Kembalinya Seri Superhero, ini 25 Rekomendasi Film 2021 yang Patut Ditunggu

Pilih nonton di bioskop atau di rumah?

menontn di bioskop

Pandemi COVID-19 membuat beberapa film terbaik 2020 diundur masa tayangnya. Dan tahun ini, kita bisa melihat berbagai film yang ditunggu-tunggu tahun lalu. Mulai dari iterasi terbaru James Bond dan Fast & Furious, serta kelanjutan fase empat dari Marvel Cinematic Universe. Berikut 25 rekomendasi film 2021 yang akan memeriahkan dunia perfilman Tanah Air.

1. The White Tiger (22 Januari)

Sama seperti film Parasite (2019), The White Tiger yang akan tayang perdana di Netflix menggambarkan perbedaan antar kelas. Balram (Adarsh Gourav) mendapatkan pekerjaan sebagai pengemudi untuk pasangan kaya (Rajkummar Rao dan Priyanka Chopra Jonas). Namun semakin dia dekat dengan pasangan tersebut, dia menemukan mereka terlibat dengan jaringan korupsi. Film ini diangkat dari novel berjudul sama yang memenangkan Man Booker Prize pada 2008 lalu.

2. The Mauritanian (19 Februari)

Sutradara pemenang Oscar, Kevin Macdonald mengarahkan film drama bertemakan hukum yang menjadi salah satu film rekomendasi 2021 yang patut dinanti. Jodie Foster dan Shailene Woodley memerankan seorang pengacara yang menari keadilan bagi Mohamedou Ould Slahi yang dipenjara tanpa dakwaan di penjara Teluk Guantánamo. Mereka berhadapan dengan seorang jaksa militer yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch.

3. The United States vs Billie Holiday (26 Februari)

The United States vs Billie Holyday
via Paramount Pictures

Film semi dokumenter ini menggambarkan tentang salah satu bintang Jazz terbesar Amerika di era 1940-an, Billie Holiday. Ia menjalani kehidupan yang sulit; terus-menerus bangkrut, terjebak dalam toxic relationship, kecanduan, dan dikejar oleh FBI. Holiday diperankan oleh penyanyi R&B Andra Day yang masih terbilang baru dalam dunia perfilman Hollywood.

4. Coming 2 America (5 Maret)

Film ini pernah menjadi salah satu film populer ketika pertama kali dirilis di bioskop pada tahun 1988. 32 tahun setelah film pertamanya, Coming 2 America menceritakan Raja Akeem (Eddie) dan Semmi (Arsenio) berangkat dari istana Zamunda ke Amerika setelah Akeem mengetahui bahwa ia memiliki seorang putra yang hilang di Queens. Menariknya, Eddie dan Arsenio akan memerankan berbagai karakter di film ini.

5. Raya and the Last Dragon (5 Maret)

Film animasi 3D terbaru DInsy akan mengangkat kisah sebuah negeri di mana para naga dahulu kala mengorbankan diri untuk menyelamatkan umat manusia dari monster. Sekarang, Raya yang disuarakan oleh Kelly Marie Tran dan seekor naga terakhir (disulih suara oleh Awkwafina) yang diketahui masih ada harus menemukan cara untuk menyelamatkan dunia dari monster yang kembali datang.

6. Morbius (19 Maret)

Direncanakan tayang 10 Juli tahun lalu, edisi kedua dari cerita semesta Spider-Man buatan Sony ini menggaet Jared Leto sebagai musuh Spider-Man, sang peneliti Michael Morbius yang berubah menjadi vampir akibat percobaannya menyembuhkan sakit darah langka yang dialaminya. Dalam trailer yang diluncurkan tahun lalu, film ini juga menampilkan poster yang menggambarkan sosok Spider-Man.

7. No Time to Die (2 April)

No Time to Die dipercaya akan menjadi film terakhir Daniel Craig berperan sebagai agen rahasia 007. Film ini direncanakan untuk tayang pada April 2020 sebelum pandemic COVID-19 menyerang. Disutradarai oleh Cary Joji Fukunaga dan penulis skenario Phoebe Waller-Bridge, waralaba ini menambahkan beberapa nama baru, seperti Ana de Armas, Rami Malek, dan Lashana Lynch yang disebut akan menjadi 007 selanjutnya.

8. Mortal Kombat (16 April)

Mortal Kombat rekomendasi film 2021
via Warner Bros.

Simon McQuoid akan menjalani debut sutradaranya di Mortal Kombat, adaptasi terbaru dari franchise video game dan reboot dari seri film keluaran tahun 1995. Film ini akan dibintangi oleh Judi Lin, Lewis Tan, Tadanobu Asano, Jessica McNamee, dan tak ketinggalan aktor Indonesia yang mendunia setelah The Raid, Joe Taslim. Selain dirilis di bioskop pada 16 April, Mortal Kombat akan tersedia di HBO Max layaknya film Warner Bros lainnya.

9. A Quiet Place Part II (23 April)

Menyusul kesuksesan A Quiet Place (2018), John Krasinski kembali sebagai aktor dan sutradara sekaligus penulis untuk sekuelnya. Film ini seharusnya tayang awal tahun lalu. Sekuel ini kembali mengikuti keluarga Abbott saat beradaptasi dengan dunia yang diburu oleh monster yang sensitif dengan suara. Karakter baru yang diperkenalkan dalam film ini termasuk Cillian Murphy dan Djimon Hounsou.

10. Black Widow (7 Mei)

Salah satu rekomendasi film 2021 yang tertunda akibat pandemic COVID-19, Black Widow akan menjadi film solo pertama bagi pahlawan wanita Marvel ini. Scarlett Johansson memerankan kembali Natasha Romanoff dalam prekuel yang berlangsung antara Captain America: Civil War dan Endgame. Pemeran lainnya termasuk pemeran Strange Things David Harbour, Rachel Weisz, dan Florence Pugh yang diprediksi menggantikan Natasha sebagai Black Widow.

11. Godzilla vs King Kong (21 Mei)

Godzilla vs Kong
via Legendary Entertainment

Sebagai film puncak dari semesta monster Warner Bros ini mempertemukan dua monster dalam pertarungan epik untuk saling mendominasi manusia. Film ini dibintangi oleh Alexander Skarsgård, Millie Bobby Brown, Rebecca Hall, Brian Tyree Henry, Eiza González, serta akor ikonik asal Jepang Shun Oguri.

12. F9 (28 Mei)

Sempat mengalami penundaan, Fast & Furious 9 mempertemukan kembali Justin Lin dalam film yang menampilkan sebagian besar pemeran asli serta pendatang baru John Cena, Cardi B., Michael Rooker, serta Finn Cole. Bahkan beberapa media menyebutkan Keanu Reeves kemungkinan besar masuk dalam waralaba ini di salah satu satu film terakhir Fast & Furious.

13. The Conjuring: The Devil Made Me Do It (4 Juni)

The Conjuring rekomendasi film 2021
via New Line Cinema

Angsuran ketiga dari film inti Conjuring akan menampilkan penyidik paranormal Ed dan Lorraine Warren saat ereka menyelidiki pembunuhan yang disebut dilakukan oleh seseorang yang sedang kerasukan. Film ini dibuat berdasarkan pada pengadilan Arne Cheyenne Johnson yang berlangsung pada pembunuhan yang berlangsung tahun 1981 di Connecticut.

14. Ghostbusters: Afterlife (11 Juni)

Berbeda dari adaptasi Ghostbuster tahun 2016, Afterlife berfungsi sebagai sekuel dari dua film asli sekaligus mengadopsi cerita dan nuansa baru. Dengan nama-nama baru seperti Paul Rudd, Finn Wolfhard, McKenna Grace, dan Carrie Coon. Banyak yang menyebutkan Bill Murray, Dan Aykroyd, Ernie Hudson, dan Harold Ramis akan kembali sebagai karakter asli film ini.

15. Venom: Let There be Carnage (25 Juni)

Venom Let There be Carnage
via Sony

Andy Serkis akan menjadi sutradara untuk film kedua dari Venos setelah tampil di dua film Marvel Studios. Film Sony ini membawa kembali Tom Hardy sebagai Eddie Brock bersama Michelle Williams sebagai Anne Weying. Musuh utama Venom, Cletus Kasadya alias Carnage diperkenalkan secara singkat di film pertama akan menjadi musuh terbesar dalam film ini.

16. Top Gun: Maverick (2 Juli)

Sekuel Top Gun (1986) ini menghadirkan kembali Tom Cruise sebagai Pete “Maverick: Mitchell saat dia membimbing generasi pilot pesawat tempur muda. Dan tentu saja, Cruise disebut melakukan sendiri aksi-aksi dalam pesawat tempur ketika melakukan syuting film ini. Nama-nama besar Hollywood seperti Miles Teller, Jennifer Connelly, Jon Hamm, Glen Powell, Ed Harris, dan Val Kilmer turut membintangi film ini.

17. Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings (9 Juli)

Shang-Chi and the Legends of the Ten Rings
via Marvel

Film yang disutradarai oleh Destin Daniel Cretton ini dibintangi Simu Lu sebagai pahlawan tituler dalam film superhero yang didominasi oleh pemeran asal Asia. Film ini akan menjadi film superhero Asia pertama dari Marvel Studios, menjadikannya salah satu rekomendasi film 2021 yang patut dinanti. Pemeran lainnya termasuk pemenang Oscar Awkwafina dan aktor terkenal Hong Kong, Tony Leung, yang memerankan karakter Mandarin.

18. Uncharted (16 Juli)

Tom Holland Uncarted
via Colombia Pictures

Telah sempat mengalami permasalahan, pengambilan gambar adaptasi game Uncharted dari Naughty Dog yang telah lama ditunggu selesai syuting akhir tahun lalu. Film karya Ruben Fleischer dibintangi oleh Nathan Drake dan Mark Wahlberg sebagai sang mentor, Victor Sullivan akan mengisahkan prekuel, atau cerita sebelum versi game Uncharted.

