Categories
Review Serial TV

Review Serial Loki Episode 4 (2021): Mengupas Sisi Humanis Loki

Perjalanan The God of Mischief kembali dilanjutkan di serial Loki episode 4 dengan pengembangan narasi dan karakter, serta mengungkapkan rahasia terbaru dari organisasi Time Variance Authority. Dan Marvel sekali lagi mengejutkan penonton di akhir episode keempat serial Disney+ ini.

Episode kali ini melanjutkan kisah Loki dan Sylvie terjebak di Lamentis yang hampir hancur. Di lain pihak, Mobius dan Ravonna mencari cara untuk menemukan kedua Variant tersebut. Hingga mereka menemukan perubahan timeline yang signifikan akibat interaksi antara Loki dan Sylvie.

Mobius dan Sylvie
via Disney+

Keduanya ditangkap dan akhirnya Loki mengungkapkan kepada Mobius bahwa Time Variance Authority telah berbohong. Mobius mulai meragukan TVA, hingga akhirnya berbalik dan menolong Loki. Sayang., Ravonna mengetahui hal ini. Ia pun menyerang Mobius dan membawa Loki serta Sylvie untuk dieksekusi di hadapan Time-Keeper.

Persiapan melawan TVA

Selain fokus kepada Loki, episode terbaru juga mengungkapkan berbagai rahasia yang ada di MCU, termasuk di TVA. Yang pertama adalah bagaimana Sylvie kecil ditangkap ketika sedang berada di Asgard dan akhirnya melarikan diri. Berpindah-pindah dimensi waktu sembari berencana untuk menjatuhkan TVA.

Mobius dan Ravonna
via Disney+

Loki dan Sylvie yang akan dieksekusi akhirnya membuka rahasia besar lainnya. Setelah pertarungan melawan Minuteman, Sylvie memenggal kepala salah satu Time-Keeper, yang ternyata adalah robot. Menegaskan bahwa dua episode terakhir akan mengungkapkan siapa otak sebenarnya di balik TVA.

Plot cerita yang menarik masih diselingi dengan jokes walaupun tone keseluruhan episode terlihat serius. Kali ini, penonton dihadapkan dengan konfrontasi Loki dan Mobius yang lebih dalam. Dimana Loki tetap mencoba memanipulasi Mobius, sementara Mobius menangkap perubahan hati Loki terhadap Sylvie.

Perubahan karakter Loki

Marvel kembali mengembangkan dinamisme dari karakter Loki. Di awal, dia menyadari bahwa menjadi Loki bukan hanya selalu kalah, tetapi selalu bertahan walau apapun menghadang. Mengindikasikan bahwa Loki tumbuh menjadi semakin dewasa.

BACA JUGA  Review The Falcon and The Winter Soldier Episode 1 & 2: Era Baru Superhero Marvel
review serial Loki episode 4
via Disney+

Bahkan ketika bertemu dengan Sif Jaimie Alexander) di Time Loop, ia mengakui bahwa dia merupakan seorang narsistik yang ingin mendapatkan perhatian karena jauh di lubuk hatinya, dia takut akan kesendirian.Loki akhirnya mulai mempercayai orang lain, termasuk Mobius. Dimana dia menganggap Mobius sebagai teman.

Hubungan Loki dan Sylvie semakin erat. Bahkan menjelang akhir episode ini, Loki terlihat bersiap untuk mengatakan perasaannya kepada Sylvie. Namun momen ini langsung berubah ketika Ravonna menghunuskan tongkatnya dan membuat Loki menghilang, layaknya Mobius.

Post credit scene

Dan akhirnya adegan yang merupakan ciri khas Marvel kembali datang. Setelah setengah musim berakhir, baru pada episode keempat Marvel akhirnya menghadirkan post credit scene Loki yang bisa dibilang mengejutkan. Yang pertama kalinya mengungkapkan kondisi mereka yang terkena ‘prune’.

Adegan post credit ini kembali ke Loki yang telah terkena ‘prune’. Ia terbangun di sebuah reruntuhan kota dan bertanya apakah dia berada di neraka. Sebuah suara menimpalinya. Dan ternyata ia disambut oleh tiga orang Variant Loki yang lain, dan sebuah Loki buaya (?).

Ketiganya disebut sebagai Boastful Loki (Deobia Oparei), Kid Loki (Jack Veal), dan kemunculan Richard E. Grant yang misterius akhirnya menunjukkan karakternya sebagai Classic Loki. Ketiganya disebut merupakan referensi dari berbagai karakter Loki dalam versi komiknya.

Serial Loki episode 4 lebih fokus pada mengungkap berbagai misteri yang menyelimuti TVA serta set up untuk pertarungan akhir yang akan terjadi di dua episode selanjutnya. Alur episode kali ini membuktikan kepiawaian mereka di Marvel dan Disney untuk selalu memberikan di setiap iterasi semesta MCU.

Genre: Aksi, Komedi

Sutradara: Kate Herron

Penulis: Michael Waldron

Aktor: Tom Hiddleston, Owen Wilson, Gugu Mbatha-Raw, Sophia Di Martino

BACA JUGA  Review Film The Darkest Minds (2018) - Film Adaptasi Novel Young Adult yang Asyik
Rekomendasi TV Series
8/10

Summary

Loki episode 4 lebih fokus pada mengungkap berbagai misteri yang menyelimuti TVA serta set up untuk pertarungan akhir yang akan terjadi di dua episode selanjutnya. Alur episode kali ini membuktikan kepiawaian mereka di Marvel dan Disney untuk selalu memberikan di setiap iterasi semesta MCU.

By Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply