Rick and Morty Season 4 Episode 6 Explained

Serial komedi Rick and Morty sudah memasuki musim ke-4 nya sejak November 2019. 5 episode awal dari season ini sudah mengudara dan dapat disaksikan melalui berbagai platform. Dan setelah beberapa bulan membuat fansnya menunggu sejak episode terakhir keluar, pada 3 Mei akhirnya episode ke-6 dari Rick and Morty ditayangkan. Trailer tentang 5 episode sisa dari season 4 Rick and Morty ini yang sudah keluar pada awal April lalu memunculkan banyak spekulasi, pertanyaan dan teori dari para penggemarnya. Namun setelah episode ke-6 ini keluar, Rick And Morty sendiri seperti mematahkan semua spekulasi dan teori yang ada. Berikut adalah penjelasan Rick and Morty season 4 episode 6.

penjelasan Rick dan Morty saat berada di dalam kereta
via Adult Swim

Never Rick and Morty

Episode dari Rick and Morty kali ini berjudul “Never Rick and Morty” yang merupakan parodi dari “Neverending Story” sebuah film tahun 1984 yang bercerita tentang cerita yang berisi cerita yang menceritakan sebuah cerita.

Penulis Rick and Morty ingin mengeksplorasi ide dari antologi, tapi karena ini Rick and Morty, penulis sendiri memparodikan konsep antologi dengan merepresentasikannya sebagai kereta yang terus berjalan dimana Rick dan Morty terjebak didalamnya.

penjelasan Rick dan Morty di dalam kereta
via Adult Swim

Masinis di sini digambarkan sebagai ‘story lord’ dan kereta dikiaskan sebagai sebuah wadah cerita dari kisah tempat penulis sendiri terjebak dalam cerita tanpa akhir yang ditayangkan di televisi. Mereka mencoba mengambil alih kembali kontrol dari kereta yang merupakan kiasan dari mengambil alih kembali kontrol dari cerita namun gagal dan menyerah pada kegagalan itu. ‘Story Lord’ di sini dikiaskan sebagai orang yang ingin mengambil semua narasi yang dapat dipasarkan dari Rick dan Morty.

Dan Harmon Circle

Untuk membantu kita paham tentang cerita ini, pertama kita harus paham tentang konsep cerita lingkaran (circular story) yang dipakai oleh Dan Harmon, produser serial Rick and Morty.

Circular story adalah pendekatan plotting cerita heroes journey yang diadaptasi Harmon dari Joseph Campbell yang menunjukkan sebuah tipe dari narasi saga yang sering digambarkan dalam berbagai mitologi yang menekankan bagaimana hampir semua bentuk storytelling memilki sifat siklus atau lingkaran.

Dalam artian luas mereka selalu melibatkan petualangan karakter untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, karakter kembali dan karakter berubah. Berikut adalah Harmon circle :

1. Karakter berada dalam zona nyaman,

2. Tetapi mereka menginginkan sesuatu.

3. Mereka memasuki situasi yang tidak dikenal,

4. Beradaptasi dengan itu,

5. Dapatkan apa yang mereka inginkan,

6. Membayar harga yang mahal untuk itu,

7. Kemudian kembali ke situasi yang mereka kenal,

8. Berubah

Dibandingkan dengan sitkom lainnya yang bersifat linear dan dapat diprediksi, cerita Harmon lebih bersifat circular dimana karakter akan melalui petualangan hidup sebelum kembali lagi kerumahnya untuk memulai petualangan baru tapi dengan tema petualangan yang baru.

Harmon circle yang muncul di episode kali ini, ketika Rick berusaha memecahkan apa yang terjadi, merupakan representasi dari apa yang terjadi.

Dan Harmon Circle dalam Rick and Morty
via Adult Swim

Saat Rick menunjuk titik tertentu di peta kereta merupakan representasi dari teori lingkaran yang dikemukakan Harmon. Saat Rick menujukkan posisi mereka yang merupakan tahap ketiga dalam Harmon circle yang artinya mereka berada disituasi yang tidak dikenal.