19. The Suicide Squad (6 Agustus)

The Suicide Squad rekomendasi film 2021
via Warner Bros.

Sutradara Guardians of the Galaxy menukangi film DC pertamanya dalam edisi terbaru The Suicide Squad. Margot Robbie dan Viola Davis kembali ke peran mereka dari Suicide Squad tahun 2016, dibintangi nama-nama beken lainnya, seperti Idris Elba (Bloodsport), John Cena (Peacemaker), Pete Davidson (Blackguard), Sean Gun (Weasel) dan Daniele Melchior (Ratcatcher 2).

20. Dune (1 Oktober)

Butuh 37 tahun setelah adaptasi salah satu novel sci-fi terbaik ini ke layar lebar. Kali ini, aktor muda Timothée Chalamet akan memerankan bangsawan Paul Atreides, didukung oleh nama-nama blockbuster Oscar Isaac, Rebecca Ferguson, Josh Brolin, Zenzaya, Dave Bautista, Stellan Skarsgård, Stephen McKinley Henderson, hingga Jason Momoa. Dune yang ditayangkan Oktober nanti akan menjadi yang pertama dari dua bagian film.

21. Halloween Kills (15 Oktober)

Halloween
via Blumhouse Production

Halloween tahun 2018 membawa kembali waralaba ikonik ini ke cerita intinya. Film pertama merupakan sekuel langsung dari cerita orisinil tahun 1978. Membawa kembali Jamie Lee Curtis ke peran laurie Strode. Film ini akan melanjutkan petualangan pembunuh bertopeng Michael Meyers.

22. Eternals (5 November)

The Eternals rekomendasi film 2021
via Marvel

Film fase 4 dari Marvel diprediksi mendefinisikan ulang Marvel Cinematic Universe, memperkenalkan beberapa manusia super lain yang bertugas menjaga bumi dari serangan makhluk asing. Film bertabur bintang ini membawa berbagai nama besar, seperti Angelina Jolie, Richard Madden, Brian Tyree Henry, Kumail Nanjiani, Salma Hayek, Don Lee, Kit Harington, serta aktor berbadan besar asal Korea Selatan, Ma Dong Seok.

23. Elvis (5 November)

Elvis Presley
via Billboard

Dijadwalkan dengan slot yang sama dengan Eternals, film biografi Elvis dari Baz Luhrmann dibintangi oleh Austin Butler yang memerankan sang Raja Rock n Roll. Tom Hanks berperan sebagai manajer Presley, Colonel Tom Parker dan Olivia DeJonge memerankan satu-satunya istri Presley, Priscilla. Film ini akan menceritakan tentang kehidupan serta karir dari legenda rock n roll ini.

24. Mission: Impossible 7 (19 November)

Mission: Impossible 7
via Paramount Pictures

Kali ketiga sutradara Christopher McQuarrie akan membawa Mission: Impossible untuk edisi terbaru agen MIF Ethan Hunt yang kembali diperankan oleh Tom Cruise. Simon Pegg, Rebecca Ferguson, dan Vanessa Kirby kembali sebagai dalam film ini. Hayley Atwell (yang dikabarkan cinlok dengan Cruise), Pom Klementieff, dan Shea Whigham bergabung dengan franchise ini sebagai karakter baru.

25. The Matrix 4 (22 Desember)

The Matrix 4 rekomendasi film 2021
via Warner Bros. Pictures

Lana Wachowski kembali mengepalai The Matrix. Film keempat turut menyatukan Keanu Reeves, Carrie-Anne Moss, Jada Pinkett Smith, dan Daniel Bernhardt memerankan kembali karakter mereka dalam tiga film sebelumnya. Yahya Abdul Mateen II dikabarkan memerankan Morpheus muda. Apakah film pamungkas ini akan menggunakan gaya time-travel?

26. Spider-Man 3 (17 Desember)

Spider-Man rekomendasi film 2021
via Marvel

Sekuel Spider-Man: Far from Home ini belum mendapatkan judul. Tapi menjadi salah satu rekomendasi film 2021 yang paling dinanti dari semesta film marvel. Tom Holland akan kembali sebagai Peter Parker dengan rahasianya sebagai Spider-Man sudah terungkap. Benedict Cumberbatch diprediksi hadir sebagai Doctor Strange. Begitu pula dengan Tobey Maguire dan Andrew Garfield dikabarkan datang sebagai Spider-Man dari dimensi lain.

27. The French Dispatch (22 Desember)

COVID-19 juga menunda film terbaru dari Wes Anderson ini. Salah satu rekomendasi film 2021 yang patut ditunggu, film ini dibawa dalam gaya unik Anderson dengan warna mentereng serta shoot-shoot simetris yang menawan. Ada Timothée Chalamet, Bill Murray, Tilda Swinton, hingga Benicio del Toro membawa cerita tentang staf publikasi Eropa yang mengeluarkan tiga cerita yang saling berkaitan.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.

Leave a Reply