Review Serial The Falcon and the Winter Soldier episode 3: Kemunculan Karakter Lama

Artikel ini mengandung spoiler dari serial The Falcon and the Winter Soldier episode 3

cover The Falcon and The Winter Soldier

Ada banyak kejutan di serial The Falcon and the Winter Soldier episode 3 dengan kemunculan berbagai karakter baru dan cerita yang semakin menarik. Ditulis oleh Derek Kolstad (kreator John Wick), episode kali ini fokus pada fakta di balik super serum yang baru serta berbagai easter egg dari cerita Marvel sebelumnya.

Review episode 3 serial The Falcon and the WInter Soldier ini mengandung spoiler. You’ve been warned!

Episode kali ini melanjutkan perjalanan Bucky (Sebastian Stan) dan Sam (Anthony Mackie) mencari petunjuk mengenai dalang di balik serum super-soldier yang dimiliki oleh Karli Morgenthau (Erin Kellyman) dan kelompok Flag Smasher. Untuk itu, mereka harus membebaskan Zemo (Daniel Brühl) yang dipenjara sejak Captain America: Civil War (2016).

Sam The Falcon dan Sharon Carter
via Disney

Zemo mengenal seseorang di Madripoor yang mengetahui tentang serum super ini bernama Shelby. Bersama Sharon Carter (Emily VanCamp), mereka akhirnya mendapatkan informasi mengenai Dr. Wilfred Nagel, ilmuwan yang mengetahui cara membuat serum tersebut. Zemo tiba-tiba membunuh Dr. Nagel, dan mereka melarikan diri ke Riga, Latvia.

Karakter lama bermunculan

Episode ketiga ini membawa kembali karakter lama yang sudah ditunggu-tunggu, yaitu Sharon Carter. Sharon sendiri merupakan keponakan dari Peggy Carter, kekasih Steve Rogers di era 1940-an. Ia mengasingkan diri ke Madripoor setelah jadi buronan karena membantu Captain America dan Falcon dalam Civil War.

Sebagai episode pertama yang ditulis oleh Derek Kolstad, banyak adegan aksi dalam episode ini. Termasuk ketika Sharon Carter harus melawan para bounty hunter yang memburu Bucky, Sam, dan Zemo. Membawa karakteristik Sharon yang tangguh seperti versi komiknya.

Helmut Zemo
via Disney

Episode ini juga menjadi arc baru bagi Helmut Zemo. Karakter villain ini terlihat menggunakan topeng berwarna ungu yang menjadi ciri khasnya. Topeng ikonik ini adalah milik Heinrich Zemo, sang ayah yang pertama kali muncul di The Avengers #4 (1964).

Kota Madripoor

Bucky, Sam, dan Zemo mengunjungi Madripoor, disebut sebagai negara dengan hukum amburadul yang terletak di perairan Indonesia. Negara ini dikuasai oleh Power Broker yang juga sedang mencari super-soldier serum. Tapi di versi komiknya, Madripoor memiliki koneksi erat dengan X-Men.

Madripoor dalam The Falcon and the Winter Soldier

Salah satu scene di Madripoor bahkan mengindikasikan dua karakter X-Men dalam serial ini. Yang pertama adalah Selby, pertama kali keluar dari edisi Excalibur #104 (1988), dalam versi komiknya merupakan laki-laki berkulit gelap yang memimpin kelompok pemberontak Mutant Liberation Front (LMF). Di serial ini, ia digambarkan sebagai seorang wanita, namun dibunuh oleh Sharon.

Princess Bar
via Disney

Dan yang tampak sekilas adalah Princess Bar. Sebuah bar di Madripoor ini berkaitan erat dengan Wolverine. Diperkenalkan pertama kali pada komik Marvel Comic Presents #1 (1988), bar ini kepunyaan seorang pria bernama O’Donnell. Wolverine akhirnya membeli bar ini dengan nama samaran Patch.

Ending yang mengejutkan

Mungkin sudah menjadi ciri khas serial ini untuk menyematkan berbagai kejutan di akhir. Setelah sebelumnya memperkenalkan Zemo sebagai tambahan terbaru dalam perjalanan duo superhero ini, ada karakter baru yang diperkenalkan menjelang akhir The Falcon and the Winter Soldier episode 3.

Adalah Ayo yang diperankan oleh Florence Kasumba, seorang pasukan wanita dari Wakanda. Ia merupakan orang kedua dalam pengawal super bad-ass Black Panther setelah Dora Milaje (Shaunette Renée Wilson). Dan kali ini, ia hadir dan langsung mencari Zemo.

Ayo pengawal Wakanda
via Disney

Nah, seperti yang dijelaskan dalam pertengahan film ini, Zemo merupakan orang di balik meninggalnya Raja T’Chaka yang terjadi dalam Civil War. Pertemuan Ayo dengan Bucky pun terjadi karena Bucky pernah tinggal di Wakanda pada akhir cerita Black Panther (2018).

Secara keseluruhan, Plot yang dinamis dengan pace yang terjaga dengan baik masih dipertahankan. Kehadiran Ayo dan perkembangan serum super-soldier memberikan cliffhanger yang menarik untuk episode keempat nantinya. Termasuk dengan kemunculan cameo besar yang siap menanti di episode kelima.

Rating: 8.5/10

Genre: Aksi, Drama

Sutradara: Kari Skogland

Penulis Naskah: Malcolm Spellman

Pemain: Anthony MackieSebastian StanWyatt Russell

Serial Rekomendasi
  • 85%
    Serial Rekomendasi - 85%
85%

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply