Kisah dari Jepang Ini Inspirasi Arc Wano One Piece

Oda-Sensei emang pintar meracik cerita.

review bahas one piece

Oda-Sensei terkenal mampu memadukan ceritanya sendiri dengan berbagai legenda, cerita rakyat, hingga sejarah. Hebatnya, walau terinpirasi dari semua itu, tetap saja ia mampu menulis sebuah cerita tersendiri yang kita sebut dengan cerita One Piece. Hal ini juga terlihat di arc Wano. Tapi kali ini, ceritanya lebih banyak terinspirasi dari Jepang. Berikut di antaranya cerita rakyat atau legenda Jepang yang jadi inspirasi arc Wano.

1. Momotaro

Via dinolingo.com

Yang pertama adalah kisah Momotaro. Cerita rakyat Jepang ini bisa kita bilang menginspirasi plot utama arc Wano, paling tidak sejauh ini.

Yaitu tentang seorang anak bernama Momotaro yang muncul dari buah persik dan dibesarkan oleh sepasang kakek-nenek. Ia kemudian bertualang menuju Onigashima untuk mengalahkan Oni atau iblis.

Di perjalanan, Momotaro bertemu dengan kera, anjing, dan burung pegar. Ketiga binatang itu menjadi teman perjalanannya berkat kue kibi dango buatan orang tua Momotaro. Bersama teman-temannya, Momotaro berhasil mengalahkan sang Oni.

Alur cerita dan karakter kisah Momotaro ini jelas menginspirasi Oda-sensei dalam menulis arc Wano.

Momotaro adalah Momonosuke, anjing adalah Inuarashi, dan monyet adalah Luffy. Untuk si burung pegar, saat ini masih misteri. Ada yang bilang itu Marco, tapi Marco menolak ajakan Nekomamushi. Lalu ada juga yang bilang itu adalah Hyori atau Komurasaki karena ia pernah memakai kimono bermotif burung. Sedangkan untuk kue kibi dango, bisa dipastikan itu diperankan oleh Otama.

Uniknya, karakter monyet, anjing, dan burung pegar tidak hanya dicerminkan oleh Inuarashi, Luffy, Marco atau Hyori, tapi oleh teman-teman Otama. Yaitu Komachiyo (anjing), Baboon (kera), dan Hitetsu yang bersayap (burung).

2. Yamata no Orochi

one piece chapter 927
Via Wikipedia

Legenda dari Jepang yang satu ini menginspirasi karakter Orochi dan hubungannya dengan Komurasaki. Selain itu juga menginspirasi rencana penyerbuan Onigashima

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 976: Yang Ditunggu pun Datang!

Legenda Yamata no Orochi bercerita tentang naga berkepala delapan yang suka memakan anak gadis. Suatu ketika, Susanoo yang diusir dari surga melihat sepasang orang tua yang menangis karena harus menyerahkan putri terakhir mereka yang bernama Kusinada kepada Orochi.

Susanoo kemudian membantu pasangan itu dengan meminang Kusinada dan menjebak Orochi dengan minuman sake. Susanoo pun berhasil membunuh naga Yamata no Orochi dan mendapatkan sebuah pedang.

Di arc Wano, bisa kita simpulkan kalau Orochi adalah si naga karena bisa menjadi naga berkepala delapan. Orochi juga sangat suka dengan wanita. Kusinada diperankan oleh Komurasaki yang dikejar-kejar Orochi.

Untuk Susanoo, bisa dicerminkan oleh Zoro atau Momonosuke. Zoro ingin membalaskan kematian Yasuie dan Momonosuke ingin membalaskan kematian ayahnya kepada Orochi.

Sedangkan pedang baru yang didapatkan Susanoo, bisa jadi adalah pedang yang dimiliki Orochi, namun juga bisa dicerminkan oleh Enma karena menjadi pedang baru Zoro.

Kisah Yamata no Orochi juga menginspirasi rencana Penyerbuan Onigashima. Dalam rencana Kinemon, Orochi akan diserang ketika sibuk mabuk-mabukan di Festival Api, seperti ketika Susanoo membunuh Yamata no Orochi.

3. Benkei vs Yoshitsune

sejarah jepang jadi inspirasi arc wano
Via Toshidama Gallery

Legenda dari Jepang yang jadi inpirasi arc Wano selanjutnya adalah legenda Benkei vs Yoshitsune.

Legenda ini disebut-sebut berasal dari kisah bersejarah di Jepang zaman dahulu. Bercerita tentang seorang biksu kesatria berbadan besar bernama Benkei. Benkei memiliki banyak senjata dan punya misi mengumpulkan 1000 senjata dari samurai yang ia anggap arogan dan tidak layak.

Suatu hari ia kalah dari Yoshitsune yang badannya jauh lebih kecil darinya. Pertandingan itu terjadi di sebuah jembatan. Benkei mencoba tanding ulang tapi kembali kalah. Akhirnya Benkei menjadi pengikut setia Yoshitsune.

