan sebagai teaser untuk episode terakhir adalah sebuah koper yang dibawa oleh Bucky. Kemungkinan besar kostum baru Captain America bersayap, seperti yang digunakan Sam dalam versi komiknya. Hanya saja, kita harus menunggu seminggu lagi untuk melihat kostum baru Sam dan kemunculannya sebagai Captain America berkulit hitam pertama di MCU.

Munculnya karakter baru

Episode ini juga memprediksikan berbagai karakter baru di ranah MCU. Yang pertama yaitu penerus nama Falcon. Sayap Falcon yang rusak disimpan oleh Joaquin Torres (Danny Ramirez), menjadikannya kandidat Falcon setelah Sam menggunakan nama Captain America.

Joaquin Torres
via Marvel

Nama Torres sendiri pertama kali muncul pada Captain America: Sam Wilson #1 (2015). Ia merupakan imigran asal Meksiko yang mendapatkan sayap akibat mendapatkan DNA dari elang milik Sam Wilson. Sam sendiri yang menjadikan Torres sebagai partnernya. Nantinya, Torres akan bergabung dengan superhero remaja Champions, melawan kelompok villain Hydra.

Tokoh baru lainnya yaitu Valentina Allegra de Fontaine (Julia Louis-Dreyfus), seorang agen rahasia Rusia yang digambarkan memiliki hubungan erat dengan Nick Fury di versi komiknya. Kemunculan perdana Valentina dipercaya terjadi di Black Widow (2021) yang tertunda akibat pandemi COVID-19. Karakter ini kemungkinan besar memiliki pengaruh penting dalam Marvel Phase Four nantinya.

Lahirnya US Agent

The Falcon and the Winter Soldier episode 5 menampilkan mid-credit scene pertama dari serial ini. Memperlihatkan Walker yang sedang mempersiapkan perisainya, tentu saja bukan terbuat dari vibranium, dan menyematkan tanda bintang yang ia banggakan.

John Walker US Agent
via Marvel

US Agent merupakan versi lebih gelap dari Captain America. Pertama kali muncul dalam Captain America #323 (1986), John Walker memang dikenal karena rasa patriotismenya yang menggebu-gebu. Dalam versi komiknya, ia melawan berbagai kelompok teroris, termasuk Flag Smashers.

The Falcon and the Winter Soldier membawa lebih jauh kemudi MCU, sekaligus membawa berbagai perubahan besar dengan kemunculan karakter baru. Calm before storm, episode kelima mempersiapkan panggung yang tepat untuk kemunculan Captain America yang baru, Sam Wilson.

Rating: 8.5/10

Genre: Aksi, Drama

Sutradara: Kari Skogland

Penulis Naskah: Malcolm Spellman

Pemain: Anthony MackieSebastian StanWyatt Russell

  • 85%
    Serial Rekomendasi - 85%
85%

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply