Rekomendasi Film Korea Terbaik yang Wajib Tonton

review film kroea parasite

Korea Selatan telah menjelma menjadi salah satu kiblat perfilman dunia. Banyak filmmaker Hollywood yang menunjukkan kesukaan dan kekaguman mereka terhadap film-film dari Korea. Beberapa film dari negeri ginseng ini pun sudah ada yang diadaptasi oleh  filmmaker berbagai Negara. Euforia film Korea kemudian diperlengkap dengan film Parasite menang banyak di ajang Oscar tahun 2020 dan memecahkan banyak rekor. Film-film keluaran Korea Selatan memang sebagus itu. Bagi kamu yang tertarik, di sini kami akan memberikan rekomendasi film Korea terbaik.

Rekomendasi film Korea terbaik versi Mariviu

1. Parasite, 2019

Genre: comedy, drama, thriller
Sutradara: Bong Joon Ho
Bintang: Kang-ho Song, Sun-kyun Lee, Yeo-jeong Jo

Rasanya tidak lengkap jika daftar rekomendasi film Korea terbaik tanpa film Parasite. Karya sutradara Bong Joon-Ho ini adalah salah satu film paling orisinal dan mengasyikkan untuk ditonton. Kamu akan diberikan sajian komedi, tragedi, drama, kritik sosial, dan tentunya twist di sepanjang film.

rekomendasi film korea terbaik
Via IMDb

Bercerita tentang keluarga Kim yang miskin mendapatkan kesempatan bekerja untuk keluarga Park yang kaya raya. Kesempatan ini dimanfaatkan keluarga Kim untuk keluar dari jurang kemiskinan. Hingga mereka menemukan rahasia mengejutkan di rumah keluarga Park.

2. Oldboy, 2003

Genre: action, drama, mystery
Sutradara: Chan-wook Park
Bintang: Min-sik Choi, Ji-Tae Yoo, Hye-jeong Kang

Sebelum film Parasite mengguncang dunia, Korea Selatan sudah punya banyak film klasik yang tidak kalah bagus, salah satunya Oldboy yang disutradarai Park Chan-Wook. Film ini diangkat dari komik berjudul sama karangan Garon Tsuchiya dan Nobuaki Minegishi. Oldboy adalah bagian dari “Vengeance Trilogy” bersama film Sympathy for Mr. Vengeance dan Lady Vengeance.

film korea terbaik sepanjang masa
Via IMDb

Berkisah tentang Oh Dae-su, seorang pria yang dipenjara selama 15 tahun karena alasan yang tidak jelas. Setelah keluar, ia berusaha untuk mencari orang yang bertanggung jawab dan membalas dendam. Oldboy berikan sajian aksi monumental, akting memukau, dan salah satu plot twist tergila.

3. Mother (Madeo), 2010

Genre: crime, drama, thriller
Sutradara: Bong Joon Ho
Bintang: Hye-ja Kim, Won Bin, Goo Jin

Satu lagi film dari Bong Joon-Ho. Film ini mendapatkan pujian dari para kritikus di festival Cannes dan menjadi salah satu film paling laris di Korea Selatan di masanya.

rekomendasi film korea terbaik
Via IMDb

Bercerita tentang seorang ibu yang punya usaha akupunktur di sebuah kota kecil. Ia sangat protektif terhadap putra satu-satunya, Do-joon, yang menderita cacat mental. Setelah beberapa peristiwa tragis terjadi, Do-joon dituduh membunuh seorang gadis muda. Ibunya pun berusaha membersihkan nama putranya. Tapi ternyata ada hal yang tidak diketahui sang ibu tentang anaknya.

4. Burning (Beoning), 2018

Genre: drama, mystery
Sutradara: Chang-dong Lee
Bintang: Ah-In Yoo, Steven Yeun, Jong-seo Jun

Diangkat dari cerpen karya Haruki Murakami, Burning atau Beoning mendapat pujian dan menjadi perbincangan di seluruh dunia. Film yang disutradarai dan ditulis oleh Lee Chang-dong ini bercerita tentang Lee Jong-su, novelis muda yang bertemu kembali dengan Shin Hae-mi, wanita dari masa lalunya. Masalah muncul ketika Hae-mi kembali dari Afrika dan membawa seorang pria tampan misterius bernama Ben bersamanya.

film korea terbaru bagus
Via IMDb

Film Burning berjalan lambat dan agak membingungkan. Kita dibuat menerka-nerka apakah yang kita tonton memang terjadi di dalam film itu atau tidak. Setiap fakta yang ditemukan oleh Jong-su selalu dibuat seolah-olah hanya khayalan belaka. Kalau penasaran, tonton saja salah satu film terbaik Korea yang satu ini.

5. The Handmaiden, 2016

Genre: drama, romance, thriller
Sutradara: Chan-wook Park
Bintang: Min-hee Kim, Jung-woo Ha, Jin-woong Cho

Rekomendasi film Korea terbaik selanjutnya terinspirasi dari novel Sarah Waters, Fingersmith. Dalam versi Koreanya, Park Chan-wook mengubah latarnya dari era Victoria Inggris ke Korea saat kependudukan Jepang. Dikisahkan Lady Hideko, seorang pewaris kaya yang jadi target seorang penipu. Seorang pencopet bernama Sook-hee disuruh untuk menyusup ke dalam hidup Hideko. Pertemuan Hideko dan Sook hee berujung sebuah pengalaman liar yang berhubungan dengan masa lalunya.

film semi korea
Via IMDb

Film ini sangat bagus karena cermat, visual yang memukau, dan plot yang kompleks. The Handmaiden dipuji para kritikus film dan masuk beberapa daftar film terbaik tahun 2016. Film ini juga memenangkan kategori Best Film not in English Language dalam ajang BAFTA.

6. Memories of Murder, 2003

Genre: action, crime, drama
Sutradara: Bong Joon Ho
Bintang: Kang-ho Song, Sang-kyung Kim, Roe-ha Kim

Lagi-lagi film Bong Joon-ho masuk dalam daftar rekomendasi film Korea terbaik ini. Jauh sebelum Parasit, Bong Joon Ho sudah melahirkan sebuah mahakarya crime drama berjudul Memories of Murder pada tahun 2003.

rekomendasi film korea terbaik sepanjang masa
Via IMDb

Cerita berlatar pada akhir tahun 1980 hingga 1990 di mana terjadi kasus pembunuhan berantai di Korea Selatan. Detektif Park dan Seo harus bekerja sama menemukan si pembunuh berantai meski punya metode penyelidikan yang berbeda. Berbagai halangan yang mereka temui membuat film ini mendebarkan sekaligus mengesalkan.

7. I Saw the Devil, 2010

Genre: Action, crime, drama
Sutradara: Jee-woon Kim
Bintang: Byung-hun Lee, Min-sik Choi, Gook-hwan Jeon

Disutradarai oleh Kim Jee-woon, film I Saw the Devil bercerita tentang detektif Kim Soo-hyn yang memburu pembunuh berantai Kyung-chul karena telah membunuh tunangannya. Ketika hampir bisa membawa si pembunuh ke pengadilan, sang detektif sadar kalau ia bukan lagi seorang penegak hukum yang ideal.

i saw the devil review
Via IMDb

Film ini penuh adegan kekerasan yang cukup vulgar. Aksi kucing-kucingan antara si detektif dan pembunuh benar-benar menguras emosi. Film I Saw the Devil menunjukkan kalau terbakar api balas dendam bisa membuat orang menjadi iblis.

8. The Man From Nowhere

Genre: action, drama, thriller
Sutradara: Jeong-beom Lee
Bintang: Won Bin, Sae-ron Kim, Tae-hoon Kim

Film ini bercerita tentang Cha Tae-sik, seorang pemilik toko pegadaian yang pendiam dan anti sosial. Tapi ia dekat dengan seorang gadis kecil yang tinggal satu gedung dengannya. Masalah muncul ketika keselamatan si bocah terancam karena ibunya terlibat dengan sindikat narkoba dan penjual organ tubuh manusia.

film aksi terbaik korea
Via Screenrant

Film The Man from Nowhere sejenis film-film seperti John Wick, Leon: The Professional, atau Taken, di mana tokoh utamanya terpaksa menunjukkan jati dirinya yang berbahaya lalu menghajar para penjahat karena diusik. Dibintangi aktor sekelas Won Bin dan punya salah satu adegan aksi paling ikonis, sudah pasti film ini wajib masuk rekomendasi film Korea terbaik.

9. The Wailing, 2016

Genre: horror, mystery, thriller
Sutradara: Hong-jin Na
Bintang: Jun Kunimura, Jung-min Hwang, Do-won Kwak

Cerita The Wailing fokus pada Jon-goo, seorang polisi yang anak gadisnya tiba-tiba sakit secara misterius. Penyakit ini juga mulai menyebar ke penduduk sekitar. Jong-goo merasa kalau penyakit ini berhubungan dengan setan yang tinggal di gunung dan mencoba mencari obat dari penyakit ini.

film horor asia yang seram
Via IMDb

The Wailing adalah film horror yang creepy, tidak butuh jump scare untuk membuat penonton takut. Sumber horornya ada di kejadian-kejadian aneh yang terjadi di sekitar tokoh utama yang meninggalkan efek psikologis pada penontonnya. Mulai dari gerak-gerik penduduknya yang ganjil, ritual pengusiran setan, hingga wujud setan yang tidak terduga. Siap-siap untuk sakit hati setelah menonton film ini.

10. A Tale of Two Sisters, 2003

Genre: drama, horror, mystery
Sutradara: Jee-woon Kim
Bintang: Kap-su Kim, Jung-ah Yum, Soo-jung Lim

Su-mi kembali ke rumah setelah dirawat di rumah sakit jiwa. Ia akhirnya berkumpul kembali dengan ayah dan saudarinya, Su-yeon. Tapi, dua gadis ini seperti punya hubungan yang kurang baik dengan ibu tiri mereka. Kemudian gangguan supranatural mulai terjadi di rumah mereka, termasuk penampakan hantu ibu Su-mi dan Su-yeon.

a tale of two sisters film asia seram
Via IMDb

Salah satu isu yang diangkat film ini mirip yang ada di serial The Haunting of Hill House, yaitu kematian anggota keluarga akan berdampak pada anggota keluarga yang ditinggalkan. Film ini seram dan gelap. Salah satu film populer dari Korea yang mendapatkan remake versi Hollywood, yaitu film berjudul The Invited.

Dari rekomendasi film Korea terbaik di atas, mana yang sudah kamu tonton?

Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.