Jadi Film Terbaik, Ini 6 Rekor Parasite dalam Oscar 2020

Parasite menjadi tonggak penting dalam industri perfilman Korea Selatan

Prasite memenangkan Oscar

Parasite dengan mengejutkan memboyong 4 piala Oscar 2020, termasuk Film Terbaik. Namun rekor Parasite dalam Oscar 2020 bukan hanya itu. Film karya sutradara Bong Jong Ho ini menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangkan Film Terbaik dalam Academy Awards. Berikut 6 rekor yang dipecahkan Parasite dalam Oscar 2020 ini.

Best Original Screenplay

Parasite membawa pulang piala pertamanya dengan mengalahkan Knives Out milik Rian Johnson hingga 1917 karya Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns untuk Best Original Screenplay. Sebuah pencapaian baru sebagai film berbahasa non-Inggris pertama serta film Korea Selatan pertama yang memenangkan penghargaan ini.

Parasite dalam Oscar 2020
via CJ Entertainment

Kenenangan ini juga menjadi penanda baru bagi film berbahasa non-Inggris. Mengingat Academy Awards jarang menominasikan film-film non-Inggris dalam pengghargaan ini, tentunya selain untuk kategori film berbahasa asing terbaik. Roma karya Alfonso Cuaron merupakan film non-Inggris yang masuk dalam kategor ini tahun lalu.

Best International Feature Film

Parasite sejak awal memang difavoritkan untuk memenangkan kategori Best International Feature Film yang baru saja diganti tahun ini. Dan kemenangan ini menjadikan Parasite sebagai film Korea Selatan pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

Bong Jong Ho memenangkan Oscar
via Academy Awards

Kemenangan ini memberikan gambaran betapa kuatnya industri perfilman Korea Selatan berkembang hingga saat ini. Sebelum 2020, kategori ini dikenal dengan nama Best Foreign Language Film. Tahun ini, film Kucumbu Tubuh Indahku mewakili Indonesia dalam ajang Oscar 2020. Sayangnya film karya Garin Nugroho ini tak lolos masuk nominasi.

Best Director

Momen penting dalam Oscar tahun ini adalah Bong menjadi sutradara berkebangsaan Korea Selatan pertama yang memenangkan Academy Awards untuk Sutradara Terbaik. Bong mampu mengalahkan nama besar seperti Martin Scorsese yang disebutnya sebagai salah satu inspirasinya sebagai sutradara.

Best Picture

Rekor Parasite dalam Oscar menjadi lebih manis dengan membawa pulang piala tertinggi di Academy Awards tahun ini. Dari 92 kali gelaran Academy Awards diselengarakan, Parasite bukan hanya film Korea Selatan pertama yang memenangkan Best Picture, tapi menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan penghargaan ini.

Prasite memenangkan Oscar
via Academy Awards

Kemenangan Bong mengalahkan Joker dan 1917 juga memberikan cacatan tersendiri. Parasite menjadi film pertama dalam 65 tahun sebagai film terbaik Oscar yang pernah memenangkan Palme d’Or di Cannes Film Festival. Catatan terakhir diraih oleh film karya Delbert Mann, Marty, yang dirilis 1955 silam.

Empat kemenangan ini juga menjadi rekor tersendiri bagi film berbahasa non-Inggris. Kemenangan ini membuat Parasite sejajar dengan Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) yang disutradarai oleh Peter Pau yang memenangkan empat piala Oscar, termasuk Best Foreign Language Film tahun 2001.

Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.