Lalu selanjutnya Rick menggunakan lingkaran untuk memberikan penanda pada sisa cerita yang akan mereka hadapi. Dan tujuan yang ditunjuk oleh rick adalah poin delapan dalam Harmon circle dimana pada akhirnya karakter mengubah pandangannya.

Rick dan Morty berada diatas gerbong kereta
via Adult Swim

Setiap gerbong kereta memiliki meta antologi yang berbeda, cerita dari bar, cerita tentang natal, dan permainan VR. Kita pindah dari gerbong ke gerbong dimana kedua karakter berada di luar dari format meta. Udara di dalam kereta dapat dihirup untuk tetap hidup dalam kelanjutan narasi cerita dimana diluar kereta, saat morty dan rick terlempar oleh ‘Story Lord’ terjadi kekacauan narasi.

Kemunculan Tokoh Penting

Dalam trailer yang telah diluncurkan, banyak terdapat tokoh penting yang kembali lagi, seperti kembalinya Snowball, Tammy, kemunculan tentara Mr. Meeseeks, tentara Gazopazorp, dan peperangan dengan Evil Morty. Bird Person yang mucul pun hanya merupakan bagian dari gerbong dimana dinarasikan tentang Rick dan Morty yang musikal.

Evil Morty, tentara Mr. Meeseeks dan tentara Gazopazorp
via Adult Swim

Kemunculan tokoh lain seperti Abradolph Lincoler yang sudah mati sebelumnya juga kemungkinan tetang Summer yang akan pergi kuliah dan membuat Rick menangis ternyata hanya merupakan narasi non canon dari kemungkinan tidak terbatas yang berusaha diambil dari Morty dan Rick oleh Story Lord, agar ia dapat cerita yang menarik dari Rick dan morty dan memiliki nilai jual tinggi.

Satu satunya tokoh penting yang muncul dan menyelamatkan Rick dan Morty adalah Jesus, saat akhirnya Rick percaya pada Tuhan yang mana merupakan hal yang tidak mungkin dilakukannya. Rick mempertemukan Story Lord dengan penulis cerita terbaik menurutnya, Jesus yang menulis Alkitab.

Twisting

Kemunculan adegan epic dan tokoh tokoh penting di trailer yang menimbulkan spekulasi dan teori tersendiri dari fans membuat Harmon seperti ingin mengatakan bahwa ini cerita miliknya dan adalah hal yang percuma bagi fans untuk mengeluarkan teori dan meninginkan cerita epic seperti yang mereka inginkan.

Bahkan episode ini sendiri ternyata adalah kejadian yang terjadi dalam kereta mainan. Kemenangan yang mereka dapat hanya terjadi dalam sebuah meta twist ending narasi lainnya dimana semuanya hanya terjadi dalam mainan anak anak.

merchandise kereta Rick and Morty
via Adult Swim

Pada bagian akhir ini Rick akhirnya menunjukan maksud sebenarnya dari cerita ini, saat ia melihat mainan kereta dan mengatakan semuanya hanya demi merchandise. Sama seperti mainan kereta yang terus berputar, Harmon juga terjebak dalam lingkaran dimana ia harus membuat cerita yang pada akhirnya semua hanya demi uang.

Walaupun dengan alur cerita menarik yang Harmon coba ciptakan pada akhirnya tujuan mereka adalah untuk menjual merchandise yang dijual pada berbagai platform perusahaan media Adult Swim.

Seperti yang diajarkan Bong Joon-Ho dalam film Snowpiercer tahun 2013 yang mengatakan bahwa kereta adalah kehidupan, maka dalam Rick and Morty kereta adalah kehidupan dari sang penulis.

Itulah penjelasan Rick and Morty season 4 episode 6, silakan komen di bawah jika kalian punya penjelasan sendiri mengenai episode kali ini. Terimakasih sudah membaca.       

fauzan

Menulis apa yang ingin ditulis Contact jepnst@gmail.com