Categories
Review Serial TV

Review The Falcon and The Winter Soldier Episode 1 & 2: Era Baru Superhero Marvel

The Falcon and The Winter Soldier adalah kelanjutan dari semesta Marvel di layar kaca setelah kesuksesan WandaVision (2021). Ada 6 episode dipersiapkan, tapi dengan runtime yang lebih panjang dibandingkan seri perdana Marvel Studios di Disney+.

Serial ini menceritakan masa enam bulan paska Avengers: Endgame (2019), melanjutkan kisah Sam Wilson/Falcon setelah dipercaya memegang perisai Captain America oleh Steve Rogers yang sudah beranjak tua. Tak hanya sendiri, serial ini juga berfokus pada Bucky Barnes yang harus meredam masa-masa ‘pensiunnya’ dari pertempuran.

Kisah lain sang pahlawan

Episode pertama langsung dibuka dengan menampilkan sisi lain dari superhero Marvel. Yang pertama adalah Sam Wilson yang harus menolong sang kakak, Sarah Wilson, yang terancam bangkrut. Sarah merupakan salah satu orang selamat dari The Blip dan muncul setelah menghilang selama 5 tahun.

The Falcon
via Disney+

Di sisi lain, Bucky Barnes harus melakukan sesi psikiater sebagai bagian dari amnesti atas kejahatan yang pernah ia lakukan. Ia harus berjuang melawan depresi paska perang yang terus menghantuinya. Termasuk sedikit adegan dimana ia mencoba mencari kisah cinta baru dengan seorang bartender bernama Leah (Miki Ishikawa).

Di dua episode awal, plot mengalir tak begitu cepat, namun tetap menghanyutkan. Memperlihatkan sisi humanis dari superhero, ada banyak subplot yang menjadi penguat arc Sam dan Barnes. Patut ditunggu bagaimana serial ini bisa mengubah karakter yang sebelumnya hanya dikenal sebagai wingman dari Captain America.

Kemunculan Captain America baru

Dan yang menarik di akhir episode pertama adalah kemunculan Captain America terbaru. Sempat menjadi sosok yang menarik perhatian dalam trailer yang dikeluarkan Marvel, episode kedua The Falcon and The Winter Soldier mengungkapkan lebih banyak tentang sosok ini.

Captain America John Walker
via Disney+

Pengganti Steve Rogers adalah seorang prajurit bernama John Walker (Wyatt Russell). Sama dengan Rogers, Walker merupakan bagian dari Super Soldier dari pemerintah Amerika. Pada versi komiknya, Walker dikenal dengan nama Super-Patriot.

BACA JUGA  Review Film The King of Staten Island (2020): Sisi Humanis Pete Davidson

Dalam serial ini, ia ditemani oleh Lemar Hoskins/Battlestar (Clé Bennett) yang menjadi tandemnya. Hoskin merupakan seorang prajurit yang menerima super serum bernama Power Broker sehingga membuatnya mendapatkan tenaga lebih kuat dari manusia biasa.

Dalam trailer terlihat bagaimana Wilson menggunakan perisai Captain America yang saat ini dimiliki Walker. Tak menutup kemungkinan sesuatu terjadi pada Walker yang membuat Wilson kembali mendapatkan perisai ikonik tersebut.

Film aksi old school

Dan yang patut diperhitungkan pada serial ini tentu saja berbalut adegan aksi yang menawan. Sang sutradara Kari Skogland tampil mengesankan dengan tema level blockbuster, The Falcon and The Winter Soldier layaknya mengulang kembali rasa lama dari film aksi Hollywood; koreografi dan baku hantam nan apik.

Jika episode pertama mengungkapkan apa saja yang terjadi pada pahlawan Marvel paska The Blip, episode kedua mengatur arah utama dari plot serial ini. Dua pasang Wilson/Barnes dan Walker Hoskins akhirnya menemukan musuh baru bernama Flag-Smasher yang dipimpin oleh Karli Morenthau (Erin Kellyman).

The Falcon and The Winter Soldier
via Disney+

Penggemar Marvel juga kembali disuguhkan dengan love-hate relationship dari Wilson dan Barnes. Perseteruan dan adu mulut keduanya memang menarik perhatian sejak Captain America: Civil War (2016). Menghadirkan komedi yang pas sebagai pelepas lelah di serial ini.

Dan tentu saja banyak hal yang bisa terjadi dalam serial ini. Termasuk kembalinya karakter lama, Baron Zemo (Daniel Brühl) terungkap di akhir cerita di episode kedua ini. Masih ada empat episode yang tersisa, The Falcon and The Winter Soldier membawa nuansa lama seri aksi old school Marvel.

Rating: 8/10

Genre: Aksi, Drama

Sutradara: Kari Skogland

Penulis Naskah: Malcolm Spellman

Pemain: Anthony MackieSebastian StanWyatt Russell

BACA JUGA  Review Serial The Mysterious Benedict Society (2021): Serial Anak Bergaya Wes Anderson
Review Serial TV
  • 85%
    Film Rekomendasi - 85%
85%

Summary

Penggemar Marvel juga kembali disuguhkan dengan love-hate relationship dari Wilson dan Barnes. Perseteruan dan adu mulut keduanya memang menarik perhatian sejak Captain America: Civil War (2016). Menghadirkan komedi yang pas sebagai pelepas lelah di serial ini. Masih ada empat episode yang tersisa, The Falcon and The Winter Soldier membawa nuansa lama seri aksi old school Marvel.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply