Categories
Drakor Film

4th of July, 10 Rekomendasi Film Mengenai Sejarah Amerika

4th of July selalu menjadi perayaan yang megah di Amerika. Dan sebagai salah satu negara adidaya, hari kemerdekaan Amerika ini menjadi santapan seluruh dunia. Dan lika liku sejarah panjang Amerika bisa kamu temukan di novel hingga adaptasi film Hollywood. Berikut beberapa rekomendasi film yang menggambarkan berbagai sejarah Amerika yang panjang sejak sebelum kemerdekaannya.

1. Gone with the Wind (1939)

Sutradara: Victor Fleming
Pemeran: Clark Gable, Vivien Leigh, Leslie Howard, Olivia de Havilland
Durasi: 238 menit

film Gone with the Wind
via Metro-Goldwyn-Mayer

Film berdurasi hampir 4 jam ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Margaret Mitchell. Menceritakan tentang romansa antara Scarlett O’Hara dengan Ashley Wilkes dan Rhett Butler. Meski dikritik dengan stereotipikal perbudakan, film ini disebut membuka jalan atas penggambaran karakter Afrika Amerika di layar lebar.

2. Grasp of Wrath (1940)

Sutradara: John Ford
Pemeran: Henry Fonda, Jane Darwell, John Carradine, Shirley Mills
Durasi: 129 menit

The Grapes of Wrath
via 20th Century Fox

Diambil dari novel populer karya John Steinbeck, film ini menceritakan tentang keluarga Toads yang harus pindah dari Oklahoma ke California, meninggalkan perkebunan mereka untuk mencari mata pencaharian lain pada masa Great Depression melanda Amerika di era 1930-an. Selain novelnya yang melegenda, film ini juga dikenang sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

3. The Good, The Bad, and The Ugly (1966)

Sutradara: Sergio Leone
Pemeran: Clint Eastwood, Eli Wallach, Lee Van Cleef, Aldo Giuffre
Durasi: 177 menit

Film The Good The Bad The Ugly
via Produzioni Europee Associate

Ceritanya berpusat pada tiga penembak yang bersaing menemukan emas yang terkubur paska Perang Saudara di Amerika. Film ini dikenal karena penggunakan scene long shot, menegangkan, dan baku tembak yang stylish. Membawa Clint Eastwood ke ranah ketenaran, sekaligus memperkenalkan genre spaghetti Western yang mengubah wajah Hollywood kala itu.

BACA JUGA  Tak Kalah dari Hollywood, Ini 12 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Fiksi Ilmiah

4. Good Morning, Vietnam (1987)

Sutradara: Barry Levinson
Pemeran: Robin Williams, Forest Whitaker
Durasi: 121 Menit

4th of July Good Morning Vietnam
via Buena Vista Pictures Distribution

Film drama komedi yang berlatarkan Perang Vietnam ini mengisahkan Robin Williams sebagai seorang radio DJ yang datang ke Vietnam dan berinteraksi langsung dengan realita perang yang menyedihkan. Menghibur sekaligus menyenangkan untuk ditonton. Dimana sebagian besar adegan Robin Williams di film ini merupakan improvisasi yang brilian.

5. National Treasure (2004)

Sutradara: John Turteltaub
Pemeran: Nicholas Cage, Harvey Keitel, Jon Voight, Diane Kruger
Durasi: 131 Menit

4th of July National Treasure
via Disney

Memang tak seterkenal film lain di daftar ini, tapi film yang dibumbui oleh tema Freemason ini mengungkap beberapa sejarah (yang abu-abu) dari Perang Revolusi Amerika hingga cerita 4th of July. Nicholas Cage berperan sebagai Benjamin Franklin Gates, seorang sejarawan dan ahli kriptografi yang ingin memecahkan rahasia ‘harta nasional’ yang berada di balik Deklarasi Kemerdekaan Amerika.

6. 12 Years a Slave (2013)

Sutradara: Steve McQueen
Pemeran: Chiwetel Eljofor, Michael Fassbender, Lupita Nyong’o, Brad Pitt
Durasi: 134 Menit

Film biografi drama ini diadaptasi dari novel berjudul sama oleh Solomon Northup, seorang pria Afrika-Amerika yang ditipu dan akhirnya dijual sebagai budak pada tahun 1841. Ia dipekerjakan di sebuah perkebunan di Louisiana selama 12 tahun hingga akhirnya mendapatkan kebebasannya kembali. Dipuji oleh kritikus, film ini berhasil menyabet berbagai gelar bergengsi tahun itu.

7. Selma (2014)

Sutradara: Ava Duvernay
Pemeran: David Oyelowo, Tom Wilkinson, Carmen Ejogo, Giovanni Ribisi
Durasi: 138 Menit

David Oyelowo mendapatkan pujian atas penampilannya sebagai Dr. Martin Luther King Jr. dalam film Selma. Dibuat berdasarkan march dari Selma ke Montgomery tahun 1965 yang menuntut hak suara bagi pemilih kulit hitam. Film ini menggambarkan kepemimpinan Luther King selama periode tiga bulan dimana ia memperjuangkan hak suara bagi orang Afrika-Amerika.

BACA JUGA  Rekomendasi Film Indonesia Bertema Keluarga yang Bikin Mewek

8. Lincoln (2012)

Sutradara: Steven Spielberg
Pemeran: Daniel Day-Lewis, Sally Field, David Strathairn, Joseph Gordon-Levitt
Durasi: 150 Menit

Sutradara ternama Steven Spielberg mengarahkan film drama sejarah tentang Abraham Lincoln yang ingin menghapuskan perbudakan dan menyatukan kembali Amerika yang terpecah belah akibat perang saudara, bahkan setelah Deklarasi Kemerdekaan di 4th of July. Dibuat berdasarkan biografi Doris Kearns Goodwin yang menceritakan empat bulan terakhir kehidupan Lincoln.

9. The Birth of a Nation (2016)

Sutradara: Nate Parker
Pemeran: Nate Parker, Armie Hammer, Colman Domingo, Aja Naomi King
Durasi: 120 Menit

Drama sejarah Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh Nate Parker ini menyampaikan kisah Nat Turner, pria kulit hitam yang diperbudak dan pemimpin pemberontakan budak di Southampton County, Virginia pada tahun 1831.  Walaupun Nate sempat terjerat kasus pemerkosaan, namun film ini dipuji berkat cerita, akting, soundtrack, serta sinematografi yang mengagumkan.

10. Hidden Figures (2016)

Sutradara: Theodore Melfi
Pemeran: Octavia Spencer, Taraji P. Henson, Janelle Monae
Durasi: 127 Menit

Film sejarah mengenai tiga wanita Afrika-Amerika yang memainkan peran penting dalam misi pengiriman astronot Amerika ke luar angkasa pada Perang Dingin. Ketiga karakter utama, Katherine, Dorothy, dan Mary menggabungkan drama dan humor sebagai pionir di NASA dan Gerakan Hak Sipil Amerika di era 50-an dan 60-an.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply