One Piece: Apakah Zoro akan Punya Haoshoku Haki?

Manga dan anime One Piece sudah tunjukkan tanda-tandanya, lho

zoro punya haki raja

Haoshoku haki atau haki Raja adalah jenis haki paling langka. Hanya segelintir karakter One Piece yang memiliki jenis haki ini. Yaitu mereka yang konon memiliki kualitas seorang raja. Hanya segelintir orang dari sekian banyak karakter kuat di One Piece yang punya haki ini. Di bajak laut Topi Jerami pun, hanya Luffy seorang. Tapi, di tulisan ini kita tidak akan membahas mereka, melainkan salah satu karakter yang mulai menunjukkan tanda-tanda memiliki haki raja, yaitu Zoro. Apakah Zoro akan punya Haoshoku haki? Berikut teorinya.

Aura Zoro intimidasi Urashima

Hingga chapter 976, One Piece tidak pernah secara terang-terangan atau gamblang menunjukkan kalau Zoro punya Haoshoku haki. Kita hanya melihat ia mampu menggunakan Bushoshoku, baik itu untuk menghitamkan tangan maupun ketiga katananya.

Laman One Piece wikia pun (yang selalu update informasi One Piece berdasarkan chapter terbaru atau informasi valid dari luar manga), hanya menyebutkan kalau Zoro pengguna dua haki saja, yaitu Bushoshoku dan Kenbunshoku.

Lalu, dari mana teori kalau Zoro akan punya Haoshoku ini muncul?

Di arc Wano, ketika Zoro dan Luffy membawa Otama ke kota Okobore untuk diobati, Urashima si Yokozuna mendadak takut melihat Zoro. Di One Piece 915, katanya Zoro punya aura kuat yang aneh.

Di animenya, tepatnya di episode 899, ada adegan Zoro mengintimidasi Urashima hanya dengan tatapan mata seolah-olah mengeluarkan Haoshoku haki. Akibatnya Urashima langsung meninggalkan kedai teh O-Tsuru.

Ada beberapa macam bentuk penggunaan Haoshoku, seperti mendominasi makhluk yang lebih lemah hingga mereka jinak atau pingsan. Nah, bisa saja kalau aura yang dipancarkan Zoro kepada Urashima adalah tanda-tanda kebangkitan Haoshoku haki-nya yang mendominasi atau mengintimidasi Urashima. Hanya si Marimo belum menyadarinya.

Jurus Ittoryu Daishinkan Zoro mirip haki raja

Tanda-tanda Zoro punya Haoshoku haki juga terlihat di jurusnya yang bernama Ittoryu Daishinkan. Di arc Punk Hazard, jurus ini membuat Monet tidak bisa bergerak seperti terkena tekanan mental yang sangat kuat sebelum Zoro membelahnya menjadi dua.

Baru-baru ini di animenya, jurus Ittoryu Daishinkan dari Zoro sedikit berkembang. Di episode 922, ketika Zoro dan Yasuie terlibat pertikaian di tempat judi, Zoro membuat lawannya pingsan tanpa ditebas seolah-olah terkena efek Haoshoku lewat jurus Ittoryu Daishinkan.

zoro punya haki haoshoku di arc wano

Adegan tersebut memang tidak ada di manga. Tapi, setiap anime pasti dibuat dengan arahan dan persetujuan si penulisnya, baik itu yang benar-benar mengikuti alur cerita manga atau yang membuat alur cerita sendiri. Mungkin Toei Animation sudah meminta pendapat Oda sebelum membuat adegan tersebut.

Lalu, apakah episode ini bisa jadi patokan kalau Zoro akan punya Haoshoku haki?

Bisa saja. Ada kemungkinan kalau anime One Piece sudah mendapat bocoran tentang Zoro yang akan gunakan Haoshoku. Ingat, di opening theme arc Wano, anime mengungkap jati diri Kyoshiro lebih dulu dari manga-nya. Dengan kata lain, Toei Animation sudah dapat bocoran cerita One Piece.

Kemiripan karakter di manga shonen

Teori terakhir adalah tentang kemiripan karakter yang menjadi tipikal cerita shonen. Biasanya, protagonis utama kerap menunjukkan kemiripan dengan panutan atau pendahulu mereka. Dalam hal ini kemiripan antara bajak laut Topi Jerami dengan bajak laut Roger.

Di bajak laut Roger, kapten dan first mate-nya, yaitu Roger dan Rayleigh, sama-sama pengguna Haoshoku. Tidak tertutup kemungkinan ini juga akan terjadi di Topi Jerami, di mana Luffy dan Zoro adalah kapten dan first mate.

Jadi, ya ada kemungkinan kalau Oda akan membuat dua kelompok bajak laut tersebut paralel atau mirip dalam hal pengguna haki raja.

Tapi tetap saja ini hanyalah teori belaka. Kita tunggu saja apakah benar Zoro bakalan punya Haoshoku haki atau tidak di kelanjutan cerita One Piece.

Bagaimana pendapatmu tentang teori ini? Tulis di kolom komentar ya.

Your average anime guy.

Leave a Reply