Bingung Apa Itu Haki di One Piece? Berikut Penjelasannya

haki para admiral

One Piece memiliki power system atau jenis kekuatan di anime atau manga yang unik. Di awal cerita, kita dikenalkan dengan Buah Iblis, buah yang memberikan pemakannya kekuatan ajaib. Tapi, ketika Luffy sampai di Amazon Lily, tiba-tiba kita diperkenalkan dengan konsep haki, sebuah kekuatan baru. Tidak sedikit yang penasaran apa itu haki di One Piece. Nah, di sini saya akan mencoba menjelaskannya dengan ringkas.

Apa itu haki?

Haki di One Piece disebut sebagai kekuatan spiritual yang dimiliki oleh semua makhluk hidup, tentunya mahkluk hidup di dunia One Piece, ya. Tapi tidak semua orang bisa membangkitkan haki mereka.

Konon kabarnya semakin kuat keyakinan seseorang terhadap diri dan mimpinya, semakin kuat pula haki yang ia miliki.

Haki sangat berguna untuk mengimbangi kekuatan buah iblis. Dulu, karakter One Piece yang punya kekuatan buah iblis selalu dianggap sangat kuat. Tapi sekarang belum tentu, karena mereka bisa dikalahkan dengan kekuatan haki. Dan rata-rata pengguna haki terkuat itu memang karakter One Piece yang tidak memakan buah iblis, seperti Garp, Rayleigh, atau Shanks.

Bagaimana cara membangkitkan haki?

Haki bisa bangkit jika seseorang fokus latihan haki. Bisa juga karena mengalami peristiwa yang sangat berat.

Tapi ada juga karakter yang bisa menggunakan haki sejak kecil tanpa latihan atau mengalami peristiwa berat, contohnya Otohime di pulau bawah laut dan Aisa di pulau langit.

Jenis-jenis haki di One Piece

Kekuatan haki dikelompokkan menjadi tiga jenis. Haki untuk merasakan keberadaan orang (Kenbunshoku), haki untuk menguatkan tubuh seseorang secara defensif dan ofensif (Busoshoku), dan haki yang mendominasi orang lain (Haoshoku)

1. Haki Kenbunshoku

Selain disebut dengan haki observasi, Kenbunshoku juga dikenal dengan istilah Mantra di Skypiea. Aisa yang kita sebut di atas tadi bisa menggunakan mantra, begitu pula dengan Enel dan beberapa pengikutnya.

Haki Kenbunshoku adalah haki yang bisa merasakan keberadaan makhluk hidup yang ada di dunia. Penggunaannya seperti kekuatan indra keenam.

Dengan Kenbunshoku, penggunanya bisa tahu keberadaan target walaupun bersembunyi, tapi hanya dalam bentuk aura, bukan fisik.

Tidak itu saja, pengguna haki Kenbunshoku juga bisa merasakan kekuatan, emosi, suara dan keinginan seseorang.

Tingkat lanjut haki Kenbunshoku

Jika dilatih lebih keras lagi, pengguna Kenbunshoku bisa mengintip masa depan seperti yang terjadi pada Katakuri dan Luffy.

Fans juga menganggap kalau Voice of All Things yang bisa mendengar suara semua hal (terutama hal yang berhubungan dengan One Piece zaman dulu seperti Sea Kings dan Poneglyph) sebagai bentuk tingkat lanjut haki Kenbunshoku.

2. Haki Busoshoku

Haki Busoshoku disebut dengan haki armament atau Ryou di Wano. Tapi, sepertinya Ryou di Wano lebih ke penggunaan Busoshoku tingkat lanjut karena berkonsep “aliran haki.”

Haki tipe ini merupakan tipe yang umum digunakan karakter petarung di One Piece.

Busoshoku membuat penggunanya bisa menutupi bagian tubuhnya atau senjatanya dengan haki. Tubuh dan senjata yang ditutupi haki akan menjadi lebih kuat dan keras. Hasilnya, kekuatan bertarung seseorang bisa meningkat pesat baik itu secara defensif mautpun ofensif.

Konon kabarnya haki Busoshoku juga bisa membuat penggunanya menyentuh tubuh asli pemakan buah iblis Logia.

apa itu haki di one piece dan penjelasannya
Rayleigh tangkis serangan logia Kizaru via Toei Animation

Lah kok bisa? Kan Logia membuat tubuh pemakannya menjadi elemen?

Haki menggunakan kekuatan spiritual yang mampu menembus kekuatan buah iblis seseorang. Dengan begitu, kita bisa menyentuh tubuh asli si pengguna buah iblis.

Garp selalu menggunakan haki untuk menjitak Luffy. Karena itulah, walau tubuhnya karet, Luffy tetap benjol-bejol ketika dijitak kakeknya.

Seperti Kenbunshoku, haki Busoshoku juga akan meningkat jika dilatih terus menerus atau jika melawan musuh yang lebih kuat.

Dalam beberapa penggunaannya, haki Busoshoku bisa membentuk pola tribal. Biasanya pola ini muncul di jurus-jurus kuat para penggunannya.

Pola tribal ini pernah kita lihat di Gear Fourth Luffy, jurus Chikara Mochi Katakuri, dan juga pukulan Big Mom.

Gear 4 Luffy tribal haki
via Toei Animation

Tingkat lanjut haki Busoshoku

Teknik tingkat lanjut haki Busoshoku mengeluarkan haki dari tubuh, tapi hanya dalam jarak dekat.

Pengguna teknik ini bisa memukul atau menangkis serangan lawan tanpa menyentuh. Kita melihat teknik ini dari Rayleigh, Sentomaru, kakek Hyou, dan juga para Admiral lama.

