Review Serial Extracurricular (2020): Sisi Gelap Remaja versi Kdrama

Fix, pengen nonton drama-drama Park Joo Hyun selanjutnya!

cover serial Extracurricular

Netflix sebelumnya telah melebarkan sayap dengan memproduksi serial orisinil Korea dengan merilis Kingdom. Kali ini ada serial Extracurricular, serial baru Netflix bertemakan drama remaja dengan unsur thriller dan crime. Gabungan yang cukup apik disertai plot yang menarik.

Sinopsis serial Extracurricular

Pasalnya premis yang digunakan dalam serial ini terbilang segar. Oh Ji Soo (Kim Dong Hee) adalah seorang anak broken home yang belajar di sekolah swasta ternama di Korea. Ji Soo dikenal sebagai murid teladan dengan nilai di atas rata-rata. Tapi di balik kehidupan remajanya yang terbilang biasa, dia menjadi otak di balik penyedia layanan keamanan untuk pelaku prostitusi.

serial Extracurricular korea
via Netflix

Salah satu pelaku prostitusi yang ia damping adalah Seo Min Hee (Jung Da Bin), teman satu kelasnya. Berasal dari keluarga berada, dia melakukannya agar bisa membelikan barang-barang untuk pacarnya, Gwak Gi Tae (Nam Yoon Soo). Tapi pekerjaan Ji Soo diketahui oleh salah satu anak populer di kelasnya, Bae Gyu Ri (Park Joo Hyun). Dan kehidupan Ji Soo berubah.

Premis yang segar

Extracurricular merupakan serial orisinal Netflix pertama di Korea yang membahas masalah remaja. Plot yang dinamis dengan beberapa twist menjadikan serial ini cukup menarik untuk ditonton. Belum lagi cerita yang bikin geram layaknya drama dari Negeri Ginseng lainnya. Walaupun cerita terkadang berkembang ke arah yang tak disangka-sangka.

serial Extracurricular
via Netflix

Bercerita tentang prostitusi, serial ini jauh dari adegan vulgar. Sedangkan kesan thriller dan crime dramanya sangat terasa. Diselingi dark jokes sebagai penyegaran, walau tak terlalu kentara. Dramanya lebih dominan dibandingkan kisah romantis kedua pemeran utama yang diceritakan sebagai anak dengan keluarga yang bermasalah.

Kedua bintang di serial ini memiliki chemistry yang apik, yaitu Kim Dong Hee yang bisa kamu lihat dalam serial Itaewon Class. Serta pendatang baru Park Joo Hyun (atau Park Ju-Hyun), pemeran Bae Gyu Ri. Sebelumnya, aktris kelahiran 1994 ini bisa kamu saksikan dalam A Piece of Your Mind (2020). Keduanya sukses memberikan kesan romansa hingga rasa tak percaya sepanjang episodenya.

Park Joo Hyun Netflix
via Netflix

Satu lagi, aktor gaek Choi Minsoo tak ketinggalan menjadi scene stealer di drama ini; bekas tentara yang menjadi gelandangan dan akhirnya membantu Jisoo sebagai ‘sang penjaga’. Karisma aktor legendaris ini bisa dirasakan dari awal sampai akhir.

BACA JUGA  5 Hal yang Kita Ketahui tentang Spin-Off Film John Wick, The Continental

‘Serial remaja’ Netflix

Extracurricular menghadirkan tone yang yang hampir sama dengan beberapa serial temaja Netflix lainnya, seperti The End of the Fxxking World atau 13 Reasons Why. Khusus untuk 13 Reason Why, kesamaannya terlihat dari bagaimana Extracurricular membawa masalah-masalah yang terjadi di anak muda saat ini.

Kim Dong Hee Extracurricular
via Netflix

Serial ini menggambarkan sisi gelap remaja di Korea Selatan. Masalah yang jarang ditemukan pada serial yang di stasiun TV. Yap, khas Neflix.

Pembulian, keluarga yang berantakan, kesenjangan sosial, toxic relationship, bahkan protitusi bawah umur yang menjadi tema besar film ini. Paket lengkap.

Jika di Amerika ada banyak serial dengan tema kenakalan remaja, patut dilihat bagaimana penerimaan drama ini di Korea. Karena tema yang diberikan cukup tabu di industri pertelevisian dan masyarakat Korea Selatan pada umumnya.

Kim Dong Hee Netflix
via Netflix

Cerita yang ditawarkan mungkin bukan selera sebagian orang. Netflix masih main aman dengan membuat plot dan cerita ‘ramah keluarga’ tanpa bumbu-bumbu adegan dewasa. Namun Extracurricular bisa dibilang cukup baik dengan plot yang naik turun dan mendebarkan dalam setiap episodenya.

Serial Extracurricular bisa menawarkan cerita yang segar dengan plot yang menarik. Serial ini masih menggunakan cerita remaja pada umumnya tapi membalutnya dengan drama crime thriller yang agak gelap.

Seperti biasa, Netflix tetap menghadirkan cliff-hanger bagi kamu untuk menantikan musim keduanya. Extracurricular season 2 bisa jadi datang lebih awal, tentu setelah pandemik Covid-19 ini mereda.

Rating: 7.5/10

Genre: Crime, Teen

Episode: 10 Episode

Sutradara: Jin Min Kim

Pemeran: Dong-Hee KimPark Joo-Hyun, Da-bin Jung

Review Serial
  • 7.5/10
    Rekomendasi - 7.5/10
7.5/10

Summary

Serial Extracurricular bisa menawarkan cerita yang segar dengan plot yang menarik. Walaupun pada dasarnya sebuah drama crime thriller, tetapi cakupan tema dan cerita merepresentasikan masalah remaja pada umumnya. Dan tak lupa, Netflix selalu menghadirkan cliff-hanger bagi kamu untuk menantikan musim keduanya.

Sending
User Review
10/10 (1 vote)
Padli Nurdin

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.