BACA JUGA  Bahas One Piece Chapter 926 - Semangat yang Tidak Pernah Padam

Kisah ini menginspirasi cerita Zorojuro vs Gyukimaru di arc Wano. Gyukimaru digambarkan berbadan besar dan berpakaian seperti biksu, mirip dengan Benkei.

Gyukimaru juga punya banyak senjata dan telah mengumpulkan banyak katana. Ia juga mencuri Shusui karena menganggap Zorojuro tidak layak menggunakan pedang itu.

Pertarugannya melawan Zorojuro juga terjadi di atas jembatan. Dan seperti cerita inspirasinya, Zoro yang berbadan lebih kecil mampu mengalahkan Benkei yang besar.

Di chapter 953 kita tahu kalau ternyata Gyukimaru adalah Onimaru si rubah yang menyamar.

4. Hyakki Yagyo

legenda jepang jadi inspirasi arc wano one piece
Via Pinterest

Hyakki Yagyo disebut juga dengan parade seribu iblis. Ini adalah sebuah legenda Jepang yang menggambarkan parade ribuan yokai di jalanan Jepang pada malam hari.

Disebut kalau jalanan Jepang akan jadi sangat berbahaya bagi manusia ketika Hyakki Yagyo berlangsung.

Jika parade yokai ini berlangsung, tempat yang aman adalah di rumah dan manusia akan merapal mantra agar dijauhi para yokai.

Legenda yang satu ini juga jadi inspirasi arc Wano untuk menggambarkan debut para Numbers di chapter 954. Di chapter itu kita melihat untuk pertama kalinya kedatangan Numbers yang ditampilkan seperti monster raksasa yang sedang parade menuju Onigashima.

Legenda Hyakki Yagyo juga terasa di arc Wano ketika dua bocah yang menyaksikan parade Numbers mengatakan mereka harus bersembunyi kalau tidak mau dimakan.

5. Nezumi Kozo

nezumi kozo inspirasi ushimitsu kozo arc wano one piece
Via myaukun photo gallery

Kisah dari Jepang yang satu ini bercerita tentang seorang pemuda yang dijuluki Nezumi Kozo yang berarti Bocah Tikus.

Nezumi Kozo adalah Robin Hood dari Jepang. Ia suka mencuri dari orang kaya dan membagikan hasil curian itu kepada orang miskin.

Tokoh Nezumi Kozo bisa kita bilang adalah inspirasi dari Ushimitsu Kozo di Arc Wano. Keduanya sama-sama mencuri dari orang kaya dan membantu orang miskin.

BACA JUGA  One Piece Chapter 937 Menjawab Inkonsistensi One Piece

Kita tahu kalau ternyata Ushimitsu Kozo adalah Kyoshiro alias Denjiro yang membantu orang miskin dengan uang yang ia dapat dari orang kaya, termasuk uang hasil penipuan yang dilakukan Komurasaki.

6. Goemon Ishikawa

Goemon ishikawa oden one piece
via Gaijinpot

Seperti Nezumi Kozo, Goemon Ishikawa juga merupakan pencuri yang membantu orang miskin. Tapi bedanya, akhir hayatnya mirip dengan kisah Oden.

Goemon Ishikawa diceritakan dihukum mati bersama anaknya setelah gagal membunuh shogun. Goemon ingin membunuh shogun karena kediktatoran si Shogun mengakibatkan kematian istrinya dan penangkapan anaknya.

Saat dieksekusi, Goemon melakukan trik seperti yang dilakukan Oden kepada pengikutnya. Goemon menggendong anaknya agar tidak mati direbus. Goemon tewas direbus tapi anaknya berhasil selamat dan dimaafkan.

Kediktatoran shogun Hideyoshi mirip dengan Orochi. Dan kematian istri Goemon mirip dengan terlukanya Toki karena Orochi.

7. Urashima Taro

kisah urashima taro inspirasi arc wano di one piece
Via Indozone

Cerita rakyat Jepang yang satu ini termasuk yang cukup populer. Bercerita tentang seorang pemuda yang diundang ke istana bawah laut setelah menyelamatkan seekor kura-kura.

Di istana itu ia dijamu dengan makanan dan pesta oleh para putri duyung hingga lupa waktu. Ketika Urahisma Taro kembali ke daratan, ia menemukan hal yang mencengangkan. Desanya sudah berubah drastis. Ternyata Urashima Taro telah tinggal di istana bawah laut selama ribuan tahun.

Legenda Urashima Taro bisa kita bilang juga jadi inspirasi arc Wano yaitu tentang perjalanan waktu yang dialami Momonosuke dan pengikutnya.

Setelah dikirim Lady Toki, Momo dan pengikutnya tiba di Wano masa depan yang sudah berubah drastis seperti yang dirasakan Urashima Taro.

Nah, itulah beberapa kisah legenda dan cerita rakyat Jepang yang jadi inspirasi arc Wano One Piece. Bagaimana menurutmu?

Your average anime guy.