Categories
Game List

Cara Leveling di Ragnarok X: Next Generation, Newbie Wajib Tahu!

Leveling adalah cara untuk menaikkan level di game Ragnarok X: Next Generation. Setiap naik level, ada hadiah poin status dan skill yang berguna untuk menaikkan kemampuan karakter dalam mengalahkan lawan. Nah, agar bisa menaikan level dengan cepat setiap harinya, lakukanlah 4 cara mudah leveling di Ragnarok X berikut.

Tips Leveling di Ragnarok X: Next Generation untuk Pemula

Quest Board

leveling di ragnarok x

Yang pertama adalah menyelesaikan Quest Board. Ini adalah cara paling dasar untuk menaikkan level dengan cepat di game RO X. Semua pemain pemula akan dibeikan tutorial menjalankan misi papan ini. Setidaknya ada 10 misi yang diberikan setiap harinya yang akan direset jam 5 pagi.

Misi-misinya pun gampang karena ada sistem auto pathfinding. Kamu cuma tinggal ketuk masing-masing quest yang muncul di sebelah kiri layar dan biarkan karaktermu berjalan sendiri ke TKP. Setiap misi berhadiah base dan job EXP yang lumayan untuk menaikkan level.

Sekadar tips agar misi ini cepat selesai, ketuk misi yang ada di map kamu berada terlebih dahulu baru ketuk atau yang berada di luar map.

Odin’s Blessing Training Point

cara leveling di ragnarok x next generation

Cara leveling di Ragnarok X yang kedua adalah hunting monster dengan Odin’s Blessing aktif. Odin’s Blessing adalah fitur di Ragnarok X yang bisa dilihat di tombol bulat sebelah bar HP dan SP di pojok kiri atas.

Fitur ini memberikan bonus EXP, zenny, drop rate, dan stamina ketika mengalahkan monster. Syaratnya, kamu harus mengalahkan monster saat poin Odin’s Blessing terisi. Jika poinnya kosong, tidak ada bonus yang didapatkan. Cara mengisi poin Odin’s Blessing adalah dengan menyelesaikan Quest Board dan nongkrong di Prontera.

Oiya, bonus Odin’s Blessing cuma berlaku ketika mengalahkan monster dengan range enam level, dengan kata lain monsternya tidak boleh tujuh level lebih rendah atau lebih tinggi dari pemain. Mengalahkan monster di luar range itu, tidak ada bonus yang didapatkan.

BACA JUGA  Kisah dari Jepang Ini Inspirasi Arc Wano One Piece

Selain bonus, fitur Odin’s Blessing juga memberikan rekomendasi monster yang mudah dilawan sesuai level pemain. Jika mau solo leveling sekaligus auto farming, lebih baik pilih monster sesuai rekomendasi agar tidak mati.

Kalau ingin mendapatkan exp lebih besar, kamu bisa melawan monster berlevel lebih tinggi. Tapi metode ini relatif sulit jika dilakukan sambil solo AFK.

Bonus EXP dengan fitur Odin’s Blessing bisa dimaksimalkan dengan leveling bersama party karena ada bonus exp tambahan.

COC Missions

tips rahasia leveling di ragnarok x

Cara selanjutnya adalah dengan menyelesaikan COC Missions. Cara leveling di Ragnarok X ini bisa dibilang sama gampangnya dengan quest board, tiangnya adalah Zenny.

Cari NPC COC Missions di kota seperti Prontera atau Izlude. NPC-nya adalah om-om bersetelan jas dengan kaca mata hitam. Pilih COC Missions mana yang ingin kamu lakukan. Ada tiga macam misi yang masing-masingnya berhadiah koin gacha headgear, equipments, dan card.

Misinya adalah mengumpulkan materi atau bahan dari monster. Mungkin terlihat sulit dan merepotkan, tapi tenang saja karena ada tips jitunya. Intinya adalah Zenny.

Jika kamu kekurangan atau tidak punya bahan untuk misi, pilih saja submit atau kumpulkan. Lalu ketuk pilihan sumber tempat mencari bahan yang dibutuhkan itu. Bahan-bahan ini bisa dibeli lewat NPC di kota seperti Prontera atau Izlude.

Instances

Cara leveling Ragnarok X selanjutnya adalah dengan menyelesaikan Instance. Jika sudah menyelesaikan Main Quest setidaknya sampai Sewer Vault melawan Golden Thief Bug, MVP instance akan tersedia di kota Izlude, tepatnya di Criatura Academy.

Instance ini sendiri dibagi jadi dua mode yaitu normal dan hard, lakukan sesuai kemampuan. Jika berhasil menyelesaikan instance, ada reward seperti EXP dan MVP drops.

BACA JUGA  Rekomendasi Game Offline Terbaik tanpa Paket Data

Untuk masuk instance, dibutuhkan party. Kerja sama tim sangat dibutuhkan karena masing-masing MPV punya pola serangan yang perlu dipelajari.

Setiap harinya ada limit atau batasan reward menyelesaikan instance, yaitu sebanyak tiga kali. Lebih dari tiga kali, tidak ada reward tambahan yang didapatkan.

Lakukan cara-cara leveling di atas setiap hari untuk menaikkan level secepat mungkin.

Nah, kira-kira itulah tips dasar leveling Ragnarok X untuk pemula dari Mariviu. Apakah kamu punya tips lain? Jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

By Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.

Leave a Reply