Ketiga admiral tahan kekuatan Shirohige dengan haki Busoshoku tingkat lanjut

Lalu, ada satu lagi teknik tingkat lanjut haki Busoshoku. Lebih tinggi dari teknik sebelumnya.

Teknik lanjut yang satu ini membuat penggunanya bisa mengirim haki ke dalam tubuh target dan menyerangnya dari dalam. Luffy memperlajari teknik ini di arc Wano dengan bantuan kakek Hyo.

Kekuatan teknik lanjut ini mengingatkan pada kekuatan Rasengan Naruto ketika bertarung melawan Sasuke di atap rumah sakit. Waktu itu, Rasengan merusak tong air dari dalam, bukan dari luar.

3. Haki Haoshoku

Nah, haki yang satu ini merupakan tipe yang paling langka di One Piece. Nama lainnya adalah haki raja atau haki penakluk (conqueror haki).

Hanya orang tertentu yang bisa membangkitkan haki jenis ini. Yaitu orang-orang yang memiliki kualitas seorang raja.

Rata-rata pengguna haki ini adalah sorang raja, mantan raja, pemimpin, dan orang yang ingin jadi penakluk. Contohnya Luffy yang ingin jadi raja bajak laut.

Haoshoku membuat penggunanya bisa mendominasi keyakinan orang lain. Terutama secara mental.

haoshoku shanks
Toei Animation

Bentuk penggunaannya seperti menjinakkan hewan buas, membuat orang yang lebih lemah pingsan, dan bahkan bisa juga mempengaruhi benda di sekitar, seperti yang dilakukan Shanks di atas kapal Whitebeard.

Apakah ada tingkat lanjut dari haki Haoshoku?

Sejauh ini, belum ada penjelasan yang menyebutkan teknik tingkat lanjut haki Haoshoku. Tapi, banyak fans yang berteori kalau Shanks mampu melakukannya.

Apakah Haki bisa habis?

Jawabannya bisa. Walau haki adalah energi spiritual seseorang, tetap saja energi ini bisa habis jika terlalu lama digunakan.

Kita pernah melihat Luffy menjadi letoy setelah menggunakan Gear Fourth terlalu lama saat melawan Dofflamingo dan Katakuri.

Tapi sepertinya jika sering dilatih, stamina seseorang dalam menggunakan haki akan bertambah. Buktinya, Katakuri bisa menggunakan haki terus menerus dalam waktu yang lama.

Bisakah menguasai lebih dari satu jenis haki?

Jawabannya, bisa. Tapi biasanya penggunaan haki seseorang hanya menonjol di satu jenis saja walau bisa memakai dua atau tiga jenis.

Misalnya Zoro yang bisa Kenbunshoku dan Busoshoku. Tapi ia menonjol di Busoshoku, makanya ia lebih sering terlihat memakai Busoshoku.

Contoh lainnya Katakuri. Ia punya Busoshoku yang lebih keras dari Luffy, tapi hakinya lebih menonjol di Kenbunshoku, karena sering ia latih di pertarungan.

Hanya sedikit karakter One Piece yang bisa ketiga jenis haki. Tentu saja karena tidak semua orang bisa membangkitkan Haoshoku.

Haki sudah diperkenalkan sejak lama

Mungkin penjelasan konsep haki kita dengar saat Luffy terdampar di Amazon Lily. Kita juga lebih sering melihat penggunaan haki setelah time skip.

Tapi, sebenarnya bentuk penggunaan haki sudah lama ditampilkan di cerita One Piece.

Shanks pernah menggunakan haki Haoshoku ketika menyelamatkan Luffy dari monster laut di chapter awal. Monster itu langsung kabur setelah melihat mata Shanks.

Lalu, istilah haki juga sudah diperkenalkan jauh sebelum time skip, yaitu di pulau Jaya sebelum Luffy berangkat ke pulau langit. Di sini, Blackbeard hanya menyebut istilah haki, tapi tidak menjelaskan konsepnya.

Inkonsistensi haki

Salah satu pertanyaan terbesar fans tentang konsep kekuatan Haki di One Piece adalah “kenapa sebelum time skip haki Busoshoku tidak terlihat berwarna hitam?”

Sejak time skip, haki Busoshoku selalu digambarkan berwarna hitam. Tapi, sebelumnya ketika perang Marineford yang melibatkan petarung papan atas dunia One Piece, kita tidak melihat satu pun karakter yang menghitamkan tubuhnya dengan haki.

Kok bisa? Sampai saat ini belum ada penjelasan pasti dari Oda-sensei. Sehingga muncul beberapa pendapat.

Pendapat pertama menyebutkan kalau inkonsistensi haki itu merupakan kecerobohan Oda. Ia baru ingat untuk menghitamkan Busohsoku setelah time skip.

Pendapat kedua, haki yang kita lihat sebelum time skip bukan haki Busoshoku tipe pengerasan yang berwarna hitam, tapi invisible armor yang tidak terlihat.

Lalu pendapat ketiga menyebutkan haki Busoshoku tidak terlihat sebelum time skip karena kita melihatnya dari sudut pandang Luffy yang saat itu belum menguasai Busoshoku.

Jadi, setelah Luffy pandai Busoshoku, barulah semua penggunaan haki tipe Busoshoku digambar berwarna hitam.

Nah, kira-kira itulah penjelasan tentang haki di One Piece. Apakah kamu sudah tidak bingung lagi? Kalau masih bingung, ya tidak apa-apa.

Artikel ini pernah ditulis dalam bahasa Inggris di screenpatrols.com

Your average anime guy.