Alasan Adegan Kontroversial 13 Reasons Why Dihapus Netflix

Meskipun bertujuan baik, namun adegan kontroversial 13 Reasons Why menimbulkan dampak yang terbalik

cover 13 Reason Why

Dua tahun lalu, Netflix merilis musim pertama dari 13 Reasons Why, serial TV yang diadaptasi dari novel karya Jay Asher. Dan menjelang debut musim ketiganya, Netflix akhirnya menghapus adegan kontroversial 13 Reasons Why yang menunjukan adegan bunuh diri di musim pertama yang sempat menjadi perbincangan selama beberapa waktu belakangan.

“Kami telah mendengar dari banyak anak muda bahwa 13 Reasons Why mendorong mereka untuk memulai percakapan tentang masalah-masalah sulit seperti depresi, bunuh diri, dan akhirnya mendapatkan bantuan – seringkali untuk pertama kalinya,” kata Netflix dalam sebuah pernyataan dilansir dari CBR.

adegan kontroversial 13 Reason Why
via Netflix

“Ketika kami bersiap untuk meluncurkan musim tiga nanti musim panas ini, kami memperhatikan debat yang terjadi. Jadi atas saran para ahli medis, termasuk Dr. Christine Moutier, Kepala Petugas Medis di American Foundation for Suicide Prevention, kami telah memutuskan dengan kreator Brian Yorkey dan produser untuk mengedit adegan di mana Hannah bunuh diri musim pertama.”

Musim pertama dari seri ini mengisahkan tentang 13 alasan kenapa Hannah (diperankan oleh Katherine Langford) merenggut nyawanya sendiri. Hal tersebut akhirnya mengarah pada adegan kontroversial dalam serial ini dimana Hannah bunuh diri di bak mandi.

Hannah Barker dan Clay Jensen
via Netflix

Momen ini sekilas mengejutkan sekaligus menghancurkan secara emosional. Pasalnya, beberapa kritikus menegaskan bagaimana Netflix mencoba menunjukkan kengerian bunuh diri langsung di layar kaca dan sangat berpengaruh.

Layanan streaming raksasa tersebut akhirnya menghapus hampir seluruh adegan asli berdurasi total tiga menit dimana Hannah membunuh dirinya sendiri. Episode ini langsung menunjukkan adegan dimana orang tua Hannah masuk ke kamar mandi dan menemukan mayat putrinya.

Kontroversi seputar serial ini – yang akhirnya sudah mereda – memunculkan kesadaran mengenai kasus bunuh diri setelah Journal of American Academy of Child dan Adolescent Psychiatry mengklaim kasus bunuh diri di kalangan remaja meningkat sejak dirilisnya 13 Reasons Why.

laman web yang dibuat oleh Netflix
via 13reasonwhy.info

Untuk musim kedua yang ditayangkan pada Mei 2018, Netflix menambahkan peringatan di awal setiap episode. Mencegah adegan kontroversial 13 Reasons Why berkembang dan memakan korban jiwa, Netflix juga membuat sebuah laman web untuk menyediakan pelayanan pencegahan bunuh diri dari National Suicide Prevention Lifeline dalam 13reasonwhy.info.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply