Review Serial Kingdom (2019) – Drama Politik Berbalut Horor Zombie yang Mewah

review serial kingdom netflix

Serial Kingdom yang baru saja dirilis Netflix memberikan nuansa baru bagi cerita bergenre zombie karena memadukannya dengan lika-liku perebutan tahta a la Game of Thrones dan menyajikan elemen-elemen yang berbeda dari cerita zombie kebanyakan.

Dengan jenis zombie yang cukup fresh, dipenuhi adegan aksi thriller yang menegangkan, dan production value yang “mewah,” serial Kingdom adalah tontonan wajib saat ini bagi para pecinta zombie.

Berseting di Korea pada masa dinasti Joseon, seorang pangeran memutuskan untuk menyelidiki penyakit misterius sang raja untuk menyelamatkan kerajaan dari pemerintahan korup dan kemiskinan. Keputusan ini membuatnya mengetahui berbagai rahasia, mulai dari teror wabah penyakit yang disebabkan oleh obat herbal (khas Korea) dan juga konspirasi salah satu pejabat tinggi kerajaan yang ingin menyingkirkannya demi kekuasaan.

ulasan serial netflix kingdom
Via IMDb

Yang paling mencolok dari serial Kingdom adalah production value kelas wahid. Dengan bugdet “tumpeh-tumpeh,” Kingdom dengan sangat baik dan memuaskan menampilkan kostum, set, figuran dan practical effect yang sangat meyakinkan. Semuanya kemudian ditangkap lewat sinematografi yang indah dan memberikan kesan nyata masa kerajaan di tanah Korea.

Selain itu, serial ini juga menampilkan hal yang tidak biasa dari sebuah kisah zombie.

Jangan harap ada adegan menjarah supermarket yang menyenangkan di saat runtuhnya peradaban seperti film-film zombie kebanyakan karena pastinya supermarket belum ada dalam serial ini dan season 1 Kingdom juga masih pada tahap awal zombie outbreak di mana sistem pemerintahan dan hukum masih berdiri kokoh.

review serial kingdom korea netflix
Via IMDb

Chaos yang jadi ciri khas film zombie pun lebih disebabkan oleh para mayat hidup daripada insting primitif bertahan hidup manusia karena masyarakat dinasti Joseon secara mengejutkan sangat patuh dan taat pada aturan walau berada di masa-masa sulit. Bahkan mereka masih menghormati sistem kelas sosial ketika nyawa berada di situasi yang sangat genting.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 972: Alasan Kenapa Harus 20 Tahun

Serial Kingdom juga membuat variasi zombie baru. Memang zombie yang bisa berlari kencang sudah pernah ditampilkan dalam film 28 Days Later atau World War Z. Tapi, Kim Eun-hee sebagai kreator serial ini memberikan hal yang baru dengan menciptakan zombie yang tergeletak seperti mayat di siang hari dan menggeliat seperti kesurupan di malam hari. Ini membuat teror zombie semakin mencekam karena manusia hanya punya waktu aman yang terbatas.

Dari segi cerita dan karakter, Kingdom memiliki nuansa Game of Thrones yang cukup kental. Yaitu perebutan tahta penuh dengan taktik licik dan ancaman mayat hidup di daerah paling ujung kerajaan.

ulasan serial kingdom korea netflix
Via IMDb

Kingdom punya pangeran baik hati (Ju Ji-hoon) yang tidak dianggap layaknya Jon Snow yang seorang “bastard.” Selain itu duo ayah anak, pejabat Jo Hak Jo (Ryu Seung-Ryong) dan putrinya yang jadi ratu terasa seperti Tywin dan Cercei Lannister versi dinasti Joseon. Bahkan anak laki-lakinya pun juga mengingatkan pada Jaime Lannister.

Tapi serial Kingdom punya “suara” sendiri yang membedakannya dari serial andalan HBO itu.

Kingdom memiliki adegan aksi yang rusuh, menegangkan, dan stylish khas Asia. Mulai dari dikejar gerombolan zombie, pertarungan pedang, hingga penembak jitu di tengah kabut yang sangat keren. Ancaman nyata para zombie juga langsung hadir di season pertama. Lalu, pergolakan perebutan tahta tidak melibatkan banyak klan tapi cukup rumit dengan undang-undang dinasti Joseon yang ketat.

kingdom netflix ala game of thrones
Via IMDb

Dan yang paling membedakannya adalah Kingdom seperti perumpamaan peristiwa kanibalisme yang pernah terjadi di Asia Timur. Zombie diumpamakan sebagai rakyat yang terpaksa menjadi kanibal karena kelaparan dan hidup sengsara di saat pemerintah korup hidup senang dan sibuk dengan kekuasaan.

BACA JUGA  Review Serial The Umbrella Academy Season 2: (Kembali) Selamatkan Dunia

Walaupun cukup memuaskan, Kingdom memiliki beberapa kelemahan.

Drama perebutan tahta terasa kurang apik karena dialog yang tidak terlalu berkesan dan kurangnya adegan saling tikung atau melobi. Terlebih lagi season 1 ini memang lebih banyak menampilkan zombie outbreak.

Selain itu, karakter protagonis juga kurang mampu menjadi “favorit” di season pertama ini sehingga saya tidak terlalu peduli dengan apa yang akan terjadi pada mereka. Yang mencuri perhatian justru para aristokrat korup yang menyebalkan yang sukses “minta didoakan” agar cepat dimakan zombie.

Walaupun begitu, Kingdom adalah serial zombie terbaik saat ini, no offense kepada para fans The Walking Dead, dan sangat layak untuk di-binge.

Rating: 3.5/5


Genre: Action, Horror, Thriller

Kreator: Kim Eun-hee

Jumlah episode: 6 Episode

Bintang: Doona BaeJun-ho HeoJi-Hoon Ju

Review Overview
  • Rating Film
3.5

Kesimpulan

Serial Kingdom menampilkan drama perebutan tahta ala Game of Thrones dengan balutan horor zombie yang cukup segar yang diwujudkan dengan production value yang sangat “mewah” dan meyakinkan.

Sending
User Review
4.5 (2 votes)
Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.