Categories
Review Serial TV

Review The Falcon and the Winter Soldier Episode 4: Sang Antagonis Terkuak?

The Falcon and the Winter Soldier episode 4 akhirnya memperlihatkan dinamisme plot, melanjutkan cerita dari tiga episode lainnya. Memang lebih sedikit adegan aksi, membawa pace yang lebih lambat, tapi tetap menarik untuk diikuti.

Zemo dalam The Falcon and the Winter Soldier episode 4
via Disney+

Dimulai dari flashback di mana Winter Soldier ketika masih di Wakanda, episode kali ini kembali fokus kepada Sam (Anthony Mackie), Bucky (Sebastian Stan), dan Zemo (Daniel Brühl) mencari Karli (Erin Kellyman) untuk mendapatkan serum super soldier.

Lebih drama dari 3 episode awal

Tidak ada karakter atau tempat baru seperti tiga episode sebelumnya. Namun menggabungkan apa yang sudah diformulasikan sebelumnya. Konfrontasi Sam dan Karli, kehadiran kembali duo John Walker dan Lemar Hoskins, serta prajurit Wakanda yang menginginkan Zemo menghiasi episode kali ini.

Ayo dalam The Falcon and the Winter Soldier episode 4
via Disney+

Dora Milaje masih mengesankan dengan kemampuannya mengalahkan Walker, tapi episode kali ini fokus pada Sam yang menunjukkan kemampuan negosiasinya. Mengungkap sisi lain dari Karli, sampai kemunculan Walker yang mengacaukan pembicaraan tersebut.

Zemo juga memperlihatkan niat aslinya; menghilangkan manusia super yang bisa bertindak sebagai “Tuhan”. Seperti ketika dia menghancurkan semua serum super soldier yang dijatuhkan oleh Karli. Menjadikannya lebih sebagai antihero dibandingkan penjahat dalam serial ini.

Perisai berdarah

Judul The Falcon and the Winter Soldier episode 4 “The Whole Word is Watching” bisa memiliki dua arti. Yaitu bagaimana Flag Smasher menyebarkan eksistensinya setelah pengeboman yang diliput berita, atau kejadian mengenaskan yang terjadi di akhir episode ini: Walker yang membunuh anggota Flag Smasher dengan perisai Captain America-nya.

John Walker Captain America
via Disney+

Kejadian ini jelas membedakan Walker dengan Steve Rogers, mengingat Walker dibutakan oleh dendamnya atas kematian Hoskins/Battlestar. Ironisnya, anggota Flag Smasher bernama Nico yang dibunuh oleh Walker menyebutkan bahwa dia mengidolakan Captain America sedari kecil. Memberikan kematian yang menyayat hati.

BACA JUGA  Time Skip yang Bikin Penasaran di New Girl Season 7

Tak menutup kemungkinan John Walker dipecat sebagai Captain America setelah kejadian ini. Sehingga Sam bisa mengambil alih perisai seperti yang terlihat pada trailer yang dirilis Disney beberapa waktu lalu.

Siapa sebenarnya si antagonis?

Hingga episode keempat, serial ini bukan hanya menghadirkan aksi khas Marvel, tapi juga drama yang semakin kental. Melihat bagaimana sang sutradara Kari Skogland membawa penonton lebih dekat dengan karakter Karli, maupun pengembangan arc John Walker yang semakin dinamis.

Dari penerus sang pahlawan, Walker dipenuhi oleh emosi setelah kematian Lemar dengan serum super soldier yang sudah ada di tubuhnya. Terlebih Lemar pernah menyebutkan bahwa “Kekuatan membuat seseorang lebih menjadi diri mereka sendiri”. Menyoroti Steve Rogers, Karli, serta apa yang nantinya dialami Walker.

kematian Lemar Hopkins
via Disney+

Dengan kekuatan yang baru, Walker terlihat lebih berbahaya. Apalagi dengan tekanan sebagai suksesor sang ikon. Sedikit informasi, Walker terlihat tidak pernah mencukur jenggotnya sejak pertama kali diperkenalkan sebagai Captain America di episode pertama. Memperkuat alur karakternya ke sisi gelap.

Episode keempat mengungkapkan berbagai resolusi dari karakter utama yang ada. Aksi dengan drama yang semakin menawan. Menegaskan kehadiran The Falcon and the Winter Soldier sebagai entry paling beragam dan menarik di Marvel Cinematic Universe hingga saat ini.

Rating: 8.5/10

Genre: Aksi, Drama

Sutradara: Kari Skogland

Penulis Naskah: Malcolm Spellman

Pemain: Anthony MackieSebastian StanWyatt Russell

  • 80%
    Serial TV Rekomendasi - 80%
80%

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply