Bahas One Piece Chapter 919 – Time Travel di Dunia One Piece!

Artikel ini berisi spoiler One PIece chapter 919!

One Piece chapter 919 langsung melanjutkan cerita Luffy dan Zoro yang berhasil menyelamatkan O-Tama dari Holdem. Luffy pun berpisah dengan O-Tama dan langsung menuju reruntuhan kastil Oden. Ada beberapa hal menarik yang terjadi di chapter terbaru One Piece ini. Mulai dari efek kekuatan buah setan milik O-Tama, propaganda Shogun, kisah istri Oden, hingga perjalanan waktu di One Piece.

Bahas One Piece chapter 919

Langsung saja, berikut pembahasan One Piece chapter 919 yang berjudul “Reruntuhan Kastil Oden”

1. Kekuatan buah setan O-Tama

One Piece chapter 919 dibuka dengan perpisahan Luffy dan O-Tama. O-Tama yang sangat miskin dan tidak pernah makan makanan yang layak sangat berterima kasih kepada Luffy yang membuatnya bisa mencicipi bubur kacang merah dan buah apel. Luffy mempercayakan keselamatan O-Tama kepada Speed yang telah jinak.

bahas one piece

Sepertinya efek kibidango ajaib O-Tama memiliki durasi yang sangat lama. Masih belum tahu apakah akan permanen atau memiliki batas waktu. Yang jelas, Speed yang merupakan salah satu Headliner masih sangat jinak kepada master O-Tama. Sedangkan Komainu yang selalu menemani O-Tama sepertinya tidak dijinakkan dengan kibidango.

2. Propaganda Shogun dan kisah istri Oden

One Piece chapter 919 akhirnya kembali membawa kita untuk melihat suasana di ibukota, tepatnya di sebuah sekolah. Walaupun para muridnya masih anak-anak, materi di sekolah ini cukup menarik, yaitu membahas mengisolasi dan membuka negara. Para murid diajarkan kalau mengisolasi negara adalah hal yang baik sedangkan membuka negara kepada dunia luar adalah sebuah tindakan tercela.

Sang guru menyebutkan kalau Oden dan klan Kozuki pada zaman dahulu ingin membuka Wano kepada dunia luar. Ini menjelaskan kenapa Holdem menganggap klan Kozuki sebagai keluarga iblis.

Tujuan pelajaran ini untuk mendoktrin generasi muda Wano kalau Oden dan pengikutnya adalah orang-orang yang sangat jahat dan Shogun Orochi adalah pahlawan yang mengalahkan para penjahat tersebut. Sepertinya propaganda ini berhasil.

Di sini kita juga mengetahui kalau shogun bernama Kurozumi Orochi dan merupakan seorang samurai beraliran dua pedang.

Selain itu, sosok karakter guru yang ditampilkan cukup menarik karena memiliki karakteristik yang mirip dengan salah satu yokai wanita bernama Rokurokubi.

Yokai ini dalam cerita rakyat disebut tercipta dari wanita yang dikutuk karena melakukan dosa di masa lalu atau karena dibunuh dan menjadi hantu penasaran.

Belum jelas apakah guru tersebut adalah salah satu pemakan buah setan buatan ataupun apakah seorang Headliner.

Masih di ibukota, One Piece chapter 919 kemudian membawa kita ke sebuah tempat minum. Di sini diperkenalkan seorang karakter baru yang bernama Inemuri Kyoshiro yang sedang mabuk ditemani pertunjukkan Geisha dari O-Robi kita yang memang ahli dalam mengumpulkan informasi.

Sambil mabuk, Kyoshiro memberikan kita gambaran karakter Orochi. Orochi digambarkan sebagai karakter yang sangat waspada. Walaupun telah mengalahkan klan Kozuki, Orochi masih waspada terhadap lawannya karena ramalan istri Oden pada 20 tahun yang lalu. Orochi menganggap ramalan tersebut berisi kutukan dimana ia akan dibunuh oleh sembilan samurai. Selain itu samurai tersebut juga akan membuka Wano kepada dunia luar.

Cerita Kyoshiro akhirnya menjawab pertanyaan kapan tepatnya Oden tewas dibunuh. Dengan jelas ia menyebutkan kalau Oden dan pengikutnya telah mati terbakar pada 20 tahun yang lalu. Ini semakin membuat teori hantu Wano semakin panas.

Selain itu, Kiyoshiro digambarkan sebagai seorang samurai yang memiliki pangkat tinggi karena berani mengejek Shogun. Ia juga digambarkan sebagai pendekar yang suka bertarung ketika menyebutkan kalau ia sangat ingin berhadapan dengan samurai dari klan Kozuki. Atau bisa saja ia hanya pendekar yang banyak omong.

Spekulasi

Luffy dan Ramalan Sembilan Samurai

Sebelumnya Kinemon pernah meminta Luffy membantunya untuk mengalahkan Kaido dan Shogun serta membuka Wano kepada dunia luar. Ciri-ciri ini sangat cocok dengan ramalan Sembilan Samurai dari istri Oden. Ini juga menjelaskan kenapa Luffy digambarkan sangat ngotot ingin menggunakan pedang. Luffy dengan jelas menyebutkan kalau tanpa katana ia bukanlah seorang samurai.

Pastinya Luffy memiliki alasan karena ia ingin berlagak menjadi samurai di petualangannya di negara samurai tersebut. Namun ini juga menjadi sangat menarik karena Oda-sensei dengan pintar menghubungkan cerita ramalan istri Oden dengan Luffy.

3. Menuju reruntuhan kastil Oden

Setelah berpisah dengan O-Tama, Luffy langsung menuju kastil Oden bersama Law, Zoro dan O-Kiku. Sebelum mereka pergi, penduduk kota Okobore mengucapkan terima kasih kepada Luffy yang telah memberi mereka harta karun yang sangat berharga.

Di sini kita melihat perbedaan prinsip dari Luffy dan Law. Walaupun Law cukup baik, ia tetap merasa kalau bajak laut seharusnya tidak melakukan tindakan mulia seperti memberi makan orang yang lapar. Sedangkan Luffy, sangat senang membantu orang yang kesusahan, pastinya dengan caranya sendiri.

Setibanya di reruntuhan kastil Oden, Luffy terkejut karena tidak ada kastil selain puing-puing. Sepertinya kapten kita tidak paham apa arti dari kata “reruntuhan.” O-Kiku tampak menangis dan pergi meninggalkan rombongan. Sedangkan Zoro, dengan ajaibnya sempat-sempatnya tersesat walaupun ia sama-sama menunggangi Komainu.

Di One Piece chapter 919 ini dengan pintarnya Oda-sensei bisa mengubah suasana menjadi seperti kisah horor yang lucu. Luffy merasa reruntuhan kastil Oden menakutkan. Luffy semakin panik dan berteriak-teriak setelah melihat papan nisan yang sudah tua bertuliskan nama-nama orang yang ia kenal.

Suasana menjadi semakin mencekam setelah Law menyebutkan kalau Kinemon tidak bisa menemui mereka selain pada malam hari. Kinemon semakin terdengar seperti hantu. Luffy menjadi kesal dengan penjelasan Law yang penuh misteri.

Jujur ketika membaca chapter ini saya sempat berpikir kalau Oda-sensei baru saja membuat cerita hantu beneran di One Piece.

Untungnya Kinemon meluruskan keadaan dengan keluar seperti zombie keriput yang dehidrasi karena diare. Ini membuat Luffy sangat lega sekaligus marah kepada Law yang sepertinya sengaja membuat cerita hantu.

Ini adalah sisi yang cukup menarik dari Luffy karena walalupun ia jago bertarung, sepertinya cerita hantu bisa membuatnya cukup cemas.

4. Reuni

Setelah kesalahpahaman diluruskan, O-Kiku tiba-tiba keluar dari persembunyiannya. Secara mengejutkan O-Kiku tampak mengenal Kinemon dan sangat manja kepada samurai mesum tersebut.

Satu persatu, reuni pun terjadi di One Piece chapter 919. Momonosuke muncul dan menyambut Luffy dengan memamerkan hasil latihan berpedangnya. O-Kiku juga tampak mengenal Momonosuke yang menjelaskan kalau ia adalah pengikut klan Kozuki. Jika Momonosuke telah sampai di Wano, dapat kita simpulkan kalau Inuarashi juga telah sampai.

Lalu kru Topi Jerami yang tergabung dalam tim Luffy juga berhasil mencapai reruntuhan kastil Oden. Tampaknya Sanji dan teman-teman berhasil selamat dari pusaran air. Sanji mengaku kalau ia sempat mencari-cari Luffy di dasar laut karena ia tidak bisa berenang.

Carrot sangat senang melihat Luffy yang selamat sedangkan Momonosuke sangat senang melihat nami, pastinya.

5. Time Travel di One Piece

Setelah berhasil berkumpul, aliansi Ninja-Bajak Laut-Mink-Samurai memulai rapat. Namun sebelumnya Kinemon menjelaskan sebuah rahasia mengejutkan yang sebelumnya sempat disebutkan Law dan Zoro.

Tanpa basa-basi, Kinemon menyebutkan kalau Ia, Momonosuke, O-Kiku, Raizo, dan Kanjuro merupakan orang-orang yang datang dari masa lalu.

Nah, seperti yang kita ketahui kalau kisah hantu Wano adalah salah satu hal yang berhasil memunculkan beragam teori fans. Mulai dari teori hantu hingga referensi kisah Urashima Taro. Hanya sedikit yang menyangka kalau Oda-sensei benar-benar akan memperkenalkan perjalanan Waktu di dalam cerita One Piece.

One Piece chapter 919 sedikit banyaknya jelas mematahkan teori Urashima Taro yang sebelumnya sempat saya uraikan. Tapi, kisah Urashima Taro bisa saja memang menjadi inspirasi Oda-Sensei dalam membuat cerita time travel di One Piece ini karena sama-sama menggunakan konsep manipulasi waktu.

Selain itu, ini membuktikan kalau cerita rakyat Jepang memang memiliki pengaruh besar terhadap cerita One Piece. Hanya saja Oda-sensei tidak mentah-mentah menirunya karena pastinya akan membuat One Piece menjadi mudah ditebak.

Munculnya konsep time travel dalam cerita One Piece semakin memantapkan apa pun bisa terjadi di One Piece. Bukan tidak mungkin kalau teori paling terkenal seperti teori “manusia bulan” yang pastinya semua fans sudah tahu bisa juga terbukti nantinya. Hanya Oda dan Tuhan yang tahu.

Itulah pembahasan One Piece Chapter 919 yang menghebohkan. Jika kamu memiliki spekulasi atau mungkin teori tentan chapter tersebut, jangan lupa tulis di kolom komentar, ya.

Your average anime guy.