Justice League Diperkirakan Akan Merugi Sebesar $50 hingga $100 Juta

The Flash

Justice League diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan DCEU yang sudah tertinggal dari film-film superhero MCU, khususnya dari segi pendapatan. Film teranyar DCEU tersebut bukanlah film sembarangan karena menampilkan beberapa superhero DC seperti Batman, Superman, Wonder Woman, Aquaman dan Cyborg dalam satu film.

Justice League

Justice League Via IMDB

Film ini seharusnya dapat meraup keuntungan yang banyak di pekan perdananya. Namun, berdasarkan hasil pendapatan Box Office domestik pada minggu perdananya, diperkirakan Justice League hanya akan membuat kantong Warner Bros. semakin menipis.

Justice League berhasil mendapatkan $96 juta pada pekan pertama. Sayangnya, pendapatan tersebut merupakan pendapatan terendah jika dibandingkan dengan empat film terakhir DCEU. Jumlah tersebut berada di bawah pendapatan box office minggu perdana Man of Steel ($116 juta), Batman vs. Superman ($166 juta), Suicide Squad ($133 juta), dan Wonder Woman ($103 juta).

Selain itu, pendapatan tersebut dianggap mengkhawatirkan karena total biaya produksi film Justice League yang besar. Biaya pembuatan film tersebut berjumlah $300 juta, ditambah dengan biaya promosi secara globar yang mencapai $150 juta. Selain itu, biaya reshoot yang dilakukan ketika Joss Wedhon masuk menggantikan Zack Snyder, yang mundur pada saat proses post-produksi, disebut-sebut juga memakan biaya yang cukup besar.

Menurut perhitungan Forbes, mulai dari biaya pembuatan film, promosi global, home entertainment, hingga gaji talent, total biaya yang dikeluarkan WB mencapai $600 juta. Lalu, pendapatan box office film ini diperkirakan akan mencapai $635 juta, yaitu $235 juta dari dalam negeri dan $400 juta dari box office luar negeri. Lalu dari mana datangnya kerugian $50 juta tersebut?

The Flash

Via IMDB

Dilansir dari Forbes, dari semua pendapatan box office hingga home entertainment, WB hanya dapat membawa pulang sebanyak 545 juta dollar, karena berbagai faktor. Jadi diperkirakan WB akan mengalami kerugian $55 juta dari film ini. Dan tidak tertutup kemungkinan bahwa kerugian tersebut akan bertambah dari biaya tambahan yang diperkirakan mencapai $40 juta, sehingga total kerugian dapat mencapai angka $95 juta.

BACA JUGA  Review Film Roma (2018) - Memori Manusia dalam Lukisan Hitam Putih

Perkiraan kerugian yang akan diperoleh dari film Justice League dapat mengurangi ketertarikan investor untuk berinvestasi dalam film-film WB selanjutnya, terutama film superhero. Hal ini tentu akan berefek pada film-film superhero WB selanjutnya seperti Aquaman, Shazam, sekuel Justice League dan Wonder Woman hingga Flashpoint. Sebelumnya WB pernah menyebutkan bahwa pembuatan film Flashpoint akan ditentukan dari penjualan Justice League.

Justice League profit

Tabel pendapatan film superhero Via Forbes

Dalam daftar pendapatan film superhero di atas, terdapat dua film produksi Fox, yaitu Deadpool dan Logan, yang hanya memakan biaya kurang dari $100 juta. Melihat pendapatan Justice League yang dibuat dengan biaya lebih dari $200 juta tersebut, tentu berinvestasi pada film superhero dengan biaya di bawah $100 juta dianggap sebagai langkah yang lebih cerdas.

Sending
User Review
( votes)
Haris Syukri

Sedang belajar mengedit tulisan di Mariviu.