Snyder Cut Justice League Ada! Jason Momoa: ‘Sangat Berbeda’

Kami butuh Snyder Cut Justice League!

Pernyataan mengejutkan datang dari Jason Momoa. Pemeran Aquaman dalam DC Extended Universe ini mengkonfirmasi telah melihat Snyder Cut Justice League yang menjadi kontroversi sejak filmnya ditayangkan tahun lalu. Dan dia menjelaskan bahwa editan asli milik Snyder adalah film yang sangat berbeda dibandingkan film yang ditayangkan di bioskop.

‘Snyder Cut’ diyakini tercipta setelah sutradara Zack Snyder mengundurkan diri dari Justice League (2017) karena kemalangan yang menimpa anaknnya. Meskipun proses produksi telah selesai dilakukan, Joss Whedon akhirnya mengambil alih kursi sutradara dan merombak ulang hasil editan Snyder. Versi editan Whedon yang diluncurkan di bioskop, sedangkan hasil pertama dari Snyder tak pernah dirilis.

Snyder Cut Justice Leaguq
via Warner Bros.

Seruan untuk merilis versi asli Justice League milik Snyder hingga kini masih didengungkan oleh penggemar berat DC, 2 tahun setelah rilis teatrikalnya. Sementara Snyder sendiri telah merilis still image dan storyboard dari potongan filmnya di media sosial. Sementara itu, Jason Momoa mengkonfirmasi dalam Instagram bahwa dia telah melihat versi asli awal tahun ini.

Komentar terbaru Momoa datang ketika dia diwawancarai oleh Josh Horowitz dari MTV News. Horoqitz sebelumnya telah mewawancarai Momoa selama tur Aquaman. Ketika ditanya tentang dukungan Momoa untuk dirilisnya Snyder Cut sebagai ungkapan terima kasih kepada Zack Snyder, dia menjawab, “Ya tentu saja, tapi aku sudah melihatnya.”

Ketika ditanya lebih lanjut, Momoa menyebutkan bahwa Snyder sudah menyelesaikan film tersebut. Dalam penjelasannya, Momoa mengungkapkan bahwa penggemar DC patut melihat versi lain dari Justice League yang ditayangkan di bioskop. Karena editan Snyder merupakan film yang sangat berbeda dibandingkan versi teaternya.

Jason Momoa Snyder Cut Justice League
via Warner Bros.

Tak hanya Momoa, Ray Fisher yang memerankan Cyborg dalam Justice League pun menyatakan dukungannya, seperti halnya sinematografer Fabian Wagner. Sedangkan storyboard artists Jay Olivia telah mengungkapkan rincian signifikan perbedaan kedua versi, termasuk pada ahkir Snyder Cut Justice League dimana Superman masih belum ‘dibangkitkan’.

Justice League akhirnya tak mendapatkan hasil baik di bioskop. Dan di antara enam superhero yang diperkenalkan Snyder pada DCEU, hanya ada dua pahlawan yang tersisa. Yaitu Aquaman Momoa dan Wonder Woman-nya Gal Gadot. Keduanya mendapatkan sekuel baru, Wonder Woman 1984 untuk penayangan 2020 serta Aquaman 2 yang baru akan diproduksi tahun depan.

Wonder Woman 1984
via Warner Bros.

Sedangkan Ben Affleck (Batman) secara resmi keluar dimana DC sedang mempersiapkan Robert Pattinson sebagai suksesor. Ezra Miller yang memerankan The Flash pun terombang-ambing dikarenakan naskah film yang tak selesai tepat sebelum kontraknya dengan DC berakhir. Sedangkan stastus Henry Cavill (Superman) dan Ray Fisher masih belum mendapatkan kepastian.

Penulis baru yang terpesona dengan bagaimana kata-kata bisa mengubah dunia.