Categories
Review Serial TV

Review Film Fear Street Part 1: 1994 (2021): Stranger Things versi Gore

Film Fear Street Part 1: 1994 merupakan entry terbaru Netflix yang diambil dari salah satu karya populer dari penulis fenomenal R.L. Stine. Sutradara Leigh Janiak membawa seri horor slasher era 80-an ini sebagai tontonan ringan yang cukup menyenangkan pencinta film horor bergaya jadul.

Menceritakan dua kota yang saling berbatasan, Sunnyvale dan Shadyside. Ketika Sunnyvale semakin megah, Shadyside terpuruk karena serangkaian pembunuhan yang terjadi di masa silam. Yang terbaru, adalah pembunuhan di mal yang melibatkan Heather (Maya Hawke).

Maya Hawke sebagai Heather
via Netflix

Anak-anak sekolah Sunnyvale dan Shadyside berkumpul untuk mengenang kejadian tersebut, Mempertemukan kembali Deena (Kiana Madeira) dan sang mantan Sam (Olivia Scott Welch). Persaingan kedua sekolah pun memanas hingga menjurus pada kecelakaan Sam dan temannya.

Sejak itu, Deena yang tinggal di Shadyside mulai menemukan hal aneh, seperti penguntit berkostum tengkorak yang terlihat di depan rumahnya. Hal ini juga melibatkan kedua teman Deena, Kate (Julia Rehwald) dan Simon (Fred Hechinger), termasuk adiknya, Josh (Benjamin Flores Jr.) yang merasakan bahwa hal ini berkaitan dengan kisah pembunuhan yang menghantui Shadyside.

Horor slasher untuk remaja

Fear Street Part 1 memang tak dibuat untuk menyeramkan. Membawa tone dan mood yang tak jauh berbeda dari sumber aslinya, menghormati kesimbangan antara horor dan humor sebagai penarik generasi pembaca muda ke karya R.L Stine. Sekaligus membawa aroma horor era 90-an layaknya seri film Scream.

Terasa ada gabungan Stranger Things namun dengan nuansa yang lebih dewasa. Ada bumbu seksual, kisah cinta sesama jenis yang marak di film Hollywood beberapa tahun terakhir, dan tone gore yang menjadi-jadi di babak ketiga film. Jadi siap-siap bagi kamu yang takut melihat darah.

BACA JUGA  Review Film Dilan 1990: Novel vs Film
Kiana Madeira dan Olivia Scott Welch
via Netflix

Plot yang ditawarkan tak begitu kompleks, namun lebih ringan dan menghibur seperti yang ditawarkan oleh seri Netflix lainnya. Ada banyak informasi yang dirangkum dalam 107 durasi film ini. Termasuk sejarah dua kota, perkenalan karakter yang terkesan lambat, dan termasuk konflik si kaya vs si miskin yang hanya menjadi penghias saja.

Narasi berjalan cukup dinamis, walaupun tak bisa dipungkiri terasa membosankan di pertengahan dan beberapa plot mudah ditebak. Sebagian plot sayangnya mengundang tanya, seperti ketiadaan para orang tua dari masing-masing karakter. Bahkan karakter dewasa di film ini bisa dihitung dengan jari.

Simon, Josh, dan Kate
via Netfix

Adaptasi karya R.L. Stine

Film ini merupakan adaptasi langsung dari seri novel remaja yang ditulis oleh R.L. Stine. Seri Fear Street menceritakan karakter yang lebih tua dibandingkan para remaja di seri Goosebumps.

Karakternya lumayan menarik. Sayang konflik romansa antara Deena dan Sam tak begitu banyak diangkat. Tapi yang menarik perhatian yaitu Josh, si kutu buku yang (anehnya) mengumpulkan kipling berbagai pembunuhan yang terjadi di Shadyside.

review film Fear Street Part 1
via Netflix

Ada karakter-karakter lain yang diperkenalkan tentu saja kebanyakan dari mereka akan menjadi korban keganasan pembunuh berantai. Dibuat dengan fotman trilogi, bisa dipastikan akan ada karakter lain lagi yang akan muncul di seri selanjutnya.

Ada banyak set up yang dibangun untuk memancing rasa penasaran, diperlihatkan sekilas di pertengahan cerita. Dan beberapa karakter kemungkinan besar akan dibawa di film kedua, seperti sang Sheriff Goode (Ashley Zukerman).

review film Fear Street Part 1
via Netflix

Trilogi Fear Street juga menjadi lebih menarik karena ketiga film ini disusun dalam urutan mundur. Dimulai dari Fear Street Part 1 yang berlatar tahun 1994, dilanjutkan di film kedua tahun 1978, dan film ketiga yang sepertinya mengungkap semua hal tentang kejadian misterius di Shadyside. Tentu ini akan membuat penonton penasaran dengan kelanjutan ksiah Deena dan Sam serta tentang rahasia kota kecil bermasalah itu.

BACA JUGA  Review Film The Old Guard (2020): (Calon) Waralaba Baru Netflix

Film Fear Street Part 1: 1994 membawa nostalgia seri horor berdarah-darah era 90-an dengan pemeran yang lebih muda dan tone khas R.L. Stine: tak menakutkan dan diselingi humor serta twist sebagai pemikat di akhir cerita. Bayangkan saja Stranger Things namun lebih dewasa dan penuh darah.

Genre: Horor, Misteri

Sutradara: Leigh Janiak

Penulis: Phil Graziadei, Leigh Janiak

Pemeran: Kiana Madeira, Olivia Scott Welch, Julia Rehwald, Benjamin Flores Jr.

Rekomendasi Film
80%

Summary

Film Fear Street Part 1 membawa nostalgia seri horor berdarah-darah era 90-an dengan pemeran yang lebih muda dan tone khas R.L. Stine: tak menakutkan, diselingi humor serta twist sebagai pemikat di akhir cerita. Bayangkan saja Stranger Things namun lebih dewasa dan penuh darah